Connect with us
Gadis Kretek
Cr. Netflix

Cultura Lists

10 Serial Indonesia Terbaik Saat Ini

Sederet serial terbaik Indonesia dan dimana bisa di-streaming.

Serial Indonesia sedang mengalami kebangkitan beberapa tahun belakangan. Semenjak akses streaming platform semakin populer dan mudah diakses, semakin banyak pula serial lokal mulai meramaikan platform baru ini. Selain drama percintaan, yang tak sedikit lebih baik dari standar umum, kini serial Indonesia telah melebarkan jangkuannya ke berbagai genre lainnya.

Ada yang masih perlu disempurnakan, namun sudah cukup banyak yang berhasil menyajikan kualitas yang tak kalah dengan serial-serial luar yang sudah populer terlebih dahulu. Mulai dari serial thriller, period drama, hingga horor, serta drama kehidupan yang dekat dengan masyarakat lokal. Berikut sederet serial Indonesia terbaik dan dimana bisa kita streaming.

Yang Hilang Dalam Cinta

“Yang Hilang Dalam Cinta” merupakan serial Indonesia terbaik bergenre romansa karya Yandy Laurens. Sutradara ini sedang populer belakangan ini berkat popularitas film “Jatuh Cinta Seperti di Film-Film”. Serial Indonesia romansa memang sudah sangat banyak, namun ini salah satu yang sayang untuk dilewatkan.

Dibintangi oleh Sheila Dara sebagai Dara, ia kehilangan dirinya ketika semakin tenggelam dengan hubungan toxic-nya bersama Satria (Reza Rahadian). Namun hanya teman masa kecilnya yang masih bisa melihat Dara, Satria (Dion Wiyoko).

Meski segalanya tentang serial ini terlihat generik di permukaan, “Yang Hilang Dalam Cinta” merupakan serial romansa dengan sentuhan fantasi yang lembut. Dimana Dara benar-benar menghilang secara harfiah dalam kisah ini. Serial ini mengeksplorasi penemuan jati diri, hubungan tak sehat, dan apa yang seharusnya tidak boleh hilang sekalipun kita sedang jatuh cinta.

Where to Stream: Disney+ Hotstar

Teluh Darah

Genre horor dan persantetan sudah tidak asing lagi bagi penikmat horor lokal, namun Kimo Stamboel menghadirkan eksekusi baru dari tema ini melalui serial “Teluh Darah”. Film horor memang sudah banyak di Indonesia, namun serial horor masih belum mendominasi.

“Teluh Darah” berhasil mengadaptasi plot whodunit yang lebih banyak kita temukan di serial-serial detektif barat, diaplikasikan dalam plot dalam latar horor yang lebih familiar dengan budaya Indonesia.

Dibintangi oleh Mikha Tambayong sebagai Wulan, ia dikenal sebagai perempuan modern yang cerdas dan sukses kehidupannya. Wulan bukan tipe perempuan yang mudah percaya dengan hal-hal klenik, namun semua berubah ketika keluarga menerima teror misterius yaitu teluh. “Teluh Darah” diisi dengan adegan-adegan sadis setiap episodenya, dengan anomali kematian yang g disebabkan oleh ilmu hitam.

Where to Stream: Disney+ Hotstar

My Lecturer My Husband

Sempat heboh dengan promosinya, “My Lecturer My Husband” merupakan serial romansa populer yang dibintangi oleh Prilly Latuconsina dan Reza Rahadian. Inggit terpaksa menikah dengan pria yang dijodohkan oleh ayahnya yang sedang sakit, Arya. Kehidupan pernikahan dan perkuliahan Inggit semaki sulit karena Arya adalah dosen killer di mata kuliah yang sulit untuk Inggit.

“My Lecturer My Husband” adalah serial komedi romantis, premisnya yang unik dan cukup dramatis mirip-mirip dengan romcom k-drama. Serial ini memiliki daya tarik tersendiri dalam skenanya berkat penampilan kedua aktor utamanya. Prilly dan Reza memiliki chemistry yang lucu dan romantis sebagai pasangan dengan perkembangan asmara hate to love yang bikin gemas penonton.

