Connect with us
film berdurasi 3 jam terbaik
Titanic (1997)

Cultura Lists

Film Berdurasi 3 Jam Terbaik

Film berdurasi panjang namun sajikan kualitas yang sayang untuk dilewatkan.

“Avatar: The Way of Water” menjadi film paling antisipatif di penghujung 2022 ini. Satu perbedaan yang sempat menjadi headline adalah durasi dari film sekuel ini. “Avatar: The Way of Water” memiliki total durasi 3 jam 12 menit.

Sutradara James Cameron pun memiliki alasan tersendiri untuk durasi sekuel yang lebih panjang dari film pertamanya. Melalui wawancara dengan Total Film, ia memiliki goal untuk menyajikan cerita yang lebih menarik dalam aspek emosional. Melibatkan elaborasi karakter, cerita, serta hubungan antar karakter.

Film dengan durasi 3 jam kerap mengintimidasi penonton umum. Padahal banyak juga film dengan durasi panjang yang sayang untuk dilewatkan. Dengan eksekusi naskah yang kaya materi dan memiliki visi yang jelas, film berdurasi panjang tidak akan membosankan.

Banyak juga yang berakhir menjadi film favorit banyak orang dan masih ditonton berkali-kali untuk mengapresiasi keindahannya kembali. Berikut sederet film berdurasi 3 jam terbaik.

Titanic (1997)

“Titanic” juga menjadi film berdurasi 3 jam yang disutradarai oleh James Cameron. Pada 1998, film yang dibintangi oleh Kate Winslet dan Leonardo DiCaprio ini memenangkan 11 penghargaan Oscar, termasuk Best Picture dan Best Director. Diangkat dari tragedi kapal paling legendaris dalam sejarah, “Titanic” fokus pada kisah percintaan di antara pasangan fiksi, Rose dan Jack.

Jika melihat plot “Titanic” secara keseluruhan, durasi selama 3 jam diisi dengan materi yang esensial, tidak sekadar dragging. Babak pertama mengajak penonton untuk melihat hubungan Rose dan Jack berkembang, merasakan cinta mereka untuk benar-benar berpihak pada kebahagian mereka.

Kemudian outcome dari babak pertama yang sukses menjadi bekal untuk mempermainkan perasaan penonton pada babak kedua, ketika kapal Titanic mulai tenggelam. Tidak rushing, prose tenggelamnya kapal disajikan secara bertahap dengan epic.

Durasi: 3 jam 14 menit

Blue Is the Warmest Colour (2013)

Satu lagi film drama percintaan yang berdurasi 3 jam dan sangat fenomenal di skena perfilman internasional, “Blue Is the Warmest Colour” arahan Abdellatif Kechiche. Film ini dibintangi oleh Adele Exarchopoulos dan Lea Seydoux.

Film ini juga bisa digolongkan sebagai drama coming of age, secara spesifik mengeksplorasi isu identitas dan orientasi seksual. Setelah putus dari kekasihnya yang laki-laki, Adele mengalami ketertarikan tiba-tiba pada perempuan berambut biru yang ia temui di jalan. Mulai dari situ’lah, Adele menemukan hasrat dan orientasi yang baru yang tak pernah ia tahu ada dalam dirinya.

Film ini sempat kontroversial dan masih jadi salah satu yang fenomenal hingga saat ini. Terutama karena adegan dewasa yang memakan durasi 7 menit tanpa dipotong. Namun, film ini lebih dari sekadar adegan sensasional tersebut.

Durasi: 3 jam

Schindler’s List (1993)

Film berdurasi 3 jam berikutnya masih dari sutradara kondang Hollywood, Steven Spielberg, “Schindler’s List”. Film epic historical drama ini diangkat dari kisah nyata tentang Oskar Schindler, anggota dari partai Nazi sekaligus pengusaha Jerman yang menyelamatkan ribuan orang Yahudi. Ia mempekerjakan mereka di pabriknya agar tidak mereka tidak dikirim ke kamp konsentrasi pada Perang Dunia II. Dengan durasi 3 jam dan sinematografi hitam putih, “Schindler’s List” jauh dari kata membosankan.

Film ini memilih untuk mengeksekusi latar film perang dalam kanvas yang besar. Lebih dari sekadar film biopik tentang Oskar Schindler, ada eksploitasi kebrutalan dan penindasan pada kaum Yahudi dalam latar yang lebih luas. Dimana topik tersebut sangat esensial untuk membentuk Schindler sebagai protagonis dalam film ini. Bagaimana kita melihat bahkan seorang Nazi pun juga bisa terketuk hatinya untuk kaum Yahudi, jika melihat krisis kemanusian yang tidak bermoral.

Durasi: 3 jam 15 menit

The Wolf of Wall Street (2013)

“The Wolf of Wall Street” merupakan film dark comedy arahan Martin Scorsese yang bertabur bintang A-list. Mulai dari Leonardo DiCaprio sebagai Jordan Belfort, Jonah Hill, Margot Robbie, dan Matthew McConaughey. Kita akan menyimak kisah biopik Jordan Belfort, yang bekerja dalam perusahaan pialang saham.

Film ini mengalami modifikasi dari materi kisah nyata Belfort, karena Scorsese memiliki visi yang lebih besar dari sekadar sajian biopik; yaitu mengekspos sisi gelap dari dunia permainan saham. Mengeksplorasi gaya hidup mewah dari uang yang tidak halal, mengangkat kejahatan kerah putih.

“The Wolf of Wall Street” mengandung konten dewasa yang grafik dan vulgar. Mulai dari naskha yang penuh dengan sumpah serapa, adegan sensual, penggunaan obat terlarang, dan penyelewangan dalam dunia saham itu sendiri. Film ini memiliki durasi yang panjang namun sangat pada materi yang informatif sekaligus mengandung hiburan dewasa yang meninggalkan kesan.

