Connect with us
dua lipa
Dua Lipa (Photo: GQ.com)

Cultura Lists

Tracks of The Week: Disco & City Pop Playlist

Berbagai track modern yang membawa kita kembali ke lantai dansa 80-an.

Demam musik 80-an seperti sedang menginspirasi banyak musisi belakangan ini. Mulai dari Lady Gaga, Dua Lipa, hingga diva Disco Pop, Kylie Minogue. Musik Disco Pop memang tak pernah ada matinya, baik hits lama maupun track modern yang baru saja dirilis.

Disco Pop, New Wave, dan genre sejenisnya identik dengan tahun 80-an di negara barat, sementara negara Asia memiliki Disco-nya sendiri yang populer dengan sebutan musik City Pop. Semenjak lagu ‘Plastic Love’ dari Mariya Takeuchi kembali viral, banyak musisi yang terinspirasi untuk mengeksplorasi warna musik ini.

Berikut tracklist dengan sederet track Disco dan City Pop terbaru yang akan membuat kita kembali ke tahun 70-an hingga 80-an.

Stupid Love – Lady Gaga

‘Stupid Love’ merupakan single utama dari album Lady Gaga yang bertajuk “Chromatica”. Melalui aransemen musik Disco House musisi eksentrik ini hendak menyampaikan pesan perdamaian dan cinta. Secara keseluruhan, album “Chromatica” juga mengandung banyak track bernuansa Pop, Disco, dan House yang tak akan membiarkan kita untuk berhenti berdansa.

Say Something – Kylie Minogue

Kylie Minogue merupakan salah satu diva dari tahun 90-an yang terkenal dengan hits-hits Disco Pop-nya. ‘Say Something’ menjadi single Disco utama untuk album terbarunya, “DISCO”. Track satu ini memiliki aransemen Disco Pop dengan vibe yang slow but funky. Kylie Minogue mengungkapkan bahwa Ia akan membawakan konsep musik Disco kembali pada albumnya yang akan rilis pada 6 November mendatang tersebut.

Break My Heart – Dua Lipa

“Future Nostalgia” merupakan album Dua Lipa yang juga mengangkat konsep musik Pop Disco dengan sentuhan Funk. Salah satu single dari album tersebut yang asik untuk didengarkan adalah ‘Break My Heart’. Tidak sepenuhnya mengaplikasikan template komposisi musik 80-an, Dua Lipa mengambil referensi dari materi lama tersebut dan digabungkan dengan ciri khas musiknya yang modern.

Nights – Neon Trees

Tak hanya Dua Lipa yang patah hati, Neon Trees juga merayakan patah hati dengan menari di lantai dansa. Pada bulan Juli kemarin, Neon Trees merilis album mereka yang bertajuk “I Can Feel You Forgetting Me”. ‘Night’ menjadi salah satu track New Wave yang catchy dan asik untuk didengarkan sambil menari.

Neon Trees: I Can Feel You Forgetting Me Album Review

Midnight Sky – Miley Cyrus

Miley Cyrus tak ingin ketinggalan merayakan kembalinya era musik Disco dengan merilis single terbaru bertajuk ‘Midnight Sky’. Track satu ini memiliki sentuhan Disco yang cukup dark dengan lirik tentang wanita yang bebas, mengikuti berita putusnya Miley dari sang mantan kekasih, Cody Simpson. Tak hanya lagunya, “Midnight Sky’ memiliki video klip dengan konsep 80-an yang disutradarai sendiri oleh Miley.

Love in My Pocket – Rich Bryan

‘Love in My Pocket’ merupakan single terbaru Rich Brian yang sempat viral beberapa minggu belakangan karena konsep video klipnya yang unik. Single terbaru ini memiliki aransemen Pop Disco dengan nuansa retro yang kental.Brian juga membawakan lagu dengan vokal yang semakin meningkat dengan sedikit porsi nge-rap yang sudah menjadi core dari musisi muda satu ini.

Rich Brian: Love In My Pocket Single Review

SOUL LADY – Yukika

Yukika merupakan penyanyi solo Korea Selatan yang terkenal sudah memeluk warna musik City Pop dari awal debutnya. ‘SOUL LADY’ menjadi single utama Yukika untuk album pertamanya dengan judul serupa. Track satu ini memiliki image yang lebih powerful dan dewasa, dibawakan oleh Yukika dengan semangat percaya diri yang terpancar. Dengarkan lebih banyak track City Pop pada album Yukika yang terbaru.

Yukika: Soul Lady Album Review

pporappippam – Sunmi

Tak hanya Yukika, Sunmi juga merupakan penyanyi yang tampak menyukai berbagai hal bernuansa vintage dan retro. ‘Pporappippam’ merupakan track terbaru-nya yang semakin kental dengan nuansa City Pop. Sebelumnya, Sunmi juga telah merilis beberapa track dengan warna musik tersebut. Seperti pada track ‘Black Pearl’ dan ‘Noir’ yang juga patut kita masukan dalam playlist ini.

Lady – Yubin

Meski sudah tidak membawakan konsep City Pop pada single terbarunya, Yubin juga sempat membawakan track-track dengan warna musik tersebut. Salah satunya adalah ‘Lady’ yang dirilis sebagai single debutnya. ‘Lady’ memiliki aransemen Pop Funk dari tahun 70-an yang nostalgic, begitu juga pada konsep video klipnya. Selain ‘Lady’, ‘Thank U Soooo Much’ juga merupakan single dari Yubin yang bernuansa City Pop.

Serenata Jiwa Lara – Diskoria, Dian Sastrowardoyo

Demam City Pop juga menginspirasi beberapa musisi Indonesia, salah satunya Diskoria. Pada project lagu ‘Serenata Jiwa Lara’, mereka mengajak aktris populer Dian Sastrowardoyo untuk mengisi vokal pada lagu ini. ‘Serenata Jiwa Lara’ tak hanya memiliki aransemen musik yang khas Disco Pop 80-an lokal, liriknya pun memiliki gaya penulisan yang penuh dengan istilah-istilah lawas.

Diskoria feat. Dian Sastrowardoyo: Serenata Jiwa Lara Single Review

Panggilan Jiwa – Chiki Fawzi, Meda Kawu, Vira Talisa

‘Panggilan Jiwa’ merupakan salah satu hits populer lokal yang dibawakan oleh penyanyi legendaris Ikang Fawzi pada tahun 1981. Pada 3 Maret kemarin, Chiki Fawzi, putri Ikang Fawzi, “meminjam” lagu tersebut dan aransemen ulang untuk dibawakan bersama Meda Kawu dan Vira Talisa. Tanpa menghilangkan nuansa Pop 80-an yang sudah asik, ‘Panggilan Jiwa’ dibawakan dengan image yang lebih fresh dan feminin.

Chiki Fawzi, Meda Kawu, Vira Talisa: Panggilan Jiwa Single Review

Click to comment
Advertisement
Cultura Podcast
Connect