Connect with us
serial netflix original terbaik 2020
Photo: Phil Bray/Netflix

Cultura Lists

10 Netflix Original Series Terbaik 2020

Sederet serial Netflix terbaik tahun ini dalam Best 2020 versi Cultura.

Netflix memiliki sangat banyak serial terbaik yang sudah tidak perlu diragukan lagi kualitasnya. Ada beberapa judul populer yang kembali dengan season terbaru tahun ini.

Mulai dari Money Heist Season 4, The Umbrella Academy Season 2, dan yang masih hangat diperbincangkan, The Crown Season 4. Tak hanya mengandalkan judul-judul yang sudah sukses, Netflix terus merilis serial terbaru yang tak kalah bagusnya untuk ditonton. Berikut beberapa Netflix Original Series terbaru dan terbaik 2020 versi Cultura.

Homemade

Homemade merupakan raungan kreativitas dari para filmmaker pada masa pandemi yang menyelimuti kita sepanjang tahun ini. Serial anthology terdiri dari sederet film pendek para pekerja film dari berbagai penjuru dunia. Mulai dari Pablo Larrain, Kristen Stewart, Maggie Gyllenhaal, dan masih banyak lagi. Menonton serial ini selama masa karantina akan menghibur sekaligus menginspirasi buat kita yang tertarik dengan dunia filmmaking.

Homemade merupakan bukti nyata bahwa sebuah film pendek bisa dibuat selama kita memiliki kreatifitas dan ide yang menarik, meski dengan produksi rumahan yang amatir sekalipun.

I’m Not Okay With This

I’m Not Okay With This merupakan serial terbaru Netflix tahun ini yang sempat mencuri perhatian segmentasi remaja. Terutama bagi penggemar serial sejenis Stranger Things dan The End of the Fxxxing World. Film ini memiliki karakter utama yang menarik dengan segala kegelisahan remaja yang generik.

Tema karakter dengan kekuatan super disematkan menjadi bumbu yang memberikan nuansa edgy, menjadi manifestasi emosi remaja yang tidak stabil secara hiperbola. I’m Not Okay With This memiliki potensi untuk menjadi serial cult-classic Netflix lainnya. Penonton berhak mendapatkan musim kedua dari serial ini.

The Stranger

Setiap orang memiliki rahasia, kalimat tersebut sangat sempurna untuk menjadi tagline dari serial The Stranger. Serial bergenre thriller suspense ini memiliki penulisan cerita yang padat dan intens. Langsung dihadapkan pada bara konflik pada scene pembukanya, serial ini memiliki misteri yang akan membuat kita penasaran terus hingga episode terakhir.

Tak sekadar membuat penasaran, proses menuju klimaks juga diisi dengan berbagai side plot yang menegangkan dan penuh teka-teki. Hingga pada akhirnya menyentuh lubuk hati kita dengan sedikit sentuhan sentimental yang melunakan ketegangan sepanjang episode.

The Midnight Gospel

The Midnight Gospel merupakan salah satu serial one of the kind yang pernah dirilis oleh Netflix. Serial animasi ini patut diapresiasi dalam berbagai aspek. Mulai dari desain animasi khas Pendleton Ward, dengan tema psychedelic, dan berbagai aspek teknikal lainnya dalam membuat sebuah serial kartun.

Selain menyajikan kisah dari karakter utama, Clancy Gilroy, setiap episode dari The Midnight Gospel mengangkat topik pembicaraan yang menarik seputar kehidupan, kematian, meditasi, dan kepercayaan.

Unorthodox

Diangkat dari memoar berjudul ‘Unorthodox: The Scandalous Rejection of My Hasidic Roots’, serial dengan isu sosial dan kepercayaan ini patut diberi perhatian lebih. Diangkat dari kisah nyata, kisah Deborah Feldman patut diketahui dan dipahami oleh dunia.

Mengangkat isu yang krusial, penulis naskah telah berusaha membawakan kisah yang menyentuh dan menambah wawasan kita akan sebagian kecil kisah dari fenomena yang mungkin dialami oleh banyak perempuan di luar sana. Kisah yang bermakna didukung dengan penampilan sederet aktor yang semakin menyakinkan.