Durasi: 3 jam

The Godfather Part II (1974)

Rilisan pertama “The Godfather” pada 1972 memiliki durasi total 2 jam 55 menit, sukses menjadi Best Picture pada Oscar 1973. Kemudian “The Godfather II” yang rilis pada 1974 menambah durasi filmnya sepanjang 3 jam 22 menit. Film mafia ini kembali sukses sebagai sekuel pertama yang pernah memenangkan Best Picture di Academy Awards.

Pada film pertama kita diperkenalkan pada sosok Vito Corleone (Marlon Brando)  yang sudah sukses dalam menjalankan ‘bisnis keluarga’, serta character arch dari Michael Corleone (Al Pacino) yang kembali memeluk jati diri keluarganya. Sementara dalam Part II, kita akan melihat bagaimana keduanya menjadi pimpinan mafia dengan jalan yang berbeda.

Eksekusi plotnya pun berbeda dengan film pertama, dimana ada dua plot utama; Vito muda yang diperankan oleh Robert De Niro, sementara Michael masih diperankan oleh Al Pacino, lebih fokus pada kisahnya setelah mewarisi posisi ayahnya.

‘Revenge is a dish best served cold’ kalau kata Vito, 3 jam mengikuti perkembangan karakter Vito dan Michael akan menuju pada babak akhir dimana keduanya melakukan balas dendam dengan klimaks yang berkesan.

Durasi: 3 jam 22 menit

Avengers: Endgame (2019)

“Avengers: Endgame” merupakan babak penutupan akbar dari MCU Phase 3. Meskipun telah diumumkan bahwa durasinya mencapai 3 jam, antrian bioskopnya kala itu tetap panjang. Antusiasme ‘Endgame’ merupakan buah kesuksesan dari “Avengers: Infinity War” pada 2018. Hanya berjarak satu tahun perilisan, membuat hype dalam fandom Marvel masih tinggi, bahkan sudah tidak sabar lagi karena ending ‘Infinity War’ yang cukup menggantung.

Mungkin durasi 3 jam sudah tidak dimasukan dalam pertimbangan lagi bagi penonton. Dan benar saja, durasi yang panjang memang diisi dengan plot yang seru dan emosional. Siapa juga yang rela melewatkan bab terakhir dari MCU Phase 3 tanpa menonton langsung di bioskop? Lebih dari sekadar film superhero, pada masanya hype film ini sudah seperti euphoria umum dimana semua orang merasa tidak ingin ketinggalan trend.

Durasi: 3 jam 1 menit

The Lord of the Rings: The Return of the King (2003)

Satu lagi film sekuel dengan durasi 3 jam yang menyuguhkan presentasi terbaik adalah ‘The Return of the King’. sama seperti ‘Endgame’, film fantasi ini menjadi penutup akbar dari salah trilogy film terbaik, ‘The Lord of the Rings’ yang hype pada era awal 2000-an. tak hanya populer di skena mainstream, ‘The Return of the King’ masuk 11 nominasi Oscar 2004 dan memenangkan semua kategori nominasi tersebut! Termasuk Best Picture dan Best Director untuk Peter Jackson.

‘The Return of the King’ memang memberikan suguhan fantasi kolosal yang immersive dengan world-bulding yang sudah mantap dibangun sejak dua film pertamanya. kemudian menghadirkan sekuen perang skala besar dengan aksi, sinematografi, dan kualitas CGI serta sounds mixing yang tidak lekang oleh waktu.

Durasi: 3 jam 30 menit

The Irishman (2019)

“The Irishman” merupakan film bertema kehidupan gangster dan mafia persembahan Martin Scorsese. Rilis sebagai Netflix Original sempat membuat sutradara senior ini gelisah. Scorsese sempat menyampaikan pada penonton cara yang benar untuk streaming “The Irishman”. Dimana yang paling penting adalah menonton film ini dalam satu kali dudukan tanpa dipotong-potong. Karena durasinya sepanjang 3 jam bisa jadi terlalu panjang untuk penonton umum.

“The Irishman” menyajikan drama mafia dengan cita rasa yang mulai dirindukan ketika film ini rilis. Film ini mungkin yang paling dekat untuk mengobati rindu kita akan film seperti “The Godfather”. Film ini dibintangi oleh Robert de Niro, Joe Pesci, dan Al Pacino, tiga aktor senior yang memberikan penampilan terbaik untuk memikat penonton.

Durasi: 3 jam 29 menit

Banyak film berdurasi 1 jam setengah hingga 2 jam yang lebih membosankan dari film-film di atas. Film yang membosankan tidak dilihat dari durasinya, namun dari kualitas naskahnya.

Honourable Mention:

  • Gone with the Wind (1939) – 3 jam 58 menit
  • Spartacus (1960) – 3 jam 17 menit
  • Cleopatra (1963) – 3 jam 53 menit
  • Magnolia (1999) – 3 jam 8 menit
  • RRR (2022) – 3 jam 1 menit

10 Film Nominasi Best Picture Oscar 2023 10 Film Nominasi Best Picture Oscar 2023

10 Film Nominasi Best Picture Oscar 2023

Cultura Lists

Balada Si Roy Balada Si Roy

Balada Si Roy Review: Lika-liku Perusuh Tatanan

Film

Elvis Elvis

Elvis Review: Kisah Jatuh Bangun King of Rock and Roll 

Film

Spirited Away Spirited Away

Spirited Away: Animasi Legendaris Studio Ghibli yang Filosofis dan Penuh Makna

Film

Connect