Connect with us
10 Film Nominasi Best Picture Oscar 2022
Dune

Cultura Lists

10 Film Nominasi Best Picture Oscar 2022

Mulai dari “The Power of the Dog” hingga “West Side Story”.

Nominasi Oscar 2022 akhirnya diumumkan! The Academy Award ke-94 akan diselenggarakan pada 27 Maret mendatang di Hollywood’s Dolby Theatre. Setelah tiga tahun absen host, untuk perhelatan tahun ini Craig Erwich, pimpinan ABC Entertainment dan Hulu Originals. Sebagai tahun yang masih sulit bagi banyak film di Hollywood, kebanyakan film yang masuk nominasi Best Picture tahun ini juga tidak memperoleh pendapatan box office sesuai harapan. 

“The Power of the Dog”, sebagai film yang mendominasi berbagai kategori nominasi tahun ini dirilis di Netflix. Begitu pula “King Richard” dan “West Side Story” yang dirilis di HBO Max. Ada beberapa film terbaik 2021 yang memang layak masuk dalam nominasi Best Picture, namun ada juga judul yang cukup mengejutkan untuk bisa tembus nominasi tertinggi dalam The Academy Award tahun ini. Berikut sepuluh film nominasi Best Picture Oscar 2022.

Belfast

“Belfast” merupakan film karya sutradara Kenneth Branagh, dibintangi oleh Jamie Dornan, Caitriona Balfe, Judi Dench, dan Ciaran Hinds. Berlatar pada di Belfast, ibukota Irlandia Utara, film ini merupakan semi-autobiografi tentang keluarga working class dan anak laki-lakinya yang hidup pada masa keributan 1960-an. Kualitas dari film drama hitam-putih ini telah diakui oleh Toronto International Film Festival 2021, dengan keluarnya “Belfast” sebagai juara pertama People’s Choice Award

Selain masuk dalam kandidat Best Picture, “Belfast” juga masuk ke beberapa kategori nominasi lainnya yaitu; Kenneth Branagh dalam Best Director dan Best Original Screenplay, Best Sound, Best Original Song, serta Ciaran Hinds dalam Best Supporting Actor.

CODA

“CODA” merupakan film drama tentang Ruby, satu-satunya anak dalam yang memiliki indera pendengaran normal ketika anggota keluarga lainnya tuna rungu. Ketika dirinya bergabung dengan klub paduan suara sekolah, Ia menemukan cinta pada pasangan duetnya dan dunia bernyanyi itu sendiri.

Diadaptasi dari drama Prancis, “The Belier Family”, Sian Heder sebagai penulis naskah masuk dalam nominasi Best Adapted Screenplay, sementara Troy Kotsur masuk sebagai nominator Best Supporting Actor. 

Don’t Look Up

Tidak masuk dalam daftar film Netflix Original terbaik 2021 versi Cultura, “Don’t Look Up” secara mengejutkan masuk dalam Best Picture Oscar tahun ini. Bercerita tentang akhir dunia karena komet berukuran besar akan mendarat di bumi, “Don’t Look Up” merupakan film drama komedi yang sebetulnya tidak terlalu memiliki nilai sinematik untuk bersanding dengan judul-judul lainnya dalam nominasi bergengsi ini. 

“Don’t Look Up” juga masuk dalam nominasi Best Original Screenplay, Best Original Score, dan Best Film Editing

Don’t Look Up Review: Ilmu Pengetahuan vs. Kapitalisme

Drive My Car

“Drive My Car” menjadi wildcard dalam Best Picture Oscar 2022. Film drama Jepang ini disutradarai dan ditulis oleh Ryusuke Hamaguchi. Film drama road trip ini diangkat dari cerita pendek karya Haruki Murakami pada 2014.

Bercerita tentang seorang aktor sekaligus sutradara yang menduda semenjak dua tahun istrinya meninggal. Ketika mendapat tawaran menjadi sutradara di Hiroshima, Ia melakukan perjalanan dengan seorang wanita muda, Misaki Watari sebagai supirnya. 

“Drive My Car” sebelumnya telah berjaya di Cannes Film Festival 2021, terpilih sebagai Palme d’Or. Dilanjutkan dengan penghargaan Best Foreign Language Film di Golden Globe Awards 2022. Dalam The Academy, film ini masuk dalam berbagai nominasi lainnya yaitu; Best Director, Best International Feature Film, dan Best Adapted Screenplay.

Drive My Car Review: Menjadi Pribadi Baru Melalui Luka

Dune

“Dune” merupakan film fiksi ilmiah terpopuler dan terbaik dalam industri perfilman 2021 kemarin. Disutradarai oleh Denis Villeneuve, film ini memiliki potensi besar sebagai cult classic dari era 2020-an. Dibintangi oleh Timothee Chalamet, film ini berpusat pada Paul Atreides, pangeran di semesta luar angkasa yang lahir dengan karunia takdir melampaui kesadarannya. Ia memiliki misi penjelajahan ke planet paling berbahaya demi menjamin masa depan keluarga dan kaumnya. 

