Connect with us
Film Bioskop 2022 yang Sudah Masuk Platform Streaming
Bullet Train (Cr. Sony Pictures)

Cultura Lists

Film Bioskop 2022 yang Sudah Masuk Platform Streaming

Sederet film bioskop terbaru yang bisa di-streaming di rumah saja saat liburan.

Memasuki 2022, industri perfilman dunia kembali aktif setelah pandemi. Bioskop sempat mengalami masa-masa tersulitnya sekitar dua tahun sebelumnya. Kini kegiatan rilis perdana hingga konferensi pers telah kembali seperti sedia kala. Bahkan tak hanya untuk film-film Hollywood yang kerap mendominasi, industri film lokal juga sedang mengalami kebangkitan di era baru.

Tak hanya film horor dan drama percintaan, mulai muncul film superhero Indonesia. Tak kalah menerima antusiasme seperti Marvel maupun DC dari penikmat film lokal.

Saking banyaknya film yang rilis di bioskop semalam 2022 ini, mungkin beberapa dari kita kelewatan kesempatan untuk menonton di layar lebar. Tak perlu khawatir, sudah banyak film bioskop yang masuk platform streaming, baik film Hollywood maupun film lokal.

Pengabdi Setan 2: Communion

Bisa jadi film horor Indonesia paling populer tahun ini, “Pengabdi Setan 2: Communion” sudah masuk platform streaming. Film karya Joko Anwar ini telah tembus 6 juta penonton selama kemarin diputar di bioskop di seluruh Indonesia. Kesuksesan film pertamanya pada 2017 silam telah mengundang lebih banyak penonton untuk film sekuelnya ini.

Melihat open ending dari sekuel ini, ‘Pengabdi Setan’ sepertinya sedang bersiap untuk menjadi franchise horor lokal tersukses di era ini. Biar tidak ketinggalan trend, kita bisa binge kedua filmnya di platform streaming.

Where to stream: Disney+ Hotstar

KKN Desa Penari

Satu lagi film horor lokal yang sensasional tahun ini adalah “KKN Desa Penari”. Sempat memundurkan jadwal rilisnya, ternyata tidak mengurangi antusiasme penikmat film horor lokal. Sebetulnya masih lebih bagus ‘Pengabdi Setan 2’, namun film arahan Awi Suryadi ini tembus 9 juta penonton.

Membuat “KKN Desa Penari” menjadi film Indonesia terlaris sepanjang masa. Popularitas film ini tak lepas dari cerita internetnya yang sudah viral terlebih dahulu, kemudian diangkat menjadi film layar lebar. Buat yang penasaran dengan kualitasnya, film ini juga sudah tersedia untuk di-stream.

Where to stream: Disney+ Hotstar

Ivanna

Kalau bicara tentang kualitas film horor secara keseluruhan, sebetulnya “Ivanna” bisa dibilang yang terbaik tahun ini. Berbeda dengan semesta ‘Danur’ arahan Awi Suryadi, “Ivanna” disutradarai oleh Kimo Stamboel, salah satu sutradara horor lokal terbaik saat ini. Diangkat dari novel horor Risa Saraswati, “Ivanna” memiliki premis dan plot yang sebetulnya simple. Namun aplikasi transisi flashback dan elemen misteri dalam film ini memiliki eksekusi terbaik.

Where to stream: Prime Video

Ngeri-Ngeri Sedap

“Ngeri-Ngeri Sedap” juga patut dinobatkan sebagai salah satu film Indonesia terbaik 2022. Film yang disutradarai oleh Bene Dion Rajagukguk ini mengambil latar drama keluarga dari suku Batak. Dibintangi oleh Arswendy Benningswara Nasution, Tika Panggabean, Boris Bokir Manullang, Gita Bhebhita Butarbutar, Lolox, dan Indra Jegel, satu paket keluarga dalam film ini berhasil memberikan penampilan yang otentik.

Latar film ini juga bagus banget, memperlihatkan panorama area sekitar Danau Toba di Sumatera Utara yang indah. Kebayang pasti mengunggahnya film ini buat yang kemarin nonton di bioskop. Tapi juga tetap seru buat kita yang akhirnya cuma bisa nonton di Netflix, karena cerita tentang drama keluarganya menghibur sekaligus menyentuh.

Where to stream: Netflix

Ghost Writer 2

“Ghost Writer 2” adalah film komedi horor arahan Muhadkly Acho. Menjadi sekuel dari film pertamanya yang rilis pada 2019 lalu. Film ini masih dibintangi oleh Tatjana Saphira sebagai penulis horor best-seller, Naya. Kemudian ada juga Deva Mahenra dan Endy Arfian. Kali ini Naya dihadapkan pada situasi baru dimana ia harus menolong sosok hantu bernama Vino, yang meninggal karena mengalami kecelakaan saat syuting.

