Connect with us
Indonesia Kita
serial terbaik 2022
Peaky Blinders (BBC)

Cultura Best

Cultura Best 2022: Serial Terbaik

Mulai dari serial superhero hingga serial fantasi epic nan akbar terbaik versi Cultura.

2022 tak terasa akan segera berakhir. Sepanjang tahun ini, kita telah dimanjakan oleh banyak sekali rilisan serial epic terbaru yang menciptakan hype setiap bulannya. Mulai dari serial superhero yang tak melulu dari Marvel Studios, hingga serial epic fantasy yang berpotensi menciptakan fandom baru di era 2020an ini.

Banyak juga serial-serial populer yang akhirnya menyelesaikan perjalanannya pada 2022 dengan season finale. Tak sedikit yang memberikan salam perpisahan dengan kualitas yang meninggalkan kesan. Tak hanya dari skena western, serial lokal juga banyak yang bagus tahun ini.

Sepertinya bisa menjadi start yang menjanjikan untuk masa depan produksi serial di skena hiburan Indonesia. Berikut sederet serial terbaik 2022 versi Cultura.

Moon Knight Episode 1

Marvel Studios

Moon Knight

Marvel Studios merilis beberapa serial dengan superhero terbaru pada 2022. Kita semua pasti setuju bahwa “Moon Knight” menjadi serial superhero terbaik Marvel tahun ini.

Dibintangi oleh Oscar Isaac sebagai Marc Spector alias Moon Knight, ia telah berhasil mencuri hati mayoritas penggemar Marvel dengan penampilannya yang memukau. Dimana ia tampil sebagai pria dengan kepribadian ganda dan mengabdi pada Konshu, untuk menjadi avatar-nya, membasmi kejahatan di muka bumi.

Hanya terdiri dari 6 episode, setiap episode “Moon Knight” menyajikan story building menarik penuh misteri dan kejutan. Betul-betul cita rasa baru dari kubu Marvel, namun masih dengan sekuen laga yang epic dan selera humor yang komikal. Ethan Hawke sebagai Arthur Harrow juga tampil sebagai villain yang melengkapi season perdana “Moon Knight” dengan dualitas yang sama kuat.

The Boys Season 3

The Boys Season 3

“The Boys” sedang berada di puncak kepopulerannya pada season 3 tahun ini. Weekly series di Prime Video ini bisa jadi mendapatkan lonjakan penonton pada season kali ini. Ketika kita berpikir “The Boys” tidak akan menyuguhkan kejutan baru, Eric Kripke selalu kembali dengan plot tidak terduga yang membuat penonton semakin terpikat dengan serial superhero anti-mainstream ini.

Eric Kripke bersama tim telah melakukan yang terbaik untuk memodifikasi “The Boys” dari materi sumbernya agar memiliki plot yang lebih menarik dan bermakna. Lebih dari sekadar parodi superhero yang mengeksploitasi kebrutalan, sadisme, dan konten dewasa yang vulgar.

Setiap karakter dalam “The Boys” juga memiliki perkembangan karakter yang semakin menarik untuk disimak, terutama Homelander (oleh Antony Starr) yang tidak pernah berhenti mengejutkan penonton setiap akhir season.

House of the Dragon

HBO

House of the Dragon

Lebih dari sekadar hype karena kepopuleran serial pendahulunya, “House of the Dragon” tak boleh ketinggalan dalam daftar serial terbaik 2022. Serial ini memiliki desain produksi yang megah dan casting aktor serta aktris terbaik. Setiap aktor utama memberikan penampilan akting terbaik, membuat kita mampu mentoleransi beberapa kejanggalan plot pada pertengahan season.

“House of the Dragon” memiliki episode pilot terbaik yang berhasil menggigit penonton untuk stay tune episode terbarunya setiap minggu. Season perdana ini telah menjadi fondasi yang cukup mantap menuju event yang paling dinanti-nanti, The Dance of Dragons.

The Sandman

Netflix

The Sandman

Satu lagi serial adaptasi komik terbaik pada 2022 yang patut dipuji adalah “The Sandman”. Dibintangi oleh Tom Sturridge sebagai Morpheus alias The Sandman, ia harus memperbaiki kekalutan yang terjadi di semesta mimpi ketika ia terkurung selama ratusan tahun. Meninggalkan kerajaan mimpinya terbengkalai dan diambang kehancuran.

Serial ini diisi dengan berbagai episode yang tidak melulu fokus dengan Morpheus sebagai protagonis. Ada berbagai peristiwa thriller, fenomena tidak biasa di dunia manusia, hingga keajaiban bagai dongeng yang kelam.

Jarang menemukan serial Netflix Original dengan setiap episode yang bersinar sebagai stand-alone. Karena format rilisan langsung satu season yang diadaptasi oleh Netflix. Kita bisa melihat “The Sandman” akan lebih sukses sebagai weekly show yang trending di media sosial. Karena setiap episode memiliki pesonanya sendiri-sendiri.

The Bear

Cr. Frank Ockenfels/FX

The Bear

“The Bear” menjadi serial drama terbaik pilihan Cultura yang highly recommended! Setelah banyak serial terbaik tahun ini yang bergenre fantasi dan eksekusi epic, “The Bear” menjadi tontonan dengan latar yang lebih familiar di kehidupan nyata.

Bercerita tentang chef prodigy, Carmy, yang rela meninggalkan pekerjaannya di restoran berbintang untuk kembali ke kedai sandwich milik saudaranya yang baru saja meninggal.

