Connect with us
Rekomendasi Film Tentang Keluarga Disfungsional
Little Miss Sunshine (2006)

Cultura Lists

10 Rekomendasi Film Bertema Road Trip Terbaik

Film bertema road trip dengan perjalanan seru hingga inspiratif. 

Film bertema road trip atau perjalanan kerap menjadi latar film drama yang menarik. Mulai dari film drama keluarga, drama komedi, percintaan, hingga drama kehidupan yang memberikan pengalaman menarik bagi penontonnya. Film dengan latar perjalanan juga bisa menjadi media traveling lewat film. Banyak film dengan tema ini mencari panorama dan rute perjalanan untuk mendukung sinematografi yang epic.

Layaknya menciptakan perjalanan yang tak mudah untuk dilupakan, baik dalam segi cerita maupun kenangan visual. Kita juga pasti memiliki memori personal akan perjalanan yang menyenangkan, haru, maupun penuh dengan kesialan. Namun selalu ada kenangan dan pelajaran yang bisa kita dapatkan dari suatu perjalanan. Berikut sederet film bertema road trip terbaik yang patut ditonton.

3 Hari Untuk Selamanya (2007)

Ambar bangun kesiangan dan ketinggalan penerbangan ke Jogja untuk menghadiri pernikahan kakaknya. Mau tak mau, Ia akhirnya berangkat bersama sepupunya, Yusuf. Mereka melakukan road trip ke Jogja bersama, sekalian mampir ke berbagai tempat. Melalui berbagai pengalaman bersama sambil bicara tentang adulthood. “3 Hari Untuk Selamanya” merupakan film drama road trip yang dibintangi oleh Nicholas Saputra dan Adinia Wirasti.

Mudik (2019)

Perjalanan mudik menjelang Hari Raya Lebaran biasanya menjadi momen yang seru dan menyenangkan. Namun pasangan suami istri, Firman dan Aida memulai dan mengalami mudik terburuk dalam hidup mereka. Dimana mereka tak sengaja menabrak orang dan memutuskan untuk bertanggung jawab. Belum beres mengurus masalah baru, pernikahan mereka juga sedang diujung tanduk. “Mudik” merupakan film drama berlatar lebaran yang tayang di Mola TV. Dibintangi oleh Ibnu Jamil, Putri Ayudya, dan Asmara Abigail.

Drive My Car (2021)

Pemenang Best International Feature Film yang pada ajang Oscar tahun ini, “Drive My Car” bisa di-streaming di KlikFilm. Bercerita tentang seorang aktor yang sudah menduda, Ia masih belum move on dari istri yang sangat Ia cintai. Ketika Ia membutuhkan seorang sopir untuk perjalanan luar kota, Ia mendapatkan sopir perempuan usia 20-an. Sempat ragu, akhirnya Ia bersedia juga diantar oleh perempuan tersebut. Interaksi dan hubungan yang spesial pun terjadi secara tidak terduga selama perjalanan di antara mereka berdua.

Little Miss Sunshine (2006)

Keluarga Hoover melakukan perjalanan ke California demi mendukung putri termuda mereka, Olive, berkompetisi di ajang kecantikan anak-anak. Dengan segala keterbatasan tanggung jawab dan finansial, keluarga Hoover memutuskan pergi bersama-sama dengan naik minivan yang bobrok. Ibu Olive adalah wanita yang overwork, ayahnya seorang motivator yang tidak sukses, kakaknya membisu demi masuk AU, kakeknya yang nyentrik dan pamