Connect with us
Wednesday (Netflix)

Cultura Lists

What to Stream This Holiday Season – Issue #4

Our special picks for this holiday season.

Setiap minggu, Cultura akan memberikan rekomendasi spesial khusus film dan serial yang tersedia di streaming platform. Belakangan ini semakin banyak platform dengan berbagai katalog yang mungkin semakin sulit diikuti. Baik untuk streaming koleksi judul-judul lama hingga yang terbaru.

Beberapa dari kita mungkin kerap melewatkan film klasik terbaik yang keburu meninggalkan platform tertentu, bahkan sebelum kita tahu film tersebut tersedia.

Semakin mendekati pekan liburan, Cultura minggu ini mau berbagi rekomendasi tontonan spesial liburan. Liburan akhir tahun sepertinya paling seru menonton film atau binge serial bergenre fantasi yang epic. Tidak semuanya spesifik berlatar pada liburan akhir tahun, berikut berbagai rekomendasi spesial dari Cultura yang dirasa paling tepat untuk menemani liburan kita semua.

The School for Good and Evil

Diangkat dari salah satu novel fantasi best seller, “The School for Good and Evil” menjadi sajian Netflix terbaru yang cocok ditonton pada liburan kali ini. Sophie dan Agatha adalah sepasang sahabat yang terlempar ke sekolahan khusus di negeri dongeng. Sekolah yang mengajarkan muridnya untuk menjadi pahlawan dan penjahat untuk menjaga keseimbangan antara kebaikan dan kejahatan.

Bagi penonton casual yang tidak membaca novelnya, film bertema sekolah fantasi ini menghadirkan cerita yang baru untuk disimak. Memiliki konsep yang meta, kita akan mengeksplorasi definisi dari kebaikan dan kejahatan yang sesungguhnya. Kemudian dikemas dengan desain produksi sekolah negeri dongeng yang semarak dan memiliki visual kontras. Lalu diimbangi dengan penampilan para pemain yang dramatis dan teatrikal. Bisa jadi sajian 2 jam yang menghibur jika ditonton bersama keluarga.

Where to stream: Netflix

Scrooge: A Christmas Carol

Lagi-lagi ada adaptasi “A Christmas Carol” terbaru, kali ini disajikan sebagai animasi drama musikal. “Scrooge: A Christmas Carol” kali ini diadaptasi dengan style yang lebih semarak, family friendly, dan tidak terlalu kelam. Scrooge yang diisi suaranya oleh Luke Evans juga tidak sekejam biasanya. Meski mengalami beberapa modifikasi dari matri sumbernya, film animasi terbaru ini memiliki presentasi animasi yang layak tonton. Terutama visualisasi pada adegan-adegan musikalnya.

Luke Evans dan aktor lainnya memberikan penampilan bernyanyi yang mempesona, mengimbangi presentasi animasinya. Bagi yang sudah menonton banyak ‘Christmas Carol’, animasi satu ini juga tetap memberikan kesan baru saat ditonton. Menjadi film animasi yang heartwarming sekaligus menghibur.

Where to stream: Netflix

The Guardians of the Galaxy Holiday Special

Ketika mendengar kisah bagaimana Yondu menghancurkan momen Natal Peter Quill di masa lalu, Mantis dan Drax mengunjungi Bumi dengan misi menemukan hadiah Natal terbaik untuk Peter. Sambil menyambut hype “Guardians of the Galaxy Vol.3”, boleh juga nih menonton sajian holiday special-nya terlebih dulu.

Setelah sukses dengan “Werewolf by Night” untuk merayakan Halloween, Marvel kembali sukses dengan sajian spesial Natal “Guardians of the Galaxy”. Film ini termasuk comfort movie musim liburan yang ringan namun tetap profound. Secara mengejutkan sajikan cerita yang heartwarming, dengan sedikit nostalgia bersama Yondu yang dijamin bikin tersentuh. Semarak musiknya dapat, humornya dapat, pokoknya kita cuma diajak senang-senang sepanjang film ini.

Where to stream: Disney+ Hotstar

Pinocchio

Akhirnya ada juga adaptasi “Pinocchio” yang bagus lagi, yaitu versi Guillermo del Toro di Netflix. Bahkan buat kita yang sudah menonton terlalu banyak adaptasi dongeng boneka kayu ini, versi del Toro tetap menyajikan sesuatu yang baru. Kita bisa menyimak bagaimana del Toro memiliki usaha lebih untuk mengeksplorasi Pinocchio versinya. Lebih kelam, dengan beberapa modifikasi karakter dan cerita, kemudian menghasilkan “Pinocchio” bertema gelap sekaligus menawan.

Presentasi dalam format animasi stop-motion yang dikembangkan bersama Mark Gustafson juga sangat detail dan mulus. Tak diragukan lagi, “Pinocchio” versi Guillermo del Toro ini adalah animasi terbaik pada 2022. Meski dikatakan memiliki tema yang gelap, film ini tetap aman ditonton bersama keluarga saat liburan.

Where to stream: Netflix

The Santa Clauses

“The Santa Clauses” menjadi serial Disney+ yang sudah selesai merilis keenam episodenya dan siap untuk di-binge. Serial yang dibintangi oleh Tim Allen diadaptasi dari franchise film “The Santa Clause” pada era 90an. Kali ini kita akan menyimak petualangan Scott Calvin yang semakin tua dan harus pensiun dari pekerjaannya sebagai Sinterklas.

