Connect with us
Album Musik Terbaik 2022
The Weeknd

Cultura Best

Cultura Best 2022: Album Musik Terbaik

Album-album musik terbaik tahun ini datang dari berbagai latar seperti Hollywood, Inggris, Latin, hingga Asia.

Tahun 2022 akan segera berakhir dengan kesan yang spesial, termasuk dengan rilisnya berbagai album musik yang berkesan bagi penggemarnya.

Album-album yang berkesan di tahun ini tidak hanya terlihat dari kesuksesan penjualannya. Kualitasnya sebagai karya musik patut diperhitungkan secara menyeluruh, baik dari penyajian hingga muatan yang disampaikannya. Oleh karena itu, album-album terbaik pada tahun ini patut untuk diapresiasi.

Sebagian album terbaik menjadi penanda awal suksesnya sang musisi. Beberapa album terbaik lainnya dinantikan sebagai kembalinya musisi favorit setelah hiatus.

Album-album terbaik pada tahun ini tidak lagi berkutat di Hollywood. Beberapa musisi dari Inggris, Latin, hingga Asia juga membuktikan dedikasi terbaiknya di tahun ini. Berikut daftar album terbaik 2022 dari berbagai lintas genre dan latar belakang versi Cultura Best 2022.

Renaissance Beyonce

Cr. Press

Renaissance – Beyonce

Album ketujuh yang rilis pada 29 Juli 2022 ini menegaskan kembali Beyonce sebagai penyanyi kelas atas yang tampil secara totalitas. R&B yang dibawakan dalam seluruh 16 lagunya berbalut dengan dance, house, disco, hingga pop.

Cukup banyak teknik sampling dan interpolasi yang dilakukan dalam album ini, tetapi performa vokal sang penyanyi tidak perlu diragukan lagi. Beberapa lagu yang patut diperhitungkan dalam album ini adalah ‘Break My Soul’, ‘Alien Superstar’, hingga ‘Cuff It’.

BAD モード – Hikaru Utada

Album kesebelas sekaligus album bilingual pertama dari penyanyi asal Jepang ini dirilis pada 19 Januari 2022. City pop menjadi genre utama dalam album yang terdiri dari 14 lagu ini. Utada juga memadukan berbagai genre lain seperti disco, R&B, dan soul-pop.

Kualitas album ini terasa mahal berkat hadirnya Skrillex dan Poo Bear di bangku co-produser. Beberapa single yang mencuri perhatian dalam album ini adalah ‘Find Love’, ‘Face My Fear’, ‘Somewhere Near Marseilles’, dan ‘One Last Kiss’ yang juga menjadi soundtrack dari serial animasi ‘Evangelion: 3.0+1.0 Thrice Upon a Time’.

Hikaru Utada: BADモードAlbum Review

Mr. Morale & Big Steppers – Kendrick Lamar

Album terbaru dari rapper asal West Coast ini menandai rap yang masih layak dengan lirik-lirik yang kritis ketika tren saat ini cenderung ke style mumbling. Album ini rilis pada 13 Mei 2022 dengan terdiri dari 19 lagu.

Lamar terlihat jujur dengan berbagai isu yang disinggungnya, mulai dari keluarga, romansa, selebritas, hingga diskriminasi sosial. Rap yang dibawakannya mudah diikuti dalam genre conscious hip-hop yang eksplisit. Beberapa lagu yang patut diperhitungkan dalam album ini adalah ‘We Cry Together’, ‘N95’, ‘Father Time’, ‘Mother I Sober’, ‘Aunty Diaries’, dan ‘The Heart Part 5’.

Kendrick Lamar: Mr. Morale & The Big Steppers Review

The Car – Arctic Monkeys

Album ketujuh dari grup band asal Inggris ini mengusung nuansa longue jazz di dalamnya. “The Car” rilis pada 21 Oktober 2022 dengan 10 lagu di dalamnya yang menyenandungkan cinta, keraguan, hingga rasa rindu. Alex Turner juga terdengar menawan dengan kualitas vokalnya.

Eksplorasi musik juga terlihat dengan genre funky jazz hingga baroque pop, tetapi tidak meninggalkan signature mereka sebagai band rock & roll. Beberapa lagu yang patut diperhitungkan dalam album ini adalah ‘There’d Better Be A Mirrorball’, ‘I Ain’t Quite Where I Think I Am’, ‘Body Paint’, dan ‘Sculptures of Anything Goes’.

Arctic Monkeys: The Car Album Review

Motomami – Rosalia

Album ketiga dari penyanyi asal Spanyol ini rilis pada 18 Maret 2022. Genre pop dalam album ini berada dalam ranah progressive dan experimental. Akan tetapi, Rosalia juga bereksperimen dengan genre lain seperti alternative reggaeton, hip-hop, hingga funk.

