Connect with us
kdrama sllice of life
Hometown Cha-Cha-Cha

Cultura Lists

10 Rekomendasi K-Drama Bergenre Slice of Life

Sederet serial K-drama tentang manis pahit kehidupan yang relatable. 

K-drama bergenre slice of life merupakan genre yang menyuguhkan cerita dari berbagai sudut pandang karakter dalam satu naskah. Tidak melulu cinta, ada banyak tema cerita yang bisa dieksplorasi dalam genre ini. Mulai dari persahabataan, drama keluarga, terutama kisah seputar menjalani kehidupan yang relatable. Berikut berbagai rekomendasi K-drama slice of life terbaru hingga yang terikonik. 

Because This is My First Life

Nam Se-hee adalah seorang pekerja kantor di perusahaan tech, kepribadiannya yang kaku membuatnya terlihat acuh akan hubungan cinta, apalagi komitmen untuk menikah. Yoon Ji-ho adalah seorang wanita yang memiliki ambisi besar untuk menjadi penulis naskah. Keduanya bersepakat untuk menikah meski tanpa perasaan cinta, demi mengatasi permasalahan finansial dan tuntutan sosial, agar keduanya tetap bisa melanjutkan hidup tenang sembari meraih mimpi. 

“Because This is My First Life” bisa menjadi tontonan drama yang relatable, terutama bagita yang telah memasuki usia 20-an ke atas. 

Age of Youth

Satu lagi k-drama dengan problematika kehidupan di usia 20-an adalah “Age of Youth”. ‘Belle Epoque’ adalah rumah tempat bernaung dari lima wanita yang sedang memasuki masa-masa sulit di usia 20-an. Tak hanya tentang persahabatan dan cinta, setiap karakter menyajikan kisah tentang perjuangan mereka melunasi hutang, mengambil pekerjaan paruh waktu, dan problematika lain yang kerap kita hadapi ketika memulai hidup sendiri sebagai orang dewasa.

Be Melodramatic

“Be Melodramatic” juga memiliki tema cerita yang kurang lebih sama dengan “Age of Youth”. Tentang wanita, cinta dan karir, namun ke level usia yang lebih tinggi. Kisah berpusat pada tiga wanita yang bersahabat di usia 30-an mereka. Ketiga memiliki perjuangan masing-masing dalam membangun karir di dunia hiburan Korea yang tidak mudah. Serial ini juga pastinya memuat drama seputar persahabatan, cinta, dan usaha untuk bangkit dari rasa berkabung. 

Dear My Friends

Selalu ada kebijakan dan pelajaran yang bisa kita ambil dari orang lebih tua dari kita. Park Wan selalu ikut dengan ibunya yang kerap datang ke acara reuni teman-temannya yang sudah lanjut usia. Park Wan meluang waktu untuk mendengar cerita dari masing-masing teman ibunya, dengan harapan bisa menjadikan material novel yang ingin Ia wujudkan.

“Dear My Friends” merupakan K-drama yang mengandung banyak cerita dari para karakter lansia. Tak hanya menarik dan menghibur, ada pelajaran hidup yang bisa kita dapatkan dari serial ini. 

Hometown Cha-Cha-Cha

“Hometown Cha-Cha-Cha” merupakan K-drama yang baru-baru ini saja sempat trending di Netflix lokal. Lebih dari sekadar drama romansa, serial ini juga kental dengan nuansa slice of life.

Hye-jin adalah seorang dokter gigi yang pindah ke Gongjin, desa kecil berlokasi di sebelah kawasan pantai. Ia bertemu dengan seorang pemuda yang rupawan dan tampak pandai. Meski tak punya pekerjaan, laki-laki ini selalu saja ada kesibukan, terutama untuk selalu siap membantu penduduk desa yang membutuhkan bantuan. Kepribadian pemuda yang unik tersebut pun memancing rasa penasaran Hye-jin.