JU-ON: Origins

Lebih dari sekedar serial dengan adegan gore dan konten sadis, JU-ON: Origins memiliki perpaduan horror dan investigasi kriminal yang menarik untuk ditonton. Sinematografi pada serial ini memiliki vibe horor Jepang yang suram dan khas.

Begitu juga dengan eksekusi adegan gore yang berhasil membuat penonton bergidik, namun tetap memiliki esensi yang mempengaruhi cerita. Jika selama ini kita hanya melihat JU-ON dalam kacamata murni supranatural, serial ini memiliki sentuhan investigasi yang membuat cerita jadi terasa berbobot.

The Haunting of Bly Manor

The Haunting of Bly Manor merupakan serial horor dengan sentuhan gothic romance yang disajikan secara berkualitas. Menghadirkan sederet kisah romansa melankolis dan tragis yang tak sekedar emosional, namun juga memutar otak dan mempermainkan hati. Lebih dari menakutkan, kisah dengan genre gothic romance memang lebih mengeksploitasi kesuraman dan konten supranatural untuk mendukung kisah romansa. The Haunting of Bly Manor berhasil menghidupkan kembali genre satu ini melalui sederet episodenya.

The Queen’s Gambit

Tak perlu paham catur untuk bisa menikmati serial The Queen’s Gambit. Serial satu ini memiliki banyak alasan mengapa pantas menjadi serial terbaik tahun ini bahkan dalam kategori umum. Anya Taylor-Joy berhasil menghidupkan karakter Beth Harmon yang menambah daftar karakter fiksi ikonik dalam budaya pop. Secara produksi mulai dari makeup dan kostum, hingga desain latar syuting juga sangat maksimal, dan variatif di setiap episodenya.

Serial ini juga memiliki penulisan yang rapi, meski dengan teknik maju mundur. Mampu meringkas tanpa mengurangi esensi, dalam delapan episode kita mampu melihat perkembangan karakter Beth Harmon dengan fase yang pas dan kisah yang memikat.

Grand Army

Buat yang suka Skins atau Euphoria, Grand Army merupakan serial remaja dengan konsep serupa. Mengangkat kisah pribadi dari sederet karakter remaja dengan latar belakang dan problematika masing-masing.

Tidak mengulang-ulang penokohan yang sama, Grand Army menghadirkan stereotip baru untuk mewakili setiap remaja dengan latar belakang serupa, mulai dari remaja Muslim yang berusaha menaati aturan agama di tengah gaya hidup bebas remaja, perempuan keturunan Tionghoa yang diadopsi oleh keluarga Yahudi, dan masih ada beberapa karakter remaja menarik lainnya.

Curon

Curon sempat disandingkan dengan Dark maupun Stranger Things, namun serial ini memiliki cerita yang cukup berbeda dari kedua serial populer tersebut. Curon hendak mengeksplorasi legenda tentang kembaran misterius (doppelganger) sesuai dengan sejarah mitologi yang sesungguhnya.

Tak hanya menghadirkan kisah misteri dan thriller, ada sentuhan drama yang sentimental sebagai penetral. Salah satu lagi keunggulan dari Curon adalah latar syutingnya yang indah namun secara janggal menyimpan misteri, diselimuti filter bernuansa biru yang menghanyutkan.

Click to comment

Ali dan Ratu-ratu Queens Ali dan Ratu-ratu Queens

Ali dan Ratu-ratu Queens Review: Mediocre Meski Penuh Rasa

Film

Rekomendasi Film Bertema Mafia Rekomendasi Film Bertema Mafia

10 Rekomendasi Film Bertema Mafia

Cultura Lists

Xtreme Netflix Xtreme Netflix

10 Rekomendasi Film Terbaru Netflix (Juni 2021)

Cultura Lists

Rekomendasi Serial Terbaru Netflix (Juni 2021) Rekomendasi Serial Terbaru Netflix (Juni 2021)

Rekomendasi Serial Terbaru Netflix (Juni 2021)

Cultura Lists

Advertisement
Cultura Live Session
Connect