Buat penggemar TV shows memasak seperti “Hell Kitchen”, serial yang dibintangi oleh Jeremy Allen White ini bisa jadi tontonan seru berkualitas. Kita akan menyaksikan kekalutan sekaligus usaha Carmy untuk menaikan kualitas kedai kecil yang diwariskan padanya. “The Bear” episode 7 menjadi puncak dimana kita akan mengakui serial ini patut dinobatkan sebagai serial terbaik 2022.

1899

Netflix

1899

Setelah sukses dengan “Dark” yang berakhir pada 2020 lalu, Baran bo Odar dan Jantje Friese kembali dengan “1899” yang langsung disambut dengan antusiasme tinggi.

Kali ini kita akan diajak kembali ke masa lalu, tepatnya pada 1899, di atas kapal uap dari London menuju New York, Amerika. Namun, ketika kapten kapal menerima sinyal dari Prometheus, kapal yang telah menghilang selama berbulan-bulan, ia memutuskan untuk kembali. Membawa semua penumpang kapal pada skenario baru dalam perjalanan mereka.

Secara produksi, “1899” menyajikan latar yang lebih menarik dan epic. Meningkatkan unsur suspense dan urgensi dalam skenario survival di atas kapal di tengah lautan lepas. Jika dibandingkan dengan “Dark”, serial mister satu ini secara keseluruhan lebih muda dipahami dan disimak.

Guillermo del Toro's Cabinet of Curiosities Netflix

Netflix

Guillermo del Toro’s Cabinet of Curiosities

Menuju penghujung 2022, Guillermo del Toro memberikan asupan konten berkualitas di Netflix. Mulai dari “Pinocchio” hingga sebelumnya pada perayaan Halloween, “Guillermo del Toro’s Cabinet of Curiosities”.

Lebih dari sekadar serial anthology horror dengan produksi maksimal dan cerita-cerita yang unik, del Toro telah melakukan hal yang seharusnya mampu menginspirasi sutradara kondang lainnya.

Mendapat budget dan platform di Netflix, del Toro menggunakannya untuk mengumpulkan sutradara-sutradara berbakat dan memberikan mereka masing-masing satu episode dimana mereka bisa berkreasi. Ceritanya ‘Cabinet of Curiosities’ adalah sederet sajian horor hasil kurasi del Toro. Siapa yang mampu mempertanyakan selera dari sutradara kreatif satu ini?

Stranger Things Season 4 Vol. 1

Netflix

Stranger Things Season 4 Vol. 1

Sempat hambar dan turun pamor pada pertengahan season, “Stranger Things” kembali memikat penggemarnya pada Season 4 Vol.1. Membawa serial misteri remaja ini kembali relevan di skena serial terbaik yang patut disambut dengan hype.

Season kali ini akhirnya menjadi puncak dari pengungkapan misteri yang selama ini terjadi di Hawkins. Kemudian memperlihatkan kembalinya petualangan Dustin bersama gengnya.

Sudah semakin dewasa, “Stranger Things” kini menyajikan konten yang lebih gelap dan sadis, namun perubahan tersebut diaplikasikan dengan tepat dan tidak terlalu drastis untuk mengubah keseluruhan konsep serial.

Better Call Saul Season 6 (Finale)

Salah satu serial populer yang telah mengakhiri seasonnya pada 2022 ini adalah “Better Call Saul”. Setelah mengudara sejak 2015, season 6 tahun ini menjadi season finale dari serial yang dibintangi oleh Bob Odenkirk.

Berlatar pada 6 tahun sebelum “Breaking Bad”, kita akan diajak mengenal sosok Saul Goodman yang sebelumnya memiliki nama asli Jimmy McGill. Sepertinya tanpa menonton “Breaking Bad”, penonton umum tetap bisa menyimak perjalanan karir Jimmy sebagai pengacara.

Disebutkan karakter ini memiliki penokohan yang bikin kesal di “Breaking Bad”, dan serial ini akan membuat kita sedikit memaklumi karakter Saul Goodman karena masa lalunya yang juga tidak mudah sebagai pengacara. Buat penggemar legal drama, apalagi di skena kriminal, “Better Call Saul” merupakan serial yang patut ditonton.

Peaky Blinders Season 6

BBC

Peaky Blinders Season 6 (Finale)

Satu lagi serial populer yang mengakhiri seasonnya pada tahun ini adalah “Peaky Blinders” Season 6. Serial Inggris yang dibintangi oleh Cillian Murphy ini menyuguhkan kisah mafia yang banyak penggemarnya, namun sedikit kita temukan di skena hiburan, baik film maupun serial.

Tak banyak serial mafia yang mampu mengeksekusi naskah dengan konsep elegan seperti “Peaky Blinders”, karena kebanyakan lebih fokus dengan genre aksi dengan baku tembak, kebrutalan yang dieksploitasi.

“Peaky Blinders” menjadi serial mafia yang memikat dengan kehadiran protagonis, Thomas Shelby yang sangat karismatik, meng-carry serial ini selama 6 season.

Honorable Mention:

Goosebumps Goosebumps

Goosebumps Review: Episode 6-10

TV

A Perfect Fit A Perfect Fit

10 Latest Indonesian Movies to Stream on Netflix This Weekend

Cultura Lists

athirah 2016 athirah 2016

7 Film Period Drama Indonesia di Platform Streaming

Cultura Lists

A Murder at the End of the World A Murder at the End of the World

A Murder at the End of the World Review: Episode 1-3

TV

Connect