Connect with us
Netflix Original Movie Terbaik 2020
The Devil All The Time | Glen Wilson/Netflix

Cultura Lists

10 Netflix Original Movie Terbaik 2020

Sederet film terbaik di tahun berjayanya platform streaming.

Tahun 2020 bisa jadi era bersinarnya platform streaming seperti Netflix. Ketika keadaan memaksa bioskop untuk tutup, kita yang menghabiskan waktu di rumah tak ada pilihan lain untuk menonton berbagai film. Setidaknya dengan begitu kita masih menghargai industri perfilman dengan menonton secara legal.

Tidak mengecewakan, ada cukup banyak film original berkualitas yang telah rilis di Netflix tahun ini. Masih akan bertambah hingga akhir tahun ini. Mulai dari film drama slice of life hingga art house film, selalu ada judul film terbaru yang menjadi highlight setiap bulannya. Berikut beberapa film Netflix Original terbaik yang masuk dalam Cultura Best 2020.

Nobody Knows I’m Here

Awal tahun dibuka dengan film slow-burn drama yang dibintangi oleh Jorge Garcia, Nobody Knows I’m Here. Meski memiliki perkembangan plot yang sangat lambat pada babak pertama, klimaks akan datang pada momen yang tidak kita duga, menghadiahkan kita sebuah adegan yang sederhana namun berhasil menyentuh hati penonton. Mengemas segala bentuk emosi yang membisu dalam perkembangan plot yang menuntut kesabaran.

Nobody Knows I’m Here memiliki keunggulan dalam cast pemeran utama, original song, dan sinematografi yang mengekspos keindahan alam dari lokasi syuting yang dipilih.

Baca Juga: Nobody Knows I’m Here Review

Enola Holmes

Salah satu film netflix yang mendapatkan antisipasi tinggi tahun ini adalah Enola Holmes. Tak dipungkiri bahwa Enola Holmes menuai popularitas berkat nama besar dari Sherlock Holmes, karakter detektif fiksi terkenal sepanjang semasa. Namun, sepertinya sudah menjadi ciri khas dari anak dari keluarga Holmes untuk memiliki kepribadian yang unik dan layak untuk diangkat menjadi film.

Enola Holmes menyajikan film ramah keluarga dengan karakter yang menyenangkan dan inspiratif, terutama untuk anak perempuan. Enola Holmes memiliki kualitas terbaik dalam aspek produksi properti dan kostum, editing, dan pemilihan point of view penonton yang interaktif.

Baca Juga: Enola Holmes Review

Cuties

Lepas dari segala kontroversi yang ditimbulkan karena asumsi akan seksualisasi pada anak, Cuties merupakan salah satu film terbaik dari Netflix tahun ini. Hal tersebut karena film ini memiliki nilai kritik yang tajam dan tepat sasaran pada budaya patriarki, ajaran agama dengan penyampain kurang benar, menuju pada seksualisasi anak yang sebetulnya merupakan kenyataan dalam kehidupan ini.

Memilih cast dari aktor anak-anak perempuan belasan tahun menjadi pilihan berani, namun tetap bertanggung jawab. Memberikan hasil eksekusi film secara keseluruhan yang terasa lebih realistis dan otentik.

Baca Juga: Cuties (Mignonnes) Review

The Devil All the Time

The Devil All the Time menyajikan kisah berdarah dari Ohio hingga Coal Creek. Film bergenre suspense thriller ini memiliki penulisan naskah yang kaya, penuh dengan plot bercabang, namun pada akhirnya semakin mengerucut dan memberikan hasil akhir yang jelas. Kisah ini juga memiliki sederet karakter dengan penokohan kuat dan latar belakang cerita yang menarik.

Secara keseluruhan semua aktor papan atas dalam film ini telah menampilkan akting terbaik mereka. Namun ada beberapa nama yang memberikan penampilan terbaik dari yang terbaik yaitu Robert Pattinson, Harry Melling, dan Tom Holland yang secara mengejutkan bisa mengeksekusi karakter dengan latar belakang suram.

