Connect with us
Nobody Knows I’m Here Review
Netflix

Film

Nobody Knows I’m Here: Penyanyi Berbakat yang Hidup Dalam Pengasingan

Kisah Memo yang dilingkupi dengan kesunyian dan trauma.

★ ★ ★ ★ ★
★ ★ ★ ★ ★

Nobody Knows I’m Here merupakan Netflix Original Movie terbaru yang rilis pada 24 Juni 2020 kemarin. Film Spanyol ini disutradarai oleh Gaspar Antillo dan dibintangi oleh Jorge Garcia sebagai Memo Garrido.

Bercerita tentang Memo, seorang pria yang hidup dalam pengasingan bersama pamannya, Braulio. Memo mengalami trauma masa lalu dimana suaranya dijual oleh sang ayah dan dipasarkan dengan sosok penyanyi muda, Angelo. Hanya karena produser musik tersebut menganggap Memo kurang rupawan untuk debut sebagai penyanyi.

Hingga pada suatu hari, seorang perempuan bernama Martha mendengarkan suara Memo untuk pertama kalinya. Nobody Knows I’m Here merupakan salah satu film terbaru yang patut kita tonton di Netflix saat ini.

Slow-Pace Drama Dengan Latar Alam Chile yang Memukau

Dalam film ini Memo dan pamannya tinggal di sebuah pulau yang jauh dari peradaban sebagai peternak domba. Sekitar 20 menit film berjalan, kita akan dituntut sabar untuk menunggu babak baru dari kisah Memo.

Nobody Knows I’m Here

Netflix

Dalam masa penantian tersebut, kita akan melihat visualisasi rasa terasingkan dan kesendirian yang dialami oleh Memo melalui pemandangan alam yang mendominasi dalam frame landscape. Dimana Memo terlihat dalam ukuran realistis yang kecil dengan latar alam yang megah dan sunyi, seperti danau dengan permukaan yang tenang, hingga air terjun yang bergemuruh.

Poin ini memberikan nilai plus untuk sinematografi Nobody Knows I’m Here yang memanfaatkan keindahan alam dari lokasi syuting yang dipilih. Meski secara produksi film ini termasuk film drama sederhana yang umum, tetap terlihat effort untuk membuat proyek ini terlihat megah dan indah.

Penampilan Jorge Garcia yang Mengeksekusi Karakter Dengan Sempurna

Jorge Garcia sebagai pemeran utama telah berhasil mengeksekusi karakter Memo dengan berbagai emosi yang tersembunyi. Meski jarang mengeluarkan dialog dan ekspresi, tersimpan amarah dan rasa berat hati yang harus ditanggung oleh Memo. Ia paham dirinya berbakat dan memiliki suara emas, namun dunia telah mengecewakannya. Kita bisa melihat dalam ketenangannya, Memo bisa meledak kapan saja dan membuat kita merasa was-was.

Ada beberapa karakteristik dari Memo yang dihadirkan tanpa alasan yang jelas. Salah satunya adalah Memo yang memiliki kebiasaan membobol masuk rumah orang secara diam-diam. Hal ini sebetulnya bisa menjadi unsur yang tak perlu dihadirkan hanya untuk melengkapi salah satu adegan nantinya. Atau setidaknya sematkan penjelasan keterkaitan trauma Memo dengan kebiasaan tersebut.

Nobody Knows I’m Here Netflix

Nobody Knows I’m Here

Tak hanya sebagai aktor, Jorge Garcia juga memiliki alasan kuat untuk mendapatkan peran ini; ia juga memiliki kualitas vokal yang menakjubkan.

Original Soundtrack yang Berhasil Memberikan Statement

Serupa dengan judulnya, film ini juga memiliki original soundtrack bertajuk “Nobody Knows I’m Here”. Ditulis oleh Carlos Cabezas dan dibawakan sendiri oleh Jorge Garcia sebagai aktor utama.

Karena film ini membawakan tentang kisah penyanyi muda yang sukses karena lipsync, akan sangat tidak tepat jika Jorge harus lipsync juga saat membawakan lagu ini dalam film. Keputusan ini sudah sangat tepat karena akan memberikan unsur realistis dan semakin membuat kita simpati dan berat hati melihat karakter Memo harus mendapatkan trauma dengan cara seperti itu.

Salah satu persyaratan untuk original soundtrack yang tepat adalah relevansinya terhadap cerita yang dibawakan. Terutama karena film ini juga mengandung kisah yang bersinggungan dengan dunia musik. Dimana lagu berperan penting untuk meninggalkan “bekas” pada setiap penontonnya.

Dalam segi lirik, aransemen musik, dan eksekusinya pada bagian klimaks film, lagu ini telah disematkan pada beberapa adegan hingga akhirnya masuk dalam klimaks dengan directing yang tepat.

Interaksi Martha dan Memo yang Kurang Dikembangkan

Dalam sinopsis promosi Nobody Knows I’m Here, Martha memberikan ekspektasi yang cukup besar bagi kita. Kita akan menduga hubungan Martha dan Memo akan lebih banyak porsinya dalam kisah ini. Namun, interaksi antara keduanya hanya tampak sepintas dalam kisah ini.

Kita tidak akan mendapatkan penjelas mendalam mengapa Martha tiba-tiba tertarik dengan Memo. Ia juga tidak terlalu berperan banyak dalam membantu karakter utama, Memo menghadapi hampir semua gejolak yang terjadi sendirian saja. Tidak terjalin chemistry yang terlalu kuat pada dua karakter utama ini.

Secara keseluruhan, Nobody Knows I’m Here merupakan film drama dengan pengembangan cerita yang cukup lambat, namun tak akan mengecewakan setelah mencapai klimaks.

Meski ada beberapa plot dan materi karakter yang masih kurang dikembangkan, film ini bisa menjadi tontonan yang menyentuh terutama bagi kita yang tak keberatan dengan film drama slow pace.

Click to comment
Advertisement
Cultura Podcast
Connect