Cultura Lists

10 Aktor dengan Penampilan Menyanyi Terbaik dalam Film

Musisi bernyanyi sebagai diri sendiri, aktor bermain peran sebagai penyanyi. 

Bernyanyi sebagai musisi dengan bernyanyi sebagai aktor dalam film merupakan dua hal berbeda. Lebih dari sekadar pertunjukan vokal yang memukau, aktor juga mampu berakting. Musisi bernyanyi sebagai dirinya sendiri, sementara aktor memproyeksikan peran dari naskah. Terkadang mereka bernyanyi sebagai musisi legendaris dalam film biopik, atau memerankan karakter orisinal dengan penokohan dan arahan sutradara.

Dalam daftar berikut, kita akan menyimak aktor-aktor yang berakting sebagai musisi. Lebih dari sekadar memiliki vokal sekelas musisi profesional, mereka mampu membuat karakter yang diperankan lebih berkesan dengan penampilan bernyanyinya. Berikut sederet penampilan menyanyi terbaik oleh aktor dalam film.

Oscar Isaac – Inside Llewyn Davis (2013)

Oscar Isaac bukan aktor yang aktif dalam dunia tarik suara, namun Ia bisa bermain gitar dan memiliki kualitas vokal yang secara mengejutkan sangat memukau. Dalam “Inside Llewyn Davis” Ia menjadi seorang musisi folk dengan penampilan yang sangat otentik.

Film arahan Coen bersaudara ini bisa menjadi film yang membosankan tanpa aktor yang tepat. Namun, Isaac memberikan vibe yang sangat menyakinkan sebagai musisi folk yang telah bernyanyi selama bertahun-tahun. Oscar Isaac benar-benar bernyanyi dan bermain gitar untuk semua penampilannya dalam “Inside Llewyn Davis”.

Jessica Chastain – The Eyes of Tammy Faye (2021)

Penampilan Jessica Chastain sebagai Tammy Faye telah membawanya pada piala Oscar pertamanya pada Academy Awards 2022. Chastain memberikan penampilan yang otentik dan menyakinkan sebagai Tammy Faye. Sebagai istri pemimpin komunitas agama, pembawa acara saluran rohani dengan penampilan mencolok, sekaligus penyanyi lagu-lagu rohani yang emosional.

Kita mungkin tak perlu mencari informasi di internet untuk yakin bahwa Chastain benar-benar bernyanyi dalam film ini. Karena setiap Ia bernyanyi, mulai dari getaran, kegugupan, dan emosi religi yang Ia rasakan terlihat nyata. Inilah contoh paling tepat untuk ‘aktor yang berakting menyanyi’.

Ferdia Walsh-Peelo – Sing Street (2016)

John Carney merupakan ahlinya dalam menciptakan film bertema musik. Bukan film musikal, namun film tentang perjalanan seorang musisi dalam melakukan apa yang menjadi hasrat mereka; bermusik. Salah satu film bertema musik terbaik adalah “Sing Street”.

Sebuah film coming of age tentang remaja Dublin yang membuat band untuk merayu gadis idamannya. Ferdia Walsh-Peelo menjadi cast sempurna sebagai Cosmo. Carney sangat beruntung bisa menemukan aktor sekaligus musisi berbakat untuk film ini. Penampilan Peelo akan membuat kita berharap Sing Street merupakan band fiksi yang menjadi nyata.

Keira Knightley – Begin Again (2013)

Selain “Sing Street”, “Begin Again” menjadi film John Carney yang memiliki banyak penggemar. Bukan karena penampilan Adam Levine, justru karena penampilan Keira Knightley sebagai Greta. Setelah dicampakan kekasihnya yang semakin terkenal, Greta membentuk band indie-nya sendiri dengan bantuan seorang produser.

Penampilan, vibe, dan warna vokal Knightley dalam “Begin Again” sangat sempurna sebagai musisi indie yang menyanyikan lagu-lagu heartwarming. Keira Knightley juga menampilkan kebolehannya bermain gitar dalam film ini. Satu lagi karakter musisi fiksi yang kita harap menjadi nyata.

Brie Larson – Scott Pilgrim Vs. The World (2010)

Penampilan band fiksi The Clash at Demonhead dalam “Scott Pilgrim Vs. The World” bisa jadi merupakan penampilan panggung terbaik dalam film adaptasi komik ini. Brie Larson berperan sebagai Envy Adams yang memikat sebagai vokalis utama band rock tersebut.

