Connect with us
Ariana Grande Positions
Photo via nytimes.com

Music

Ariana Grande: Positions Single Review

Era baru musik Ariana Grande menuju album terbaru.

★ ★ ★ ★ ★
★ ★ ★ ★ ★

‘Positions’ merupakan single terbaru Ariana Grande menuju album terbarunya berjudul serupa pada 30 Oktober mendatang. Single ini telah dirilis beserta dengan video klip yang disutradarai oleh Dave Meyers. Dalam video klip tersebut, Ariana Grande berperan sebagai presiden wanita Amerika Serikat yang modis di Gedung Putih. Visual yang menarik mengiringi lagu catchy pop R&B yang kembali menunjukan sisi manis dan kualitas vokal sang popstar yang khas.

Ariana Grande terdengar sangat otentik dan natural dengan lagu dengan aransemen seperti ‘Positions’. Berbeda dengan single-single sebelumnya yang lebih kental dengan aransemen pop hip-hop dengan snare yang selalu kita temukan pada setiap track mainstream. Berbeda dengan hits seperti ‘Thank U, Next’ atau ‘7 rings’, ‘Positions’ merupakan jenis lagu yang dikomposisi sempurna untuk mengeluarkan potensi dari Ariana Grande. Mulai dari vibe, persona, hingga aransemen musik R&B minimalis namun catchy yang memberi banyak ruang untuk directing vokal yang lebih dari satu melodi dengan kunci monoton.

Track dibuka dengan petikan gitar akustik yang diberi layer, yang nantinya lebih terdengar clean memasuki bagian hook. Masih terdengar layer snare kick yang khas dan bass beat untuk melengkapi komposisi secara keseluruhan. Instrumen string ditambahkan sebagai pemanis yang sempurna. Secara keseluruhan pola aransemen sebetulnya repetitif, hanya mengalami perubahan antara verse dan hook, tanpa interlude maupun kejutan. Hook yang diciptakan juga sangat catchy dan adiktif. Directing vokal pada lagu ini juga sangat terasa sangat R&B dengan liukan-liukan yang menghibur telinga ketika.

Dari segi penulisan lirik, ‘Positions’ memiliki makna jelas, yaitu tentang seorang wanita rela berganti peran demi pria yang Ia cintai. Lagu ini sangat bermakna jika kita melihat video klip yang menyertainya, serta fakta bahwa Ariana Grande juga memiliki lagu bertajuk ‘God is a woman’. Membuat definisi feminisme memiliki berbagai dimensi yang menarik dalam perspektif sang musisi.

Definisi feminisme yang populer saat ini adalah sosok perempuan kuat, mandiri, dan mampu menghantam berbagai stereotip profesi. Dunia mulai lupa bahwa menjadi pribadi yang rela berkorban, kuat namun lembut juga merupakan sifat yang dianugerahkan pada seorang perempuan. Perempuan bisa menjadi ‘tuhan’ hingga presiden Amerika Serikat, namun merelakan semua kekuasaan tersebut itu demi pria yang Ia cintai, juga merupakan bentuk kekuatan yang bisa ditanggung oleh seorang wanita.

‘Positions’ bisa diakui sebagai single comeback Ariana Grande terbaik jika dibandingkan dengan hits-hits beberapa tahun belakangan. Jadi semakin tidak sabar eksplorasi materi musik seperti apa yang hendak disajikan pada album terbarunya pada akhir bulan Oktober 2020.

Click to comment
Advertisement
Cultura Podcast
Connect