Serial ini hanya berdurasi 20 menit per episode, tidak akan terlalu melelahkan untuk di-binge bersama keluarga. Serial ini tampilkan visual dan produksi yang bernuansa Natal banget. Sama dengan film pendahulunya, serial ini memuat kisah Natal tentang Sinterklas yang quirky, dengan sajian komedi yang menghibur keluarga pastinya.

Where to stream: Disney+ Hotstar

Hawkeye (2021)

Yang kemarin skip “Hawkeye” dalam MCU Phase 4, mungkin ini saat yang tepat untuk menonton serial Marvel ini. Karena serial ini lebih dari sekadar serial superhero Marvel yang bisa ditonton kapan saja. “Hawkeye” berlatar pada saat liburan Natal di New York, salah satu kota ikonik dengan nuansa Natal. Menonton serial ini memang paling maksimal hype-nya saat menjelang liburan Natal seperti ini.

Masih dihantui oleh trauma pasca ‘Endgame’, masa lalu Clint Barton kembali untuk menagih hutang. Bencana dimulai ketika prodigy mudah yang kaya raya bernama Kate Bishop menggunakan jubah aksi lama Clint. Kita akan melihat petualangan seorang veteran ‘Endgame’ dari sisi yang lebih humanis. Kali ini ditemani dengan penggemarnya yang ingin menjadi seperti Hawkeye.

Where to stream: Disney+ Hotstar

A Christmas Carol (2019)

Satu lagi serial Natal yang bisa di-binge di Disney+ adalah “A Christmas Carol”. Adaptasi cerita oleh Charles Dickens ini memang tak ada habisnya diadaptasi ke dalam berbagai format hiburan. Kali ini kita bisa menonton serialnya dengan 3 episode, lebih maksimal dalam mengeksplorasi karakter Ebenezer Scrooge. Karena character building dari Scrooge adalah intisari dari kisah Christmas Carol.

Ebenezer Scrooge adalah seorang pebisnis yang kikir dan membenci Natal. Hingga pada malam Natal ia dikunjungi oleh roh-roh Natal untuk perjalanan melintasi waktu yang untuk mengintrospeksi dirinya sendiri. “A Christmas Carol” versi Nick Murphy ini memiliki vibe horor yang lebih serius dan kelam.

Where to stream: Disney+ Hotstar

Wednesday

Binge serial populer tahun ini yang belum sempat kita tonton juga bisa jadi alternatif tontonan seru. Ada banyak serial terbaik tahun ini yang worth to binge, salah satunya yang masih banyak diperbincangkan adalah “Wednesday”. Dibintangi oleh Jenna Ortega sebagai Wednesday Addams, ia memulai petualangan baru di Nevermore Academy, sekolahan khusus untuk para outcast. Mulai dari vampir, putri duyung, manusia serigala, dan remaja non-human lainnya.

In a nutshell, “Wednesday” memiliki plot dan protagonist arch seperti ‘Harry Potter’. Jenna Ortega berhasil meng-carry serial hasil imajinasi Tim Burton ini. Meski secara keseluruhan petualangan dan investigasi misterinya cukup generik, Wednesday Addams menjadi protagonis dengan pesona dan keunikan kelam yang memikat untuk diikuti dan dipuja.

Where to stream: Netflix

The Sandman

Satu lagi serial Original Netflix yang berhak mendapatkan apresiasi lebih adalah “The Sandman”. Salah satu serial adaptasi komik terbaik 2022 ini, menyajikan semesta fantasi kelam yang baru buat para penggemar genre dark fantasy seperti “Constantine”. Kita akan mengikuti petualangan Morpheus sebagai raja alam mimpi. Lebih dari sekadar serial dengan plot linear dan sekuen yang kronologis, “The Sandman” menghadirkan banyak kisah menarik dalam setiap episodenya.

Tak selalu tentang Morpheus yang sedang dalam misi memulihkan semesta mimpi dari kekacauan. Ada kisah persahabatan melintasi era, dongeng kematian, dan berbagai agenda eksploratif tentang moralitas dan fenomena misterius di dunia manusia.

Where to stream: Netflix

House of the Dragon

Yang paling trending pada semester kedua 2022, “House of the Dragon” memang patut di-binge buat yang tidak sempat mengikuti serial ini saat premiere. Bagi yang sudah menonton pun sepertinya juga tak akan bosan untuk rewatch prequel “Game of Thrones” ini. Belatar 200 tahun sebelum Daenerys Targaryen, kita akan menyaksikan masa kejayaan para Targaryen dengan naga-naga mereka.

“House of Dragon” season pertama ini lebih fokus pada era kepemimpinan Viserys Targaryen. Kemudian persaingan antara Rhaenyra Targaryen dan Aegon II Targaryen menuju peristiwa Dance of Dragons. Setelah episode 4, plot serial ini dieksekusi dengan time jump yang sangat ngebut. Membuat serial ini akan lebih seru jika di-binge.

Where to stream: HBO GO

10 Film Nominasi Best Picture Oscar 2023 10 Film Nominasi Best Picture Oscar 2023

10 Film Nominasi Best Picture Oscar 2023

Cultura Lists

Balada Si Roy Balada Si Roy

Balada Si Roy Review: Lika-liku Perusuh Tatanan

Film

Elvis Elvis

Elvis Review: Kisah Jatuh Bangun King of Rock and Roll 

Film

the last of us episode 2 the last of us episode 2

The Last of Us (Episode 2) Review: Infected

TV

Connect