Lirik-lirik dalam 24 lagunya (termasuk versi Motomami+) berkutat dalam masalah romansa, seksualitas, isolasi diri, hingga self-respect. Meskipun cenderung bereksperimen, album ini tidak melupakan nuansa Latin yang menjadi bagian dari identitas personal sang penyanyi sendiri.

Beberapa lagu yang mencuri perhatian dalam album ini adalah ‘La Fama’ yang berkolaborasi dengan The Weeknd, ‘Saoko’, ‘Hentai’, dan ‘Despecha’.

Midnights – Taylor Swift

Album kesepuluh dari penyanyi Hollywood ini dirilis pada 21 Oktober 2022. Electronic synth pop terasa kental dalam sound vibes yang memang cocok diputar pada tengah malam.

Album ini terdiri dari 13 lagu yang merefleksikan perjalanan sang penyanyi sendiri sejauh ini. Secara naratif, Taylor Swift kembali menjadi protagonis dengan perasaan yang sentimental dalam menyanyikan lagu-lagunya.

Beberapa lagu yang mencuri perhatian dalam album ini adalah ‘Anti-Hero’, ‘Mastermind’, hingga ‘Snow on the Beach’ yang berkolaborasi dengan Lana Del Rey.

Taylor Swift: Midnights Album Review

Un Verano Sin Ti – Bad Bunny

Album kelima dari penyanyi dan rapper asal Puerto Rico ini terdiri dari 23 lagu yang dirilis pada tanggal 6 Mei 2022. Genre reggaeton mendominasi album ini sembari berpadu dengan cumbia hingga indie-pop.

Bad Bunny terlihat mengambil inspirasi dari nuansa Amerika Latin dengan ritme yang mudah dinikmati dan menyenangkan. Liriknya secara tematik mencakup berbagai isu, seperti diskriminasi ras, seksual, identitas, resistensi hingga kebebasan. Beberapa lagu yang patut diperhatikan dalam album ini adalah ’Moscow Mule’, ‘Despues de la Playa’, ‘Callaita’, dan ‘Titi Me Pregunto’.

Being Funny in A Foreign Language – The 1975

Album kelima dari band asal Inggris ini dirilis pada tanggal 14 Oktober 2022. Dengan terdiri dari 11 lagu, album ini menjadi pengantar bagi Matty dan kawan-kawan setelah beberapa tahun hiatus.

Beberapa lagu mengingatkan rilisan The 1975 terdahulu, sementara beberapa lainnya terasa segar dalam nuansa dance dan synth. Lirik dalam lagu-lagunya mengangkat beragam tema dari romansa, kerentanan, hingga refleksi terhadap generasi muda saat ini. Beberapa lagu yang mencuri perhatian dari album ini adalah ‘Happiness’, ‘Oh, Caroline’, dan ‘About You’.

The 1975: Being Funny in Foreign Language Album Review

Dawn FM – The Weeknd

Album terbaru dan dari penyanyi bernama asli Abel Tesfaye ini dirilis pada 6 Januari 2022. Dalam konsep stasiun radio 103,5 Dawn FM, album ini terdiri dari 11 lagu yang berkisah dari romansa hingga isu seputar after life.

Album ini tidak hanya terbatas dalam naungan R&B, tetapi juga berpadu dengan citypop, synth, hingga disco. The Weeknd juga menggandeng Jim Carrey dalam monolog sebagai penyiar radio dan Quincy yang berperan besar dalam kesuksesan legenda MJ.

Beberapa lagu yang patut diperhitungkan adalah ‘Take My Breath’, ‘Gasoline’, ‘Out of Time’, dan ‘Is There Someone Else?’.

The Weeknd: Dawn FM Album Review

Harry’s House – Harry Styles

Album ketiga dari mantan punggawa One Direction ini rilis pada tanggal 20 Mei 2022. Harry tidak beranjak dari genre pop secara keseluruhan, tetapi ia juga menjangkau genre lain seperti funk, synth, rock, hingga R&B.

Seluruh 13 lagu dalam album ini juga tampil secara menyenangkan dan mudah dinikmati secara awam. Beberapa lagu yang mencuri perhatian dalam album ini adalah ‘As It Was’, ‘Late Night Talking’, dan ‘Music for a Sushi Restaurant’.

Honorable Mention

  • Ants from Up There – Black Country, New Road
  • It’s Almost Dry – Pusha T
  • S.O.S. – SZA

10 Film Nominasi Best Picture Oscar 2023 10 Film Nominasi Best Picture Oscar 2023

10 Film Nominasi Best Picture Oscar 2023

Cultura Lists

the last of us episode 2 the last of us episode 2

The Last of Us (Episode 2) Review: Infected

TV

Whatever People Say I Am, That's What I’m Not Whatever People Say I Am, That's What I’m Not

Arctic Monkeys: Whatever People Say I Am, That’s What I’m Not Album Review

Music

alice in borderland season 2 review alice in borderland season 2 review

What to Stream This Weekend: Issue #5

Cultura Lists

Connect