Connect with us
Netflix

Cultura Lists

10 Best K-drama for Non-Drama Fans

Kdrama yang tidak melulu tentang drama percintaan, premis memikat, dan eksekusi penuhi ekspektasi serial terbaik.

Dari berbagai skena serial, K-drama memiliki segmentasi ekslusif yang massive. Terkadang terlalu besar untuk mengundang kita yang tidak terbiasa menonton K-drama. Banyak dari kita tidak tahu harus mulai dari mana, atau sudah melihat kdrama sebagai tontonan yang steriotipikal. Kalau tidak melulu drama percintaan, durasinya terlalu panjang dengan side story yang terlalu banyak dari karakter minor.

Beberapa K-drama juga memiliki eksekusi adegan yang klise, atau pola plot dan pacing episode yang selalu sama. Meski kalau soal produksi dan kualitas akting, aktor Korea Selatan hampir tidak pernah mengecewakan.

Mulai dari slice of life, bahkan kini mulai banyak kdrama bergenre thriller crime dan horor, sebetulnya ada banyak kdrama terbaik yang terlalu sayang untuk dilewatkan hanya karena ‘kita tidak biasa menonton kdrama’. Berikut sederet rekomendasi terbaik dengan premis memikat serta eksekusi yang benar-benar memenuhi ekspektasi serial terbaik secara umum.

Kingdom (2019)

The Gist: Survival zombie berlatar pada Dinasti Joseon dengan konflik politik kerajaan.

Pada titik ini, serial bertema zombie sudah banyak diadaptasi. Buat penggemar serial dengan tema zombie, “Kingdom” jadi kdrama yang menyajikan latar baru, memadukan historical drama, politik kerajaan, dan pastinya horor dari teror zombie. “Kindgom” berlatar pada abad ke-16 tepatnya pada Dinasti Joseon.

Kita akan mengikuti kisah Putra Mahkota, Lee Chang (Ju Ji-hoon) yang melakukan investigasi untuk menyelesaikan wabah zombie misterius dan menyelamatkan kerajaannya. Dengan latar demikian, “Kingdom” lebih dari menampilkan plot petualangan survival, namun lebih ke kepemimpinan dan konsekuensi dari ambisi politik dalam situasi genting di puncak kerajaan.

SKY Castle (2018)

The Gist: Potret toxic parenting dan sisi gelap sistem pendidikan di Korea Selatan.

Buat penggemar drama penuh intrik, persaingan, dan ambisi di kalangan sosial elit, “SKY Castle” merupakan salah satu kdrama tersukses di Korea Selatan. Serial berlatar di pemukiman keluarga kaya eksklusif; dimana para orang tua dengan profesi terbaik bersaing dengan menggunakan anak-anak mereka seperti ‘bidak’, untuk meraih prestasi akademis dengan tujuan tembus ujian masuk Universitas Negeri Seoul (alias SKY).

Serial menunjukan budaya toxic parenting dan sisi gelap sistem pendidik Korea Selatan secara umum. Pada sisi tertentu bisa ditonton sebagai drama kehidupan yang depresif, di lain sisi bisa dinikmati sebagai tontonan satir. “SKY Castle” mengeksploitasi tema ambisi, kelas sosial, ekspektasi sosial, dan drama keluarga yang kompleks.

Move to Heaven (2021)

The Gist: Jasa membersihkan barang-barang orang yang telah meninggal untuk keluarga yang masih berkabung dan trauma.

“Move to Heaven” merupaka kdrama dengan premis yang menarik, bahkan buat kita yang tak biasa mengikuti kdrama. Geu-ru adalah pemuda dengan Asperger, bersama dengan pamannya, ia menjalankan bisnis “membersihkan” trauma dengan nama ‘Move to Heaven’. Dimana mereka membantu keluarga yang sedang berkabung dan tak mampu membereskan barang-barang peninggalan orang yang mereka cintai setelah meninggal. Dengan latar demikian, bisa diasumsikan bagaimana setiap pekerjaan akan mengungkap berbagai kisah-kisah yang menarik.

“Move to Heaven” menjadi kdrama yang mengeksplorasi tema masa berkabung, kehilangan, penebusan, dan koneksi antar manusia. Geu-ru yang diperankan oleh Tang Jun-sang memberikan penampilan yang menuai banyak pujian. Bagaimana ia tampil sebagai pemuda dengan Asperger secara otentik, yang kemudian mengalami perkembangan secara emosional yang heartwarming untuk diikuti setiap episodenya.

Chief of Staff (2019)

The Gist: Potret gelap dunia politik Korea Selatan.

Kalau “Chief of Staff” menjadi K-drama dengan genre drama politik, dibintangi oleh Lee Jung-jae (Squid Game) sebagai Jang Tae-joon. Tae-joon adalah mantan detektif yang kini bekerja sebagai asisten politik untuk anggota parlemen terkemuka di Majelis Nasional Korea Selatan.

