Connect with us
Rekomendasi Film Mind-Bending Seperti Tenet
Tenet (2020)

Cultura Lists

10 Rekomendasi Film Mind-Bending

Tenet mundur tanggal rilis lagi, berikut deretan rekomendasi film serupa.

Tenet merupakan salah satu film Christopher Nolan yang paling dinanti musim panas ini. Direncanakan rilis pada 17 Juli 2020, Warner Bros. memutuskan untuk menunda tanggal rilis menjadi 30 Juli karena pandemi COVID-19.

Melihat situasi yang tidak membaik juga, dilansir dari Variety, film ini harus mundur lagi tanggal rilisnya menjadi 2 Agustus mendatang. “Warner Bros. berkomitmen untuk membawakan ‘Tenet’ pada penonton di bioskop, pada layar lebar, ketika pihak penyelenggara siap dan kesehatan publik secara resmi menyatakan sudah waktunya”, ungkap perwakilan dari Warner Bros.

Tenet merupakan film suspense thriller yang dibintangi oleh John David Washington dan Robert Pattinson, dimana keduanya mendapatkan misi untuk menghentikan Perang Dunia III. Melalui trailernya, kita dapat melihat bahwa film ini juga mengandung plot mind-bending yang telah menjadi ciri khas film Christopher Nolan seperti Inception (2010). Daripada kecewa karena belum bisa ke bioskop dulu, berikut rekomendasi film mind-bending seperti “Tenet”.

Memento (2000)

Memento merupakan salah satu film terbaik dari sutradara Christopher Nolan yang patut ditonton. Cerita berpusat pada Leonard Shelby, yang memiliki kondisi amnesia setiap beberapa menit. Meski dengan keterbatasan memori, Ia berusaha memburu pembunuh istrinya melalui catatan dan tato sebagai pengingat.

Yang membuat film ini berbeda dari film suspense pada umumnya adalah teknik editing dan plot yang diacak oleh Nolan untuk “menantang” penonton menganalisa alur cerita yang sesungguhnya.

Predestination (2014)

Banyak dari film bertema mind-bending melibatkan perjalanan waktu untuk mengelabui penontonnya. Salah satunya adalah Predestination yang dibintangi oleh Ethan Hawke sebagai seorang agen rahasia yang kerap melakukan misi perjalanan waktu untuk mencegah tindak kriminal. Hingga akhirnya sebelum pensiun, Ia harus menjalankan misi yang tak hanya membawanya dalam perjalanan waktu, namun perjalanan untuk menemukan jati diri dan takdirnya.

12 Monkeys (1995)

12 Monkeys disutradarai oleh Terry Gillam dan dibintangi oleh Bruce Willis sebagai James Cole. Sebagai seorang tahanan penjara pada tahun 2035, Ia ditawarkan sebuah misi perjalanan ke masa lalu untuk mengingatkan orang tentang pandemi yang sedang melanda bumi di masa depan. Sebagai imbalannya, James akan menerima keringan hukuman.

Film ini mengandung plot perjalanan waktu yang cukup intense hingga membuat kita merasakan kelelahan yang dirasakan oleh James Cole sendiri. 12 Monkeys memiliki unsur fiksi ilmiah, psychological drama, dan latar negeri dystopian.

Coherence (2013)

Coherence merupakan film drama suspense dengan latar yang secara teknis hanya di satu tempat saja, namun ceritanya dijamin akan membuat penonton lelah berpikir. Delapan orang teman sedang mengadakan pesta malam yang hangat. Namun, ketika fenomena komet yang melewati bumi berlangsung, keanehan mulai terjadi dalam pesta mereka.

Coherence cocok buat yang menyukai film dengan konten alternative universe berantai. Film ini akan membuat paranoid dengan sebuah kemungkinan ada diri kita yang lain di alam semesta lainnya.

Mr. Nobody (2009)

Salah satu film mind-bending yang keterlaluan absurdnya adalah Mr. Nobody karya Jaco Van Dormael. Dibintangi oleh Jared Letto sebagai Nemo, manusia terakhir yang masih hidup hingga tahun 2092. Mendekati ajalnya, Nemo melakukan perjalanan refleksi diri tentang kehidupannya yang digambarkan dalam visual ala film fiksi ilmiah.

