Connect with us
lagu rilisan terbaik 2020
The 1975 (Photo via Bandwagon.asia)

Cultura Lists

20 Lagu Rilisan Terbaik 2020

Mulai dari The Weeknd, Dua Lipa, The 1975 sampai Taylor Swift dan Fiona Apple.

2020 tidak bisa dikatakan sebagai tahun biasa-biasa saja. Pandemi global yang melanda nyaris seluruh bagian dunia mengubah berbagai aspek kehidupan. Tidak hanya gaya hidup, melainkan juga dunia hiburan. Perilisan yang tertunda merupakan salah satunya. Selain juga konser dan tur yang sudah pasti harus dibatalkan. Digantikan dengan berbagai seni pertunjukan yang dilakukan secara streaming/virtual.

2020 juga menjadi tahun menarik untuk industri musik. Sederet lagu-lagu dan rilisan baru bermunculan. Beberapa mengusung tema pandemi sedangkan lainnya berisi pesan untuk menguatkan para pendengar. Tahun 2020 juga menghadirkan rangkaian hits demi hits.

The Weeknd yang kembali mencetak mega hits setelah “Starboy” dan Taylor Swift yang mencetak rekor pribadi dengan merilis 2 album dalam waktu berdekatan. Belum lagi kolaborasi demi kolaborasi apik yang terlahir di tengah segala keterbatasan interaksi selama pandemi. Megan Thee Stallion, diantaranya, sukses berkolaborasi dengan Cardi B dan Beyoncé.

Mulai dari “certified freak, seven days a week” sampai “fetch the bolt cutters,” berikut ini 20 best track dalam Cultura Best 2020.

20. Drake feat. Lil Durk, “Laugh Now Cry Later”

Drake selalu berhasil melahirkan hits demi hits yang mendobrak kaidah musik mainstream. “Laugh Now Cry Later” sedikit berbeda dengan rilisan-rilisan Drake sebelumnya. Irama R&B dan hip hop di lagu ini terdengar menyejukkan layaknya angin di musim semi dibandingkan dengan deruan catchy beat. Sayangnya, peran Lil Durk terbilang minim untuk sebuah mega hits.

19. Sam Smith, “Diamonds”

Sam Smith mengalami metamorfosis besar-besaran di tahun 2020. Rilisan album terbaru yang kaya akan irama dance pop dan EDM dibandingkan ballad minimalis, meruncing menjadi hits spektakuler: “Diamonds”.

Seperti juga sebuah permata, “Diamonds” bersinar, garang, dan menyilaukan. Smith berhasil membuktikan dirinya lebih dari sekedar liukan vokal dengan suara emas beriringan dengan dentingan piano gospel.

18. Halsey, “3am”

Tahun 2020 kemarin memang tidak begitu melambungkan nama Halsey. Meski penyanyi dan juga pencipta lagu ini tetap sukses melahirkan karya menarik dalam rilisannya. “3am” berhasil menyampaikan bagaimana pedihnya rasa kesepian. Seperti dalam lantunannya, “I need it digital/Because, baby, when it’s physical/I end up alone.”

17. Lady Gaga & Ariana Grande, “Rain on Me”

Kolaborasi Lady Gaga dan Ariana Grande menjadikan tahun 2020 sedikit lebih manis. “Rain on Me” sempurna untuk menjadi lagu tema di tahun 2020: tidak hanya berkat Gaga dan Grande yang masing-masing mengusung kualitas musikalitas terbaik mereka. Melainkan juga tabrakan genre berbeda di lagu ini.

“Rain on Me” mengusung irama disko dengan beat dari ‘90s dance-pop, berselaras bersama hallucinatory techno pop dan aransemen bass-line French house.

16. NIKI, “Lose”

Penyanyi asal Indonesia satu ini semakin menunjukan tajinya di industri musik internasional melalui rilisan album terbaru. NIKI masih setia dengan irama pop berbalut warna vokal khas dengan vokalisasi tidak kalah bersinar. “Lose” menyemen popularitas dan kualitas sang penyanyi. Mulai dari aransemen sampai post-production membalut lagu ini dengan musikalitas terbaik.

15. Machine Gun Kelly feat. Halsey, “Forget Me Too”

‘Tickets to My Downfall’ tidak perlu disangkal merupakan salah satu album punk rock terbaik dari tahun 2020. Terutama lahir dari proses metamorfosis Machine Gun Kelly yang kembali menjajaki genre musik baru.

“Forget Me Too” mengedepankan irama pop-rock dari tahun 2000-an. Menggenapkan konsep nostalgia yang menjadi latar untuk berbagai rilisan di tahun 2020. Selain itu, chemistry Machine Gun Kelly dan Halsey di lagu ini cukup membuat pendengar menanti-nanti rilisan berikutnya dari keduanya.

14. Pop Smoke feat. Lil Baby & DaBaby, “For the Night”

Sebelum rilisan posthumous album, sepertinya sulit membayangkan Pop Smoke sebagai artis yang versatile. Untungnya “For the Night” mematahkan anggapan tersebut.

Irama melankolis memang bukan satu hal baru untuk hits di genre hip hop. Dan “For the Night” sepertinya cukup bisa disandingkan dengan mega hits lain “Mask Off” dari Future dan “Portland” milik Drake.

13. Conan Gray, “Heather”

Tahun 2020 juga menghadirkan sebuah fenomena baru untuk industri musik: Tik Tok. Sederet lagu terbukti menjadi hits setelah viral di kanal media sosial ini. Salah satunya, sleeper-hitss dari Conan Gray, “Heather”.

“Heather” layaknya sebuah lagu indie pop lain, mengusung beat minimalis. Pesonanya bergantung pada emosi yang disalurkan Gray melalui vokalisasi. Sepertinya bukan tidak mungkin bila “Heather” akan menjadi awal mula popularitas Gray di tahun 2021 ini.

12. Ariana Grande, “Positions”

Ariana Grande semakin menunjukan kedewasaan melalui album keenam tahun ini. “Positions” hadir bukan sekedar lagu pop R&B yang berbicara mengenai kisah cinta yang sudah usai. Sebaliknya, “Positions” justru lebih kaya akan elemen R&B, yang membedakan dengan hits-hits lain dari Grande. Ditambah dengan lirik yang menunjukan bagaimana para wanita saat ini sudah sangat beradidaya: “from the kitchen to the bedroom”.

11. Little Mix, “Confetti”

Lebih bebas mengekspresikan diri setelah keluar dari label lama, Little Mix kembali dengan album keenam ‘Confetti.’ Title track dengan judul sama dari album ini mengusung pesan yang tidak jauh berbeda; sindiran untuk sang mantan produser dan juga perayaan kebebasan mereka.

Tidak berlebihan, “Confetti” memiliki porsi yang pas sebagai dance R&B pop dengan amunisi vokal paripurna.

10. The 1975, “If You’re Too Shy (Let Me Know)”

Bergeser dari genre punk-rock ke musik pop mainstream tidak menjadikan The 1975 berhenti bereksplorasi. Sebaliknya, rilisan demi rilisan yang mereka luncurkan masih menunjukan sisi eksperimental yang kental. Baik itu dari segi musikalitas, permainan instrumen musik, sampai tema dan lirik.

“If You’re Too Shy (Let Me Know)” tidak jauh berbeda. Lagu yang mendapat dukungan backing vokal dari FKA Twigs ini seolah membawa pendengarnya kembali ke era 80-an. Sensasi yang nyata ingin dicapai banyak lagu rilisan tahun 2020.

9. Fiona Apple, “Fetch the Bolt Cutters”

Kembalinya Fiona Apple dengan rilisan terbaru seolah menjadi wake-up call bagi industri musik. Sesuai dengan permainan perkusi yang memulai title track “Fetch the Bolt Cutters”. Lagu ini seolah memiliki berbagai elemen dan campur tangan berbeda. Vokalisasi yang berbalut helaan nafas panjang sampai hentakan serta gebrakan bassline.

Keseluruhan, “Fetch the Bolt Cutters” menjadi hits tidak terduga. Lagu yang sempurna untuk menggambarkan tahun 2020, sepertinya.

8. Megan Thee Stallion feat. Beyoncé, “Savage”

TikTok membuktikan platform mereka menjadi jembatan baru untuk industri musik. Dibuktikan dengan Megan Thee Stallion yang berhasil menggandeng Beyoncé untuk remix dari mega hits, “Savage”.

Popularitas “Savage” tidak perlu diragukan lagi. Termasuk juga kualitas yang semakin dibuktikan oleh Megan bersama Bey dalam versi remix lagu ini.

7. Justin Bieber feat Benny Blanco, “Lonely”

Bieber melahirkan serangkaian hits terbaik di tahun 2020. Hingga sepertinya sulit memilih salah satu. Mulai dari “Intentions” yang kaya akan irama bubbly R&B dan dibawakan bersama Quavo; “Monster” yang menjadi hits di akhir tahun bersama Shawn Mendes; dan track kolaborasi bersama Chance the Rapper untuk “Holy.”

