Connect with us

Cultura Lists

10 Rekomendasi Film & Serial Bertema Mafia Terbaik

Tontonan bertema mafia buat penggemar “The Godfather” dan “Peaky Blinders”.

Tontonan bertema mafia kerap memiliki berbagai elemen yang seru dan keren bagi penggemarnya. Hiburan dengan romantisme kehidupan sindikat kriminal ini menjadi tema yang mampu membentuk fandom setia.

Contohnya saja film mafia terbaik seperti “The Godfather”. Banyak dari kita kagum dengan sosok Vito Corleone dan mengutip kalimat-kalimat bijaknya. Hingga demam “Peaky Blinders” yang membuat penggemarnya ingin menjadi sosok sekeren Thomas Shelby yang berhasil dihidupkan oleh aktor Cillian Murphy.

Buat penggemar tontonan bertema mafia, tidak semua film mafia memiliki presentasi sekeren dua judul tersebut. Judul bertema mafia sendiri memiliki spektrum tema. Kita akan memberikan rekomendasi film dan serial mafia yang dramatis dengan sekelompok pria dengan setelan necis. Menjalankan ‘bisnis’ gelap mereka dengan gaya.

Goodfellas (1990)

Henry Hill Jr. Adalah seorang mafia Amerika yang terasosiasi dengan sindikat kriminal keluarga Lucchese di New York pada tahun 1950-an hingga 1980.

Kisah kriminal yang nyata dari tokoh tersebut diadaptasi oleh Martin Scorsese menjadi salah satu film terbaiknya, “Goodfellas”. Dibintangi oleh Ray Liotta sebagai Henry Hill, Martin juga kembali mengajak dua aktor favoritnya, Robert De Niro dan Joe Pesci dalam film ini.

Carlito’s Way (1993)

Satu lagi rekomendasi film mafia dari sutradara Brian De Palma, kembali dibintangi oleh Al Pacino sebagai protagonis bernama Carlito Brigante.

Carlito telah menebus kesalahan di masa lalunya dengan menjalankan hukuman penjara. Setelah dinyatakan bebas, Ia memutuskan untuk memulai hidup baru yang lebih sejahtera. Namun, pada akhirnya Ia memahami bahwa berusaha lepas dari sindikat mafia obat terlarang merupakan usaha yang sulit.

American Gangster (2007)

“American Gangster” juga merupakan film mafia yang terinspirasi dari kisah nyata seorang mafia Amerika bernama Frank Lucas. Disutradarai oleh Ridley Scott, film ini dibintangi oleh Denzel Washington sebagai Frank Lucas, beradu akting dengan aktor terkenal Hollywood lainnya, Russell Crowe dan Chiwetel Ejiofor.

Mengungkap kisah Frank Lucas dalam menjalankan bisnis pengedaran obat terlarang di Harlem pada tahun 1960-an hingga 1970-an.

The Irishman (2019)

“The Irishman” diangkat dari buku karya Charles Brandt berjudul “I Heard You Paint Houses”. Bercerita tentang seorang supir truk yang menjadi pembunuh bayaran bernama Frank Sheeran. Ia bekerja untuk keluarga Bufalino, keluarga mafia terkuat di Amerika Serikat pada zamannya.

Sama dengan “The Godfather” film ini memiliki durasi mencapai 3 jam, namun jauh dari kata membosankan buat kita yang penggemar film mafia. Memperlihatkan hubungan Frank Sheeran dengan Russell Bufalino serta Jimmy Hoffa. Dengan partnership penuh keakraban, hingga pengkhianatan yang mengguncang hati penonton.

The Outsider (2018)

Untuk film mafia bernuansa neo-noir yang berlatar di Jepang, “The Outsider” bisa menjadi tontonan yang kalian cari. Bercerita tentang Nick Lowell yang diperankan oleh Jared Leto. Nick adalah seorang mantan tentara Amerika pada Perang Dunia II. Memutuskan menetap di Jepang setelah perang berakhir, Ia memilih jalan untuk bergabung dengan sindikat yakuza.

“The Outsider” memiliki rating yang cukup rendah di media-media utama. Padahal film ini memiliki plot dan pacing yang lebih elegan sebagai film yang hendak mengeksplorasi dunia yakuza.