Serial ini akan membawa kita masuk dalam “dapur panas” politik di Korea Selatan, penuh strategi, manipulasi, hingga pengorbanan pribadi yang dieksekusi demi memenuhi tujuan politik.

Skenario “Chief of Staff” menjadi latar sempurna dalam mengeksplorasi tema moral dan meleburnya definisi antara hal yang benar dan salah dalam memperjuangan kekuasaan. Tak hanya mengeksploitasi dunia politik negara asalnya, isu politik dan sosial yang diangkat dalam serial ini bisa juga diaplikasikan dalam kasus-kasus secara umum di penjuru dunia.

Because This Is My First Life (2017)

The Gist: Quarter-life crisis, problem karir dan tagihan, serta tekanan sosial untuk menikah.

Yang satu ini ada elemen romansanya, namun punya alasan yang kuat untuk tetap berada di daftar kdrama terbaik kali ini. “Because This Is My First Life” merupakan drama komedi romantis dengan premis menarik. Nam Se-hee adalah software engineer, sementara Yoon Ji-ho sedang mengejar mimpi sebagai penulis naskah. Karena tuntutan sosial dan desakan hipotek hunian, keduanya sepakat menikah untuk meringankan beban hidup tanpa ikatan secara emosional. Hingga akhirnya mereka tidak bisa mempertahankan formalitas dalam hubungan mereka.

“Because This Is My First Life” menampilkan potret kehidupan yang realistis lepas dari premisnya yang unik. Terutama tentang isu krisis usia 20an, bagaimana pemuda pemudi Korea Selatan menghadapi ekspektasi sosial, bergulat dengan karir, tagihan properti, dan tekanan untuk menikah yang tidak sesederhana itu di era modern.

My Mister (2018)

The Gist: Pria dewasa dan gadis muda yang saling membantu untuk keluar dari keterpurukan hidup tanpa sentuhan romansa.

“My Mister” merupakan salah satu kdrama terbaik Lee Sun-kyun (Parasite), serta menjadi penampilan terbaik Lee Ji-eun alias IU. Melalui penampilan dalam serial ini, sutradara Hirokazu Koreeda mengaku terpikat dan menawarkan peran pada IU untuk filmnya, “Broker” (2022). “My Mister” merupaka drama kehidupan yang latarnya lebih dewasa dan cukup suram.

Pak Dong-hoon insiyur yang bekerja di firma arsitektur, meski tampil sebagai pekerja yang bisa diandalkan, ia adalah sosok suami yang stoik dalam pernikahan yang hambar. Sementara Lee Ji-an pekerja baru di firma, dibalik pembawaan yang murung, ia sedang menanggung beban utang yang membelenggu hidupnya. Lee Sun-kyun dan IU menampilkan chemistry duo yang menyentuh hati dalam “My Mister” tanpa sentuhan romansa. Ini adalah drama tentang menjalani hidup, mengatasi trauma masa lalu, dan kesempatan kedua. Bisa banget jadi inspirasi untuk bangkit dari keterpurukan hidup.

Taxi Driver (2021)

The Gist: Drama penuh aksi tentang mantan polisi yang banting setir sebagai vigilante dibalik sosok supir taksi yang menjunjung keadilan.

“Taxi Driver” menjadi K-drama dengan genre drama kriminal, action, dan thriller. Dibintangi oleh Lee Je-hoon sebagai Kim Do-gi, mantan polisi yang banting setir sebagai vigilante yang bersembunyi dalam identitas supir taksi. Ia bergabung dengan organisasi rahasia yang menawarkan jasa tak biasa; melakukan balas dendam dan mencapai keadilan untuk korban yang terhalang oleh kuasa hukum penuh manipulasi dan korupsi.

“Taxi Driver” bisa banget ditonton buat kita penggemar action, karena serial ini diisi dengan adegan-adegan kejar-kejaran dan bertarung yang seru. Kim Do-gi sebagai jagoan dalam skenario ini juga menjadi protagonis yang seru untuk didukung dan diikuti kisahnya setiap episode. Ini juga menjadi K-drama yang mengeksplorasi tema moral ala neo-noir yang kelam dengan protagonis anti-hero.

Squid Game (2021)

The Gist: Survival death game dengan permainan-permainan dan backstory setiap karakter yang kuat.

Meski “Squid Game” adalah kdrama paling populer dan meledak, mungkin masih ada dari kita yang tak kunjung menonton. Do believe the hype, “Squid Game” memang worth to binge! Meski dalam skena yang lebih luas sudah bukan konsep yang baru lagi, K-drama bergenre survival death game ini menyajikan berbagai “wahana permainan” yang tak mudah dilupakan. Selain karena sentuhan thriller-nya, adapula filosofi dan sentuhan emosional yang diselipkan dengan rapi dalam setiap permainan.

