Connect with us
The Grand Budapest Hotel (2014)
The Grand Budapest Hotel (2014)

Cultura Lists

7 Rekomendasi Film Wes Anderson di Disney+ Hotstar

Sederet film terbaik Wes Anderson, mulai dari animasi hingga drama quirky. 

Wes Anderson sudah bukan nama yang asing lagi buat kita penggemar film. Sutradara asal Houston, Texas ini khas dengan sederet film drama komedinya yang unik. Mulai dari signature-nya dengan sinematografi tegak lurus nan simetris, hingga naskah orisinal yang kreatif.

Meski setiap film Anderson memiliki nuansa, gaya humor, hingga gaya narasi yang hampir serupa, selalu ada ide core terbaru yang patut kita tonton. Baik sebagai hiburan hingga referensi artistik.

Banyak film Wes Anderson kini tersedia di Disney+ Hotstar. Mulai dari judul terbaik yang memenangkan banyak penghargaan Oscar, serta film animasi stop-motion khas Anderson. Ada berbagai pilihan yang bisa kita tonton sendiri maupun bersama keluarga.

Rushmore (1998)

“Rushmore” merupakan film semi autobiografi Wes Anderson yang kurang lebih serupa dengan masa remajanya. Dibintangi oleh Jason Schwartzman sebagai Max Fischer, seorang pelajar di Rushmore Academy. Ia memiliki berbagai talenta kecuali dalam bidang akademik. Max juga jatuh cinta dengan gurunya sendiri, Ms. Cross.

“Rushmore” termasuk film pada masa awal karir Anderson sebagai sutradara. Meski secara produksi belum semaksimal film-film besarnya sekarang, kita sudah bisa melihat trademark Anderson yang orisinal.

The Royal Tenenbaums (2001)

“The Royal Tenenbaums” merupakan film drama keluarga disfungsional. Bercerita tentang tiga anak berbakat dan sukses dari keluarga Tenenbaums. Chas Tenenbaums (Ben Stiller) adalah ahli matematika dan pebisnis. Margot Tenenbaums (Gwyneth Paltrow) adalah anak adopsi yang berbakat dalam menulis. Sementara Richie Tenenbaums (Luke Wilson) sukses sebagai atlet tenis.

Meski berhasil dalam karir, ketiga bersaudara ini cukup jauh dan tidak tumbuh besar dalam keluarga yang harmonis. Hingga kesempatan untuk bersatu datang ketika ayah mereka dikabarkan tidak memiliki umur yang panjang lagi.

The Darjeeling Limited (2007)

Satu lagi film bertema keluarga dari Wes Anderson yang ada di Hotstar adalah “The Darjeeling Limited”. Dibintangi oleh Jason Schwartzman, Owen Wilson, dan Adrien Brody sebagai tiga bersaudara. Setelah ayah mereka meninggal, mereka memutuskan untuk traveling ke India untuk mendapatkan penyembuhan dan pencerahan. Referensi kebudayaan India dengan gaya sinematik Anderson berpadu sempurna menjadi sajian yang artistik.

The Life Aquatic with Steve Zissou (2004)

Ketika sedang mengerjakan proyek dokumenter, rekan kerja Steve Zissou (Bill Murray) meninggal secara misterius karena serangan hiu. Bersama krunya, Steve merencanakan eksplorasi bawah laut untuk mengungkap kematian rekannya. Film ini bertabur bintang Hollywood, mulai dari Owen Wilson, Anjelica Huston, Willem Dafoe, Cate Blanchett, Noah Baumbach, dan Jeff Goldblum.

The Grand Budapest Hotel (2014)

“The Grand Budapest Hotel” menjadi film dengan pencapaian tertinggi dan era baru bagi karir Wes Anderson. Mendominasi Academy Awards 2015 dengan total 9 nominasi termasuk Best Picture dan Best Director. Namun, film ini unggul dalam kategori nominasi tekniknal. Mulai dari desain produksi, tata rias dan rambut, kostum, dan musik latar terbaik.

Gustave H (Ralph Fiennes) menjadi kambing hitam ketika pemilik Grand Budapest Hotel meninggal. Ia pun melakukan petualangan bersama pelayanan lobby hotel (Tony Revolori) untuk membuktikan bahwa dirinya tidak bersalah.

The French Dispatch (2021)

“The French Dispatch” merupakan film terbaru Wes Anderson yang layak mendapatkan apresiasi lebih. Bahkan seharusnya mampu melampaui kesuksesan “The Grand Budapest Hotel”. Film ini merupakan surat cinta Wes Anderson pada jurnalis dengan latar belakang redaksi koran fiksi di Amerika pada abad ke-20.

“The French Dispatch” mencapai terbitan terakhirnya ketika kepala editor mereka meninggal. Sebagai bentuk penghormatan terakhir, setiap jurnalis dalam redaksi memuat berbagai artikel unik. Berbagai artikel tersebut kemudian dipresentasikan dalam bentuk kisah anthology dalam naskah film. Film Anderson satu in juga bertabur bintang Hollywood senior hingga yang baru naik daun belakangan.

Isle of Dogs (2018)

Kobayashi adalah Walikota Megasaki pecinta kucing dan membenci anjing. Ketika flu anjing mewabah, Ia tak ambil langsung menjalankan program khusus. Ia mengirim setiap anjing di Megasaki ke Trash Island untuk diasingkan, hingga tak ada satu anjing pun tersisa. Namun keponakannya, Atari, kabur ke Trash Island untuk menyelamatkan anjingnya, Spots. “Isle of Dogs” merupakan film animasi stop-motion persembahan Wes Anderson sebagai pecinta anjing dan kebudayaan Jepang.

Triangle of Sadness Triangle of Sadness

Triangle of Sadness Review: Satir Tentang Kesetaraan Duniawi

Film

first blood 1982 first blood 1982

First Blood Review: Awal Perjuangan Rambo Menghadapi Trauma Perang 

Film

Violent Night Violent Night

Violent Night Review: Kisah Santa Claus yang Hangat Namun Brutal

Film

Disenchanted Disenchanted

Disenchanted Review: Reuni Semarak yang Kehilangan Keajaiban Musikalnya

Film

Connect