Connect with us
chiki fawzi

Music

Chiki Fawzi, Meda Kawu, Vira Talisa: Panggilan Jiwa Single Review

Remake lagu Ikang Fawzi bernuansa city pop dengan pesan perdamaian.

★ ★ ★ ★ ★
★ ★ ★ ★ ★

Di tengah-tengah krisis COVID-19 saat ini, banyak musisi lokal yang melakukan kampanye donasi untuk memberikan kontribusi dalam menghadapi pandemi. Chiki Fawzi menjadi salah satu musisi yang juga tergerak untuk melakukan kampanye tersebut dengan merilis lagu remake bertajuk “Panggilan Jiwa”.

Chiki mendaur ulang lagu ciptaan sang ayah, Ikang Fawzi yang dibawakan bersama penyanyi Chandra Darusman pada tahun 1981. “Panggilan Jiwa” versi Chiki dibawakan bersama Vira Talisa dan Meda Kawu, diaransemen ulang oleh Raditya Joko Bramantyo.

chiki fawzi panggilan jiwa

Selain mengalami perubahan pada aransemen musik, ada beberapa lirik yang juga diubah agar lebih relevan dengan zaman. Namun, pesan utama dalam lagu ini masih memiliki esensi yang sama dan selalu relevan dengan latar belakang Indonesia yang memiliki ragam suku, budaya, dan agama.

Lagu “Panggilan Jiwa” menggambarkan bahwa manusia terlahir beragam dan saling berbeda. Berbeda suku bangsa, latar belakang ekonomi, pendidikan, berbeda agama, pilihan politik, gender, selera musik, dan masih banyak lagi perbedaan lainnya. Namun, kita justru jangan berfokus terhadap perbedaan yang dapat menimbulkan perpecahan, justru harus mencari keselarasan di dalam perbedaan tersebut.

Chiki Fawzi masih mempertahankan aransemen musik bernuansa city pop pada versi 1981. Secara ajaib, genre musik city pop memang sedang menjadi trend musik bagi para pecinta musik retro, baik musisi baru yang menganut genre tersebut, maupun mendengarkan musik-musik lawas melalui rekomendasi YouTube. Membuat lagu ini memiliki segmentasi yang semakin luas, sebagai koleksi baru bagi para generasi muda sekaligus media nostalgia bagi para veteran. Secara mendasar, “Panggilan Jiwa” sendiri sudah menjadi salah satu lagu dengan kualitas yang komplit.

Perbedaan hanya terasa pada image lagu yang terdengar lebih feminin dan manis karena dibawakan oleh tiga penyanyi wanita. Chiki bersama Vira Talisa dan Meda Kawu masing-masing memiliki vokal merdu yang berkualitas. Ketika berpadu menjadi satu, mereka berhasil membawakan harmoni pada lagu Panggilan Jiwa.

Secara keseluruhan, Chiki Fawzi bersama musisi lainnya telah berhasil mengeksekusi project remake lagu “Panggilan Jiwa” dengan baik. Keputusan untuk tetap mempertahankan aransemen musik retro dan city pop pada lagu ini patut diapresiasi. Kolaborasi vokal antara Chiki Fawzi, Vira Talisa dan Meda Kawu merupakan unsur yang membuat lagu ini terdengar lebih fresh dan sesuai dengan selera pasar musik masa kini.

Click to comment
Advertisement
Cultura Podcast
Connect