Where to Stream: iFlix

Pretty Little Liars

“Pretty Little Liars” merupakan serial global populer yang sudah diadaptasi di berbagai negara, termasuk di Indonesia. Versi Indonesia-nya dibintangi oleh Yuki Kato, Anya Geraldine, Eyka Farhana, Valerie Thomas, dan Shindy Huang.

Berlatar di kota fiksi di Bali, sekelompok geng mahasiswi menjalin bersahabatan yang kemudian retak setelah ketua geng mereka menghilang secara misterius. Setahun kemudian, anggota geng yang masih tersisa mendapat teror misterius yang mengancam akan membongkar rahasia gelap mereka.

Meski telah diadaptasi oleh berbagai negara, “Pretty Little Liars” Indonesia diakui sebagai versi terbaik di Asia oleh ContentAsia Awards 2020. Serial ini memiliki konflik dan intrik sosial yang disajikan secara dramatis. Namun juga mengangkat isu-isu kehidupan terutama perteman toxic dan pemberdayaan wanita.

Sebagai salah satu serial Indonesia orisinal pada masa-masa awal, produksi latarnya sudah maksimal dalam mengekspos kehidupan karakter-karakternya yang merupakan anak-anak keluarga kaya.

Where to Stream: Viu

Katarsis

Buat yang suka romansa, thriller, dan komedi, “Katarsis” menjadi satu paket serial Indonesia terbaik yang memaduka berbagai genre tersebut. Serial ini diadaptasi dari novel populer Indonesia bertajuk serupa karya Anastasia Aemilia.

Dibintangi oleh Pevita Pearce sebagai Tara, ia mengalami trauma berat setelah melihat kedua orang tua angkatnya dibunuh secara sadis. Dalam usahanya melanjutkan hidup yang normal, Tara bertemu pria yang tak kalah abnormal, Ello.

Kisah asmara antara Tara dan Ello jelas sajian baru di skenanya, keduanya sama-sama memiliki rahasia dan misteri yang gelap. Penampilan Pevita Pearce dalam “Katarsis” sebagai Tara yang polos sekaligus creepy menjadi tontonan yang tidak biasa dan bikin kita nagih ke episode selanjutnya. Tidak pernah bosan melihat gelagatnya sambil berusaha mengungkap rahasia gelap yang ia sembunyikan, mungkin rahasia yang juga ia sembunyikan dari dirinya sendiri.

Where to Stream: Vidio

Drama Ratu Drama

“Drama Ratu Drama” merupakan serial komedi yang temanya familiar dengan kita namun belum pernah diangkat dari sudut pandang ini, yaitu tentang dunia persinetronan Indonesia. Dibintangi oleh Enzy Storia sebagai Ijul, ia aktris yang terkenal sebagai pemeran antagonis di berbagai sinetron. Padahal di balik layar, ia adalah perempuan yang bertolak belakang dari peran-perannya tersebut. Ini menjadi kisahnya berusaha keluar dari typecast tersebut untuk membuat ayahnya bangga.

“Drama Ratu Drama” memiliki naskah orisinal yang mengulas suka duka (lebih banyak dukanya) orang-orang yang bekerja di balik layar sinetron. Mulai dari penulis naskah yang idealis, kru-kru yang diperbudak tanpa imblanan dan jaminan yang memadai, dan masih banyak lagi isu-isu di industri ini yang cukup mencerahkan. Parodi-parodi sinetronnya juga tak pernah gagal mengocok perut penontonnya.

Where to Stream: Vidio

Induk Gajah

“Induk Gajah” merupakan serial Indonesia dengan muatan kebudayaan Batak. Dibintangi oleh Marshanda sebagai Ira, ia adalah jurnalis berusia 30 tahun yang tak memiliki pasangan, apalagi memiliki prospek menikah. Hal ini menimbulkan kecemasan pada ibu tunggalnya, Mamak Uli (Tika Panggabean) yang akhirnya berusaha menjodohkannya dengan teman masa kecilnya, Marsel.