The Gentlemen (2019)

Termasuk salah satu film mafia terbaru, “The Gentlemen” disutradarai oleh Guy Ritchie. Film ini bertabur bintang Hollywood terkenal, mulai dari Matthew McConaughey, Charlie Hunnam, Colin Farrell. Hugh Grant, dan Jason Wong.

Dikisahkan seorang bos mafia yang sukses, Michael Pearson, hendak menjual aset terbesarnya, sebuah “kerajaan” mariyuana dengan profit tinggi di London.

Hal tersebut akhirnya menyulut ambisi dari bos mafia lainnya untuk mengklaim aset tersebut. “The Gentlemen” merupakan film mafia dengan kisah yang fresh, dengan sentuhan komedi, serta plot yang menyenangkan untuk diikuti.

The Sopranos (1999 – 2007)

“The Sopranos” merupakan serial bertema mafia klasik populer Amerika, diciptakan oleh David Chase. Bercerita tentang Tony Soprano yang dibintangi oleh James Gandolfini, mafia berdarah Italia-Amerika yang berdomisili di New Jersey.

Serial dengan panjang 6 season ini fokus pada kisah Tony yang berusaha menjalani kehidupan seimbang antara menjadi pemimpin keluarga sekaligus pimpinan sindikat kriminal. Dimana materi psikologis Tony juga menjadi salah satu plot yang di-highlight, setiap sesi terapinya dengan Jennifer Melfi (Lorraine Bracco).

Godfather of Harlem (2019 – Sekarang)

Satu lagi serial bertema mafia dari Amerika adalah “Godfather of Harlem” yang ditulis oleh Chris Brancato dan Paul Eckstein, dibintangi oleh Forest Whitaker yang juga menjadi produser serial ini.

“Godfather of Harlem” masih termasuk serial baru yang mengudara pada 2019, sudah sampai pada season ketiganya dan masih berlanjut. Serial ini menceritakan kisah nyata Bumpy Johnson, pimpinan sindikat kriminal yang beroperasi di New York pada 1960an.

Boardwalk Empire (2010 – 2014)

Dari penulis “The Sopranos”, “Boardwalk Empire” juga serial bertema mafia yang patut ditonton di HBO. Mengudara pada 2010, memiliki total 5 season yang telah berakhir pada 2014 silam.

Episode pilot “Boardwalk Empire” diarahkan oleh sutradara kondang, Martin Scorsese. Serial ini memiliki latar period crime di New Jersey pada 1920an. Tampilan dan nuansanya cukup serupa dengan “Peaky Blinders”, hanya saja versi Amerika-nya.

Dibintangi oleh Steve Buscemi sebagai Enoch “Nucky” Thompson. Nucky adalah politikus sekaligus mafia di Atlantic City. Setelah Perang Dunia I, Ia membangun kerajaan bisnisnya di area berkembang dimana tidak ada hukum untuk menjalankan berbagai bisnis ilegal.

Narcos (2015 – 2017)

“Narcos” merupakan serial mafia dari Kolombia, diciptakan oleh Chris Brancato, Carlo Bernard, dan Doug Miro. Serial ini memiliki 3 season yang telah berakhir sejak 2017 silam. Mengangkat kisah pimpinan sindikat bisnis obat terlarang bernama Medellin Cartel dari Kolombia, Pablo Escobar.

Organisasi Escobar berhasil menghasilkan profit milyaran sebagai distributor obat terlarang jenis kokain. Serial ini fokus pada interaksi Escobar dengan Drug Enforcement Administration (DEA). “Narcos” dibintangi oleh Wagner Moura, Boyd Holbrook, dan Pedro Pascal.

The Boys Season 3 The Boys Season 3

5 Hal Yang Patut Dinantikan dari “The Boys” Season 4

Cultura Lists

Rekomendasi Tayangan Terbaru Netflix Indonesia Juni 2024

Cultura Lists

Rekomendasi Film & Serial Prime Video Juni 2024

Cultura Lists

Bachiranun Review Bachiranun Review

Bachiranun Review: Kenangan Sutradara akan Kampung Halamannya di Yonaguni

Film

Connect