Baca Juga: The Devil All the Time Review

Horse Girl

Horse Girl menjadi salah satu film terbaik dari Netflix tahun ini berkat konsep terbarunya dalam mengeksekusi kisah tentang kesehatan mental. Sebagai penonton yang waras, kita akan mengikuti perjalanan karakter utama, Sarah, menuju ketidakwarasan karena memiliki schizophrenia. Dengan segala keabsurdannya, naskah yang ditulis sesungguhnya merupakan manifestasi yang mendekati akurat dari sudut pandang orang yang tidak bisa membedakan kenyataan dan delusi.

Melalui Horse Girl, Alison Brie juga mengejutkan kita akan bakat menulis naskah dari film ini yang terinspirasi dari riwayat kesehatan keluarganya.

Baca Juga: Horse Girl Review

I’m Thinking of Ending Things

I’m Thinking of Ending Things menjadi film dengan konsep art house yang membuat banyak penonton Netflix bingung tahun ini. Film ini merupakan film adaptasi buku yang dieksekusi dengan cara paling original. Charlie Kaufman menghadirkan naskah maupun visual film yang merupakan hasil dari interpretasinya sendiri, tanpa menghilangkan esensi yang hendak disampaikan dalam kisahnya.

Baca Juga: I’m Thinking of Ending Things

Mother

Mother merupakan film Jepang karya Tatsushi Omori yang tayang eksklusif tahun ini di Netflix. Film ini memiliki kelebihan pada penulisan cerita yang suram dengan emosi dan masalah kompleks, yaitu tentang hubungan toxic antara ibu dan anak.

Penulisan cerita yang memiliki esensi dan tema yang menarik didukung pula dengan penampilan aktor utama Masami Nagasawa sebagai Akiko. Begitu juga eksekusi akting dari penokohan karakter-karakter pendukung, kehadiran mereka juga memberikan dampak bagi perkembangan cerita maupun karakter utama hingga akhir kisah.

Baca Juga: Mother Review

His House

His House merupakan film Netflix rilisan bulan Oktober yang selalu identik dengan film horor. Sesuai dengan judulnya, film ini memang mengangkat tema rumah hantu, namun bukan film tentang rumah hantu biasa. Konsep rumah berhantu yang disajikan memiliki penulisan yang baru dan original, dengan adaptasi dari tribal horor yang masih jarang kita temukan. Sosok hantu atau iblis yang dihadirkan dalam film ini juga merupakan sesuatu yang belum kita lihat sebelumnya dalam film horor.

Baca Juga: His House Review

Notes for My Son

Notes for My Son merupakan film drama dengan sederet agenda dan perkembangan cerita yang natural. Meski tanpa konflik berlebihan maupun plot twist, naskah film ini memiliki kekuatan dalam narasinya dari sudut pandang karakter utama yang penuh makna dan esensial. Selain naskahnya yang bagus, penampilan akting dari setiap cast dari film ini sangat realistis, otentik, dan relevan bagi orang yang memiliki pengalaman serupa.

Baca Juga: Notes for My Son

The Call

Masih fresh di ingatan kita, The Call merupakan film drama suspense asal Korea yang patut dikategorikan sebagai film Netflix terbaik tahun ini. Mengangkat tema time-bending, The Call menyajikan cerita yang berhasil meneror penonton hingga akhir film. Dua karakter utama dalam film juga berhasil menciptakan perkembangan interaksi maupun penokohan yang menarik.

Jeon Jongseo sebagai Youngsook mendapat peran yang memberikan kesempatan baginya menampilkan akting yang memukau. Sinematografi yang ditampilkan untuk membangun emosi atau menggaris bawahi latar waktu tertentu juga menjadi salah satu nilai unggul dari film The Call.

Baca Juga: The Call Review

Click to comment
Advertisement
Cultura Podcast
Connect