Buat yang belum nonton film pertamanya, “Ghost Writer” yang lebih seru juga tersedia di platform streaming. Kalau penasaran sama sekuelnya, juga bisa langsung lanjut di platform yang sama.

Where to stream: Netflix, Vidio

Lara Ati

“Lara Ati” menjadi film drama komedi yang sempat ramai juga tahun ini. Sudah beberapa kali berkarya di dunia perfilman Indonesia, baru kali ini Bayu Skak debut sebagai sutradara tunggal dengan “Lara Ati”. Ia juga menjadi bintang utama, beradu akting dengan aktris Tatjana Saphira.

Film ini bercerita tentang Joko, seorang pemuda yang sedang galau. Meski sudah melakukan segala hal sesuai dengan ekspektasi orang disekitarnya, kehidupan malah membalasnya dengan melihat mantannya akhirnya tunangan dengan orang lain. Hingga akhirnya muncul gadis bernama Ayu yang memberikan warna baru dalam kehidupannya.

Where to stream: Netflix

Sayap-Sayap Patah

“Sayap-Sayap Patah” juga sempat ramai dengan menampilkan aktor kawakan, Nicholas Saputra beradu akting dengan Ariel Tatum sebagai pasangan suami istri. Film ini memiliki latar cerita yang cukup berbeda dari kebanyakan film Indonesia, yaitu drama dan percintaan di keluarga polisi. Ceritanya Aji adalah seorang polisi yang sedang bertugas pada misi berbahaya, di kala sang istri sedang hamil dan membutuhkan perhatian.

Selain dua bintang utama yang sudah bagus, Iwa K menjadi pemeran pendukung yang memberikan akting terbaik dalam jajaran cast. Buat yang penasaran sama kualitas “Sayap-Sayap Patah”, film ini baru saja ditambahkan di katalog Netflix.

Where to stream: Netflix

Barbarian

Bukan film horor biasa, “Barbarian” bisa jadi salah satu film kontroversial dan unik yang rilis tahun ini. Kritikus film media besar memberikan rating yang cukup tinggi untuk film ini, untuk alasan yang berusaha mereka sembunyikan dari penonton. Meski bukan film horor yang artsy dan award-worthy, “Barbarian” adalah film horror popcorn flick yang memberikan sensasi menyenangkan.

Film ini juga bisa jadi film horor dengan trailer terbaik tahun ini karena sama sekali tidak membocorkan plot secara keseluruhan, sesuatu yang mulai langkah di skena perfilman modern.

Where to stream: Disney+ Hotstar

Bullet Train

Satu lagi film bioskop populer yang juga sudah bisa ditonton di streaming platform adalah “Bullet Train”. Film ini merupakan salah satu yang mendapat antusiasme tinggi dari penggemar karena deretan cast-nya. Mulai dari Brad Pitt, Joey King, Aaron Taylor-Johnson, Bad Bunny, David Leitch, dan Michael Shannon.

Brad Pitt berperan sebagai Ladybug, seorang pembunuh bayaran yang memiliki misi untuk menyelesaikan misinya kali ini dengan tenang. Setelah rentetan misi yang selalu di luar kendalinya. Namun takdir berbicara lain, ia harus terjebak dalam situasi yang cukup rumit ketika sedang menjalankan misi di atas Shinkansen yang penuh dengan pembunuh lainnya.

Where to stream: Netflix

Triangle of Sadness

Yang masih cukup baru, “Triangle of Sadness” merupakan film yang sempat tayang di World Cinema Week di CGV pada Oktober kemarin. Buat yang tidak sempat datang ke festival tersebut, film pemenang Palme d’Or dalam Cannes Film Festival ke-75 ini sudah masuk streaming platform KlikFilm.

“Triangle of Sadness” merupakan film bergenre satire black comedy. Bercerita tentang pasangan model yang berlibur di pelayaran yacht mewah bersama para penumpang kaya lainnya. Liburan mereka dan segenap penumpang lainnya berangsur-angsur mengalami berbagai kejadian yang memperburuk situasi.

Where to stream: KlikFilm

Film lainnya:

  • Death on the Nile (Disney+ Hotstar)
  • The Northman (HBO GO)
  • Thor: Love and Thunder  (Disney+ Hotstar)
  • Doctor Stranger into the Multiverse of Madness (Disney+)

10 Film Nominasi Best Picture Oscar 2023 10 Film Nominasi Best Picture Oscar 2023

10 Film Nominasi Best Picture Oscar 2023

Cultura Lists

Balada Si Roy Balada Si Roy

Balada Si Roy Review: Lika-liku Perusuh Tatanan

Film

Elvis Elvis

Elvis Review: Kisah Jatuh Bangun King of Rock and Roll 

Film

Spirited Away Spirited Away

Spirited Away: Animasi Legendaris Studio Ghibli yang Filosofis dan Penuh Makna

Film

Connect