Connect with us
Killers of the Flower Moon Martin Scorsese
Photo via Geektyrant.com

Cultura Lists

Best of Martin Scorsese & Where to Stream

Sederet film terbaik Martin Scorsese yang tersedia di streaming platform.

Siapa yang tak kenal pamor Martin Scorsese, Sutradara senior Hollywood ini telah menyutradarai berbagai film terbaik. Kebanyakan koleksi Scorsese adalah film tentang mafia dan film bergenre neo noir yang kelam.

Selain menghadirkan cerita dengan plot yang memikat, kekuatan utama yang sering menonjol dalam film-film Scorsese adalah presentasi protagonis dalam naskah. Kebanyakan bukan karakter-karakter yang flashy, hanya pria ‘biasa’ dalam skenario yang dramatis.

2023 ini Martin Scorsese bersiap untuk merilis film terbarunya, “Killers of the Flower Moon” yang dibintangi oleh Leonardo DiCaprio, Brendan Fraser, dan Robert De Niro. Sambil menanti film tersebut kita bisa streaming dulu film terbaik Martin Scorsese yang sudah ada di streaming platform.

The Irishman (2019)

Film bergenre drama kriminal ini diangkat dari buku karya Charles Brandt berjudul “I Heard You Paint Houses”. Bercerita tentang seorang supir truk yang menjadi pembunuh bayaran bernama Frank Sheeran. Ia bekerja untuk keluarga Bufalino, keluarga mafia terkuat di Amerika Serikat pada jamannya.

Berbeda dengan film-film mafia pada umumnya yang membuat kita bergidik dan melihat pelakunya sebagai pembunuh berdarah dingin, “The Irishman” memiliki gaya penyajian cerita yang hangat dan menyentuh sisi kemanusian kita juga bahkan untuk seorang pembunuh bayaran.

Where to stream: Netflix

The Wolf of Wall Street (2013)

“The Wolf of Wall Street” merupakan film berdasarkan kisah nyata sepak terjang Jordan Belfort di Wall Street. Ia adalah seorang stock-broker yang mencurangi permainan saham demi mendongkrak karirnya sendiri. Film Martin Scorsese satu ini menjadi salah satu yang kontroversial.

Selain mengangkat kisah dari seorang kriminal kerah putih, ada banyak adegan gaya hidup hedonis yang tidak sehat. Mulai dari penggunaan obat terlarang, penggunaan bahasa kasar, serta konten seksual. Meski demikian, film yang dibintangi oleh Leonardo DiCaprio ini sebetulnya tetap menarik sebagai sajian dark comedy.

Where to stream: Netflix

Pretend It’s a City (2021)

Fran Lebowitz adalah adalah seorang penulis asal Amerika yang menghabiskan sebagian besar masa karirnya di New York. Sementara Martin Scorsese telah berdomisili di New York sepanjang hidupnya. Dalam “Pretend It’s a City”, kita akan menyimak kedua bersahabat dengan profesi berkelas ini berbincang-bincang seputar kota New York.

Sekalipun kita tidak tinggal di New York, fakta-fakta yang dijabarkan dalam dokumenter ini akan tetap menghibur, relevan, dan menambah wawasan. Mungkin beberapa dari kita belum familiar dengan sosok Fran Lebowitz. Meski tak kenal, dijamin bakal sayang setelah menonton suguhan dari Netflix ini.

Where to stream: Netflix

The King of Comedy (1982)

“The King of Comedy” merupakan film Martin Scorsese yang dibintangi oleh Robert De Niro sebagai komedian amatir, Rupert Pupkin. Film memiliki pengaruh besar dalam film terbaik Todd Phillips sejauh ini, “Joker” (2019). Jika dibandingkan, keduanya hampir memiliki banyak elemen yang sama dalam penokohan protagonis hingga perkembangan plotnya.

Namun, “The King of Comedy” merupakan karya sumber dengan tema yang lebih ringan dan sangat minim kekerasan. Rupert memiliki angan dan ambisi yang besar untuk bisa tampil di acara talkshow yang dibawakan oleh Jerry Langford. Ketika perjuangannya dikhianati oleh ketatnya aturan dunia showbiz, Ia nekat melampaui batas untuk mewujudkan mimpinya tampil di televisi nasional.