Meski hanya tampil sekali membawakan lagu ‘Black Sheep’, tidak ada yang bisa melupakan penampilan Brie Larson sebagai penyanyi rock yang seksi dalam film ini. Larson tak hanya didandani sebagai penyanyi rock perempuan yang komikal, aktingnya yang maksimal telah berhasil meninggalkan kesan pada karakter Envy Adams.

Emma Stone – La La Land (2016)

“La La Land” menjadi film yang membawa Emma Stone pada piala Oscar pertamanya pada 2017 silam. Ia berperan sebagai Mia, wanita muda yang memiliki mimpi besar sebagai aktris Hollywood. Emma Stone tampak natural sebagai stereotip aktris perintis Hollywood yang masih mencari jalannya menuju kesuksesan.

Kita bisa melihat betapa menawan Mia, namun rupawan saja tak cukup untuk menjadi aktris. Penampilannya ketika bernyanyi ‘The Fool Who Dream’ dalam adegan audisi merupakan yang terbaik jika dibandingkan dengan penampilan populer dalam film ini. Adegan tersebut merupakan definisi sempurna bernyanyi sambil berakting.

Naomi Scott – Aladdin (2019)

Daripada Aladdin yang seharusnya menjadi protagonis, naskah live action “Aladdin” cukup bias dengan Jasmine yang diperankan oleh Naomi Scott. Kita tahu bahwa ‘Speechless’ merupakan lagu baru yang tidak ada di versi animasi orisinalnya. Namun, ‘Speechless’ tetap berhasil mendapatkan spotlight dalam film live action adaptasi ini.

Hal tersebut tak lepas dari kemampuan vokal Naomi Scott yang secara mengejutkan sangat memukau. Tak heran jika “Aladdin” menjadi batu loncatan besar bagi Naomi Scott di Hollywood.

Andrew Garfield – Tick, Tick… Boom!? (2021)

“Tick, Tick… Boom?!” menjadi penampilan debut Andrew Garfield dalam film musikal. Banyak yang mengantisipasi penampilan Garfield sebagai Jonathan Larson dalam film biopik tersebut. Setelah populer sebagai Spider-Man, bereksplorasi dengan peran-peran yang lebih menantang dan variatif, Andrew Garfield ternyata masih mempunyai kartu lain; bahwa dirinya bisa bernyanyi.

Ia telah menjadi aktor yang paling tepat untuk memerankan sutradara teater berbakat yang harus pergi lebih cepat. Penampilan Garfield telah menjadi persembahan yang layak untuk mengenang Jonathan Larson.

Jack Black – School of Rock (2003)

“School of Rock” merupakan film bertema musik ikonik dari Richard Linklater. Semua anak yang terlibat dalam film ini menunjukan kebolehan mereka dalam bernyanyi dan memainkan instrumen musik. Termasuk Jack Black yang berperan sebagai Dewey Finn yang mengaku sebagai guru untuk bekerja di sekolahan swasta.

Meski bukan penampilan rockstar terbaik secara umum, semangat Dewey Finn sebagai rocker yang tak pernah mati berhasil diwujudkan oleh Jack Black. Black bernyanyi dan memainkan sebagian adegan bermusik, kecuali pada penampilan gitar solo di atas panggung.

Jorge Garcia – Nobody Knows I’m Here (2020)

“Nobody Knows I’m Here” bisa jadi salah satu Netflix Original Movie yang underrated. Bercerita tentang seorang pria yang mengalami trauma masa kecil dan hidup mengasingkan diri. Hingga suatu hari identitasnya terungkap oleh dunia setelah footage dirinya bernyanyi tersebar di internet. Jorge Garcia sebagai Memo Garrido dalam film ini patut mendapatkan apresiasi lebih.

Esensi film secara keseluruhan merupakan perjalanan Memo untuk membuktikan siapa dirinya. Seorang penyanyi berbakat yang disia-siakan. Ia mungkin hanya tampil menyanyi sekali, namun adegan tersebut meninggalkan kesan yang mendalam.

Bernadetta Yucki

Writer, hardcore movie enthusiast who believes in pop culture.

Share
Published by
Bernadetta Yucki