Selain itu Bieber juga berhasil menghasilkan sinergi manis dengan Benny Blanco di “Lonely”. Lagu yang membawa pendengarnya kembali ke era ‘Purpose’ dari sang mega star.

6. Taylor Swift, “Cardigan”

‘Folklore’ sepertinya mudah saja diklaim sebagai salah satu album terbaik di tahun 2020. Taylor Swift bukan hanya berhasil memeluk genre folk berirama indie yang kental. Swift juga secara cemerlang menunjukan kaliber dirinya sebagai penulis lirik serta pencerita yang handal.

Album ini bukan hanya bersinar berkat “Cardigan”, yang tanpa diragukan merupakan track terbaik. Melainkan juga berkat “Betty” dan “August”, dimana ketiganya menyusun cerita bersambung tentang cinta segitiga: antara Betty, James, dan seorang gadis selingkuhan.

Selain itu di album ini juga memiliki track emas lain. “Exile” yang merupakan hasil kolaborasi terbaik Swift dengan Bon Iver.

5. Harry Styles, “Adore You”

“Strawberry lipstick state of mind” yang diimpikan Harry Styles melahirkan hits demi hits di tahun 2020. Termasuk nominasi pertama untuk Grammy Awards 2021. “Adore You” psychedelic-pop dengan catchy beat dan lirik membuai. Tidak mudah meraih kesempurnaan lagu pop mainstream seperti “Adore You”.

4. Dua Lipa, “Don’t Start Now”

Kualitas musik nostalgia yang tidak lekang oleh masa dihadirkan Dua Lipa melalui luncuran album ‘Future Nostalgia.’ “Don’t Start Now” menjadi gambaran sempurna bagaimana sebuah hits tidak akan membosankan walau didengarkan berkali-kali. Irama dari lagu ini dengan mudah membawa pendengarnya pada kemeriahan club yang padat. Berdansa sembari bersulang dengan minuman di atas kepala.

‘Future Nostalgia’ memiliki sederet track lain yang layak dinobatkan sebagai yang terbaik. Meski “Don’t Stop Now” berhasil menunjukan esensi dari sebuah future nostalgia itu sendiri.

3. Billie Eilish, “Therefore I Am”

Billie Eilish rupanya tidak ingin mengakhiri tahun 2020 tanpa hits terbaru. “Therefore I Am” dirilis pada kuartal ketiga dan dengan cepat kembali menguasai tangga musik di seluruh dunia. Secara musikalitas, “Therefore I Am” masih setia menyuguhkan naratif dari sang penyanyi dan juga penulis lagu berusia 18 tahun tersebut. Kali ini ditambah sindiran-sindiran pedas yang dialamatkan Eilish kepada haters sampai media.

2. The Weeknd, “Blinding Lights”

Mega hits dari The Weeknd ini sukses menyihir pendengar musik sepanjang tahun 2020. Terbukti dari posisi pertama tangga lagu yang dikuasai “Blinding Lights” nyaris sepanjang tahun.

“Blinding Lights” sendiri merupakan manifestasi The Weeknd dari segala segi. Irama New Wave dengan gebrakan drum beat dan ‘80s neon synth berpadu sempurna dengan vokalisasi falsetto Abel Tesfaye. Berbicara musik di tahun 2020 sepertinya belum lengkap tanpa membahas tentang “Blinding Lights”.

1. Cardi B feat Megan Thee Stallion, “WAP”

Musik di tahun 2020 juga belum lengkap tanpa “WAP”. Mega hits yang terlahir dari kolaborasi sempurna antara Cardi B dan Megan Thee Stallion ini mencatatkan kesuksesan di seluruh dunia. Baik itu di tangga lagu sampai bagaimana lagu ini berdengung dari segala penjuru; dengan liriknya dinyanyikan dari mulut ke mulut. The real mega hits.

Cardi dan Megan mengadaptasi irama klasik dari klub Baltimore dengan “Whores in This House.” Selain itu, keduanya meliuk seksi, menunggangi beat dari satu punch line ke hook berikutnya. “WAP” bukan sekedar hip hop rap biasa.

Click to comment

Jungle Keep Moving Jungle Keep Moving

Jungle: Keep Moving Single Review

Music

Zara Larsson Zara Larsson

Zara Larsson: Poster Girl Album Review

Music

Wendy Red Velvet Wendy Red Velvet

Wendy: Like Water EP Album Review

Music

Sindy Amani Sindy Amani

Sindy Amani: Never Good Enough EP Album Review

Music

Advertisement
Cultura Live Session
Connect