Diadaptasi dari novel karya Frank Herbert, “Dune” juga masuk dalam nominasi Best Adapted Screenplay. Kemudian mendominasi berbagai nominasi produksi yaitu; Best Cinematography, Best Costume Design, Best Original Score oleh Hans Zimmer, Best Sound, Best Film Editing, Best Makeup and Hairstyling, Best Visual Effects, dan Best Production Design. 

Alasan Mengapa “Dune” Wajib Diantisipasi Sebagai Film Sci-Fi Terbaik

King Richard

“King Richard” menjadi satu-satunya film biografi dalam nominasi Best Picture tahun ini. Film drama keluarga ini bercerita tentang sosok dibalik kesuksesan atlet tenis berprestasi, Serena Williams dan Venus Williams.

Dibintangi oleh Will Smith sebagai Richard Williams, aktor ini akhirnya kembali dalam nominasi Best Lead Actor setelah absen selama 15 tahun. Film Warner Bros. yang tayang di HBO Max ini juga berhasil masuk dalam beberapa kategori nominasi lainnya, yaitu Best Film Editing dan Best Original Screenplay oleh Zach Baylin. 

Lawan main Will Smith, Aunjanue Ellis yang berperan sebagai Brandy Williams juga masuk dalam kandidat Best Supporting Actress. Beyonce sebagai soundtrack “King Richard” mendapatkan nominasi Oscar pertamanya dengan lagu “Be Alive” dalam nominasi Best Original Song.

King Richard Review: Rencana Sempurna Richard Untuk Serena & Venus Williams

Licorice Pizza

Dibintangi oleh musisi Alana Haim, “Licorice Pizza” menjadi film drama percintaan yang siap bersaing dalam Best Picture Oscar 2022. Film ini bercerita tentang Alana dan Gary yang tumbuh besar di San Fernando Valley. Kisah berpusat pada eksplorasi cinta pertama kedua karakter utama pada 1973. Paul Thomas Anderson sebagai sutradara sekaligus penulis naskah juga masuk dalam nominasi Best Director dan Best Original Screenplay

Nightmare Alley

“Nightmare Alley” merupakan film neo-noir terbaru karya Guillermo del Toro. Film kriminal bertabur bintang Hollywood menjadi salah satu yang flop tahun lalu karena rilis di pekan yang sama dengan “Spider-Man: No Way Home”.

Film ini dibintangi oleh Bradley Cooper, Cate Blanchett, Rooney Mara, dan Toni Collette. Selain berkesempatan meraih penghargaan Best Picture dalam Oscar 2022, “Nightmare Alley” juga masuk dalam nominasi Best Cinematography, Best Costume Design, dan Best Production Design

The Power of the Dog

Digadang-gadang sebagai kandidat terkuat tahun ini, “The Power of the Dog” tak hanya masuk dalam Best Picture, film ini juga mendominasi hampir di semua kategori nominasi. Film western drama dengan twist thriller ini dibintangi oleh Benedict Cumberbatch yang menjadi kandidat kuat dalam kategori Best Lead Actor.

Disusul dengan Jesse Plemons dan Smit-McPhee yang akan bersaing dalam nominasi Best Supporting Actor. Sementara Kirsten Dunst masuk dalam nominasi Best Supporting Actress. Tak diragukan lagi, “The Power of the Dog” memang film terbaik 2021 dengan penampilan akting yang memikat. 

Menjadi film dengan narasi visual yang kuat, film ini juga masuk dalam nominasi Best Director, Best Adapted Screenplay, Best Cinematography, Best Film Editing, dan Best Production Design. Kemudian disusul dengan nominasi Best Original Score dan Best Sound. “The Power of the Dog” karya Jane Campion ini sebelumnya telah berjaya di Golden Globes 2022. 

The Power of the Dog Review: Toxic Masculinity dan Balas Dendam Tersembunyi

West Side Story

“West Side Story” juga menjadi film bernasib sama dengan “King Richard” yang rilis di HBO Max pada 2021. Film drama musikal remake ini dibintangi oleh Rachel Zegler dan Ansel Elgort. Meski kedua aktor utama tidak masuk nominasi akting, Ariana DeBose menjadi aktris yang lolos sebagai kandidat Best Supporting Actress.

Steven Spielberg sebagai sutradara masuk dalam nominasi Best Director. Kemudian disusul dengan berbagai nominasi lainnya yaitu; Best Cinematography, Best Sound, Best Production Design, dan Best Costume Design.

West Side Story Review: Film Musikal Remake yang Lebih Memikat Secara Produksi

The Outsider Review The Outsider Review

10 Film Hollywood dengan Estetika Jepang

Cultura Lists

Happiest Season Happiest Season

Rekomendasi Film Chick Flick 2020an

Cultura Lists

Kilas Balik Trilogi Baru Star Wars: Kehancuran Sebuah Franchise

Entertainment

My Missing Valentine My Missing Valentine

My Missing Valentine: Menyusuri Ingatan Satu Hari yang Hilang

Film

Connect