Where to stream: Disney+ Hotstar

Goodfellas (1990)

“Goodfellas” menjadi film bertema mafia karya martin Scorsese, salah satu yang ikonik juga dalam katalog klasik. Naskah film ini diangkat dari kisah nyata Henry Hill, sesuai yang ditulis dalam novel “Wiseguy” oleh Pileggi. Dimana fokus pada kisah jatuh bangun Henry Hill dalam membangun sindikat mafia di New York pada 1955 hingga 1980.

Tidak sendirian, Henry Hill juga mengajak anggota keluarga dan teman-temannya. Film ini dibintangi oleh Robert De Niro, mendian Ray Liotta, dan Joe Pesci.

Where to stream: Apple TV

Taxi Driver (1976)

Lagi-lagi dibintangi oleh Robert De Niro, dalam “Taxi Driver” ia berperan sebagai Travis Bickle. Travis adalah seorang sopir taksi yang beroperasi di New York. Ia juga seorang veteran dari angkatan laut yang sempat membela negara di Vietnam. Suatu hari, kehidupan biasanya sebagai supir taksi kembali menemukan adrenalin ketika Travis memutuskan untuk menyelamatkan perempuan prostitusi di bawah umur.

“Taxi Driver” juga sempat jadi film yang kontroversial ketika rilis. Karena motif peran John Hinckley Jr. yang hendak membunuh Presiden Ronald Reagan. Namun hal tersebut tak mengurangi kepopuleran film ini sebagai salah satu film neo noir terbaik.

Where to stream: Apple TV

Shutter Island (2010)

“Shutter Island” menjadi film terbaik Martin Scorsese yang underrated. Film ini dibintangi oleh Leonardo DiCaprio, Mark Ruffalo, dan Ben Kingsley. Bercerita tentang dua investigator kepolisian, mereka ditugaskan untuk menemukan pasien berbahaya yang menghilang di institusi mental di pulau terpencil. Namun, secara perlahan plot menyajikan kejutan dan twist yang mempermainkan pemahaman kita akan kisah sesungguhnya.

Meski beberapa dari kita sudah menonton, mengingat film ini sudah cukup sering diputar di stasiun televisi lokal, “Shutter Island” merupakan salah satu jenis film yang memiliki keseruannya sendiri setiap kali ditonton ulang. Ada banyak detail yang menarik untuk dieksplorasi dari protagonis. Bagaimana interaksinya dengan latar dan karakter-karakter lainnya.

Where to stream: Prime Video, Vidio

Raging Bull (1980)

“Raging Bull” merupakan film biografi sosok petinju Jake LaMotta, berdasarkan kisah hidupnya yang ditulis dalam “Raging Bull: My Story” pada 1970. Film ini dibintangi oleh Robert De Niro sebagai Jake LaMotta, bersama Joe Pesci, Cathay Moriarty, dan Nicholas Colasanto.

Jake LaMotta adalah seorang petinju berdarah Italia-Amerika, ia memiliki ambisi besar untuk menjadi yang terbaik. Namun, ia memiliki kualitas pribadi yang menghancurkan diri sendiri, penuh rasa iri, serta mudah marah dan berujung pada kekerasan. Menghancurkan kehidupan pribadinya, hubungannya dengan orang-orang tercinta, serta terutama karirnya sebagai petinju.

Where to stream: Prime Video

10 Film Nominasi Best Picture Oscar 2023 10 Film Nominasi Best Picture Oscar 2023

10 Film Nominasi Best Picture Oscar 2023

Cultura Lists

Balada Si Roy Balada Si Roy

Balada Si Roy Review: Lika-liku Perusuh Tatanan

Film

Elvis Elvis

Elvis Review: Kisah Jatuh Bangun King of Rock and Roll 

Film

Spirited Away Spirited Away

Spirited Away: Animasi Legendaris Studio Ghibli yang Filosofis dan Penuh Makna

Film

Connect