“Induk Gajah” ini menjadi sajian serial problematika kehidupan yang bermakna, namun juga penuh dengan sentuhan komedi yang mengundang tawa. Tak hanya untuk anak muda Batak, serial ini memiliki konflik yang relevan dengan pemuda pemudi modern dengan tuntutan etnis dari orang tuanya.

Where to Stream: Prime Video

Rencana Besar

“Rencana Besar” merupakan serial bermuatan sejarah politik Indonesia. Setelah terungkap skandal penggelapan dana sebesar 17 miliar rupiah di Universal Bank of Indonesia, dicuragai dalangnya adalah empat pegawai bank tersebut. Namun seiring Makarim, seorang detektif, melakukan investigasi, ia semakin yakin ini lebih dari sekadar kasus pencurian uang.

“Rencana Besar” mengangkat berbagai topik di skena politik negara, keadilan, Orde Baru, korupsi, dan berbagai isu lain yang menyinggung pemerintah. Ini juga bisa menjadi inspirasi mengembangkan lebih banyak serial Indonesia dengan tema yang masih jaang dieksplorasi dengan medium ini. Tak hanya menghibur dan menambah pilihan genre, ada informasi yang bisa didapatkan oleh penonton.

Where to Stream: Prime Video

Klub Kecanduan Mantan

“Klub Kecanduan Mantan” merupakan serial Indonesia romansa komedi. Dibintangi oleh Agatha Pricilla, Rachel Amanda, Chicco Kurniawan, Andri Mashadi, dan Hafizh Weda, mereka adalah sekelompok sahabat yang memiliki masalah serupa; kesulitan meluakan mantan. Bersama-sama, mereka akhirnya saling membantu untuk menemukan cara terbaik dalam berdamai dengan masa lalu dan menyembuhkan luka hati dari hubungan yang telah berakhir.

Mengangkat kisah asmara dari masing-masing karakternya, membaut serial ini memiliki presentasi semi-anthology. Serial yang penuh warna, lucu, dan ringan ini diisi dengan penampilan aktor-ktor utamanya yang berkesan. “Klub Kecanduan Mantan” menjadi salah satu serial komedi quirky dengan produksi yang juga memanjakan indra.

Where to Stream: Netflix

Gadis Kretek

“Gadis Kretek” tak diragukan lagi merupakan serial Indonesia terbaik 2023. Diangkat dari novel Ratih Kumala, serial period drama ini dibintangi oleh Dian Satrowardoyo sebagai Dasiyah alias Jeng Yah, anak pemilik bisnis kretek yang memiliki ambisi sebagai pembuat saus kretek terbaik. Namun pada masanya, masyarakat tidak berpihak pada Jeng Yah dengan mimpinya karena wanita di industri kretek dianggap tabu.

“Gadis Kretek” merupakan serial period drama dengan berbagai elemen cerita yang komplit. Mulai dari seni meracik kretek, industri kretek pada masanya, hingga kisah tentang peran gender dan drama percintaan yang mani getir.

Tak ketinggalan latar peristiwa sejarahnya yang membuat plot mengalami perkembangan drastis. Serial ini bisa menjadi standar baru dan inspirasi untuk arah pengembangan serial Indonesi kedepannya.

Where to Stream: Netflix

The Boys Season 3 The Boys Season 3

5 Hal Yang Patut Dinantikan dari “The Boys” Season 4

Cultura Lists

Rekomendasi Tayangan Terbaru Netflix Indonesia Juni 2024

Cultura Lists

Rekomendasi Film & Serial Prime Video Juni 2024

Cultura Lists

A Town Without Seasons Review: Suka Duka Warga Hunian Sementara yang Eksentrik

TV

Connect