Meski sebetulnya Mr. Nobody secara garis sederhana merupakan film drama kehidupan. Kita akan dibawa ke berbagai alternatif kehidupan Nemo jika saja ia mengambil keputusan yang berbeda saat orang tuanya bercerai.

Shutter Island (2010)

Shutter Island merupakan film psychological suspense yang disutradarai oleh Martin Scorsese dan dibintangi oleh Leonardo DiCaprio, Ben Kingsley, dan Mark Ruffalo. Teddy Daniels bersama partner kerja barunya, Chuck Aule dikirim ke sebuah pulau dimana sebuah rumah sakit jiwa berdiri. Dalam misi tersebut, Teddy dan Chuck diminta untuk menangani kasus hilangnya seorang pasien.

Dengan unsur drama melankolis yang memilukan, Shutter Island selalu memiliki perspektif baru bagi kita setiap kali menonton film ini.

Cam (2018)

Lola alias Alice adalah seorang webgirl di sebuah website hiburan orang dewasa. Setelah melanggar aturan yang Ia buat sendiri, Alice harus berhadapan dengan sosok misterius yang mencuri akun webgirl-nya.

Cam merupakan salah satu Netflix Original Movie suspense thriller terbaik dengan alur cerita yang penuh misteri dan menegangkan. Tak hanya menampilkan kisah yang menarik untuk diikuti, visual dan sinematografi merah muda dan neon dalam film ini akan sangat menghibur mata.

Perfect Blue (1997)

Berikutnya merupakan film yang datang dari industri animasi Jepang, Perfect Blue karya animator Satoshi Kon. Kita akan dibawa dalam perjalanan mental Mima Kirigoe yang berjuang melalui transisi dari anggota idol grup bercitra manis, menuju aktris yang lebih dewasa.

Melalui teknik animasi dan editing yang tidak biasa khas Satoshi Kon, film animasi ini dijamin akan membuat kita sama pusingnya dengan Mima yang mengalami disorientasi ruang dan waktu. Perfect Blue merupakan film yang patut ditonton sekalipun bagi kita yang bukan penggemar hiburan animasi Jepang.

Pintu Terlarang (2009)

Pintu Terlarang merupakan film suspense thriller karya sutradara nyentrik Indonesia, Joko Anwar. Pada masanya, film ini kurang mendapatkan perhatian karena genre-nya yang jauh dari selera pasar yang masih marak dengan film genre romcom dan horror.

Dibintangi oleh Fachry Albar sebagai Gambir, pematung muda yang sukses dengan rahasia pada setiap patung buatannya. Hingga suatu hari Ia merasakan panggilan dari seorang anak kecil yang meminta tolong padanya.

Pintu Terlarang mungkin memiliki cerita yang cukup biasa jika dibandingkan dengan film bergenre serupa dari Hollywood. Namun, Joko Anwar bisa dibilang cukup ambisius dan berani membuat film ini untuk memberi dampak pada kelanjutan film di tanah air.

Modus Anomali (2012)

Masih dari sutradara Joko Anwar, Modus Anomali merupakan film thriller suspense yang dibintangi oleh Rio Dewanto. Seorang pria terbangun di hutan dengan ingatan terbatas, Ia bahkan tidak ingat namanya sendiri. Setelah memahami dirinya terpisah dari istri dan anak-anaknya, Ia pun berusaha menyelamatkan mereka dari sosok misterius yang meneror dirinya di setiap sudut hutan.

Meski tidak semantap Pintu Terlarang, Modus Anomali cukup menarik untuk ditonton karena memiliki cerita original dengan genre suspense yang masih jarang di Indonesia.

Pintu Terlarang dan Modus Anomali sudah bisa kita stream di Netflix. Disarankan untuk tidak mencari informasi terlalu banyak sebelum menonton film-film dengan cerita bersifat mind-bending. Kebanyakan dari film ini memiliki plot twist yang akan hilang keseruannya jika diketahui sebelum menonton.

Click to comment
Advertisement
Cultura Podcast
Connect