Sekelompok orang dengan kesulitan hidup dengan sukarela berpartisipasi dalam permainan mematikan berhadiah uang dalam jumlah besar. Cukup besar untuk mengubah kehidupan mereka. “Squid Game” sekilas mengambil referensi dari berbagai tema yang familiar, namun tak lupa mengembangkan aturan main, plot twist, dan pengembangan karakter yang lebih berkesan. Jika dibandingkan dengan beberapa serial maupun film dengan konsep serupa.

Mask Girl (2023)

The Gist: Drama dengan isu lookism dikemas dalam produksi dan naskah ala neo-noir yang sinematik.

Masih sangat baru, “Mask Girl” seharusnya layak untuk meraihkan kesuksesan sebesar “Squid Game”. Memadukan tema lookism (diskriminasi penampilan) yang sangat kuat di budaya Korea Selatan dan drama thriller crime, “Mask Girl” adalah drama neo-noir yang sinematik. Menceritakan Kim Mo-mi, gadis yang dilahirkan dengan penampilan di bawah standar meski memiliki cita-cita sebagai idola. Ia akhirnya bersembunyi di balik topeng, menjadi streamer dengan nama Mask Girl.

K-drama ini memiliki treatment seperti dramatisir true crime adaptation, namun (untungnya) kisah ini cerita fiksi adaptasi Webtoon. Kim Mi-mo menjadi protagonis yang diperankan oleh tiga aktris berbeda (Go Hyun-jung, Nana, dan Lee Han-byeol). Dimana ia masuk dalam lingkaran kesialan berdarah, traumatis, dan disturbing. “Mask Girl” mengandung banyak adegan kekerasan dan plot balas dendam, serta sentuhan drama sentimental yang pas untuk menyentuh hati penontonnya.

Revenant (2023)

The Gist: K-drama horor dengan plot fokus, memadukan investigasi dari sudut pandang supernatural dari profesor folklor dan sudut pandang logika dari detektif.

“Revenant” juga menjadi kdrama terbaru yang patut ditonton oleh penggemar horor. Dibintangi oleh Kim Tae-ri (The Handmaiden) sebagai Gu San-yeong, ia “ketempelan” roh jahat setelah menerima barang mistis peninggalan mendiang ayahnya. Dibantu oleh profesor Yeom, San-yeong melakukan investigasi supernatural bersama untuk mengakhiri kutukan tersebut.

“Revenant” mungkin bukan kdrama horor dengan jumpscare dan banyak penampakan hantu yang mengerikan. Serial ini cenderung memiliki plot investigasi misteri. Menariknya tak hanya dari kacamata supernatural, namun juga pendekatan logika dengan hadirnya karakter detektif senior dan juniornya dalam memecahkan kasus ini.

Plot K-drama secara keseluruhan juga fokus, bukan tipikal kdrama dengan side story dan sentuhan romansa yang memakan durasi. Setiap episode yang panjang dimaksimalkan untuk mengulik misteri dibalik kutukan yang dialami Kim Tae-ri.

Moving (2023)

The Gist: Kdrama bergenre superhuman diisi deretan karakter dengan backstory yang humanis dalam setiap episode.

“Moving” merupakan K-drama bertema superhuman/superhero yang mengingatkan kita pada “Heroes”. Mungkin harus cukup sabar menonton 7 episode pertamanya, namun episode-episodenya akan semakin menarik setelah itu.

Dalam semesta “Moving”, manusia dengan kekuatan super menyembunyikan identitasnya, bekerja untuk agensi pertahanan negara sebagai ‘aset’ berharga. Namun, ketika perputaran generasi berlangsung, para agen rahasia memulai kehidupan baru dan menyembunyikan anak-anak mereka dari pihak yang ingin memanfaatkan kekuatan mereka.

Meski efek CGI-nya masih kalah dengan produksi superhero barat, “Moving” lebih kuat dalam pokok masalah dan backstory dari masing-masing karakter yang membumi. Mulai dari mantan mafia yang beralih menjadi agen rahasia, kisah cinta ala Mr. and Mrs. Smith, hingga drama pertemanan sekolah dari penerus generasi superhuman yang masih perlu diasah kekuatannya. “Moving” menyajikan semesta superhero baru dalam skenanya dan patut ditonton buat kita yang tak pernah lelah mengeksplorasi genre hiburan ini.

A Town Without Seasons Review: Suka Duka Warga Hunian Sementara yang Eksentrik

TV

Hazbin Hotel Hazbin Hotel

Hazbin Hotel Review: Balada Hotel di Neraka

TV

Monkey Man Monkey Man

Film & Serial Terbaru April 2024

Cultura Lists

King Richard Review King Richard Review

10 Film Biopik Inspiratif & Memotivasi

Cultura Lists

Connect