Dalam drama “Hometown Cha-Cha-Cha” kita akan dibuat relaks dengan lokasi syutingnya yang tampak sejuk dan tenang di kawasan pantai, sambil menyimak kisah dari setiap penduduk di desa tersebut.

When the Weather is Fine

Satu lagi K-drama yang berlatar di kota kecil yang tenang adalah “When the Weather is Fine”. Hae-won yang muak dengan kehidupan perkotaan di Seoul, memutuskan untuk kembali ke kampung halamannya. Ia kemudian bertemu dengan seorang pria penjaga toko buku, Eun-seob. Keduanya menjalin interaksi bermakna yang mendukung masing-masing untuk berkembang menjadi pribadi yang lebih baik. 

My Mister

“My Mister” merupakan K-drama slice of life yang populer dan memang wajib untuk ditonton. Drama ini dibintang oleh Lee Sun-kyun dan penyanyi Korea Selatan, IU. Park Dong-ho adalah karyawan di perusahan kontraktor, sementara Ji-an karyawan bagian administrasi yang pendiam dan dingin. Ketika skandal besar terjadi di perusahaan mereka, keduanya terikat dalam sebuah hubungan tidak biasa yang mengubah hidup mereka. 

“My Mister” merupakan drama dengan materi cerita tentang kehidupan yang cukup gelap. Seputar pernikahan, keluarga, persahabatan tak biasa, dan perjuangan banyak karakter lain dalam menjalani hidup. 

Prison Playbook

“Prison Playbook” merupakan salah satu K-drama ikonik dengan latar cerita yang cukup jarang kita temui dalam niche ini. Membuat serial arahan Shin Wo-ho ini salah satu yang ikonik dalam deretan K-drama populer. Kim Je-hyuk adalah seorang atlet baseball yang harus menjalani hukuman penjara setelah berusaha melindungi saudaranya. 

Ketika mendekam di penjara, Ia bertemu dengan teman masa kecilnya, Lee Joon-ho yang bekerja sebagai penjaga penjara. Meski mengandung cerita yang cukup berat, “Prison Playbook” juga memiliki plot yang mengajak kita menyimak kehidupan para narapidana yang cukup menyentuh hati.

Hospital Playlist

“Hospital Playlist” merupakan K-drama slice of life yang populer dengan latar cerita kehidupan lima orang dokter di Yulje Medical Center. Kelima dokter ini telah bertema cukup lama semenjak masih duduk di akademi kedokteran. Memiliki hobi bermusik yang sama, kelimanya juga membentuk band. “Hospital Playlist” mengandung rangkaian kisah seputar rutinitas para dokter di rumah sakit, drama dengan pasien yang merawat, hingga kisah cinta dan persahabatan. 

Reply Series

Buat kita yang baru saja memulai binge K-drama slice of life, perlu tahu kalau ‘Reply Series’ adalah judul ikonik. Ketika pertama kali rilis, serial karya Shin Wo-ho ini menjadi angin segar di dunia K-drama, sekaligus menjadi trendsetter untuk menambah variasi genre dalam skena hiburan yang makin mendunia ini. Serial ini telah memiliki tiga judul; “Reply 1988”, “Reply 1994”, dan “Reply 1997”.

Masing-masing serial memiliki fokus cerita dari sekelompok teman dengan latar belakang retro yang berbeda. Setiap karakter memiliki kisah kehidupan yang menarik untuk disimak seputar keluarga, persahabatan, cinta, dan permasalahan kehidupan lainnya.

Click to comment

rebecca 2020 rebecca 2020

10 Film dengan Plot Romansa yang Berubah Menjadi Horor

Cultura Lists

Suami-suami Masa Kini Suami-suami Masa Kini

Suami-suami Masa Kini Review: Tentang Gejolak Hidup Laki-laki Kekinian

TV

Lineup Musisi Internasional di Java Jazz Festival 2022

Cultura Lists

oslo ibrahim java jazz 2020 oslo ibrahim java jazz 2020

Lineup Musisi Indonesia di Java Jazz Festival 2022

Cultura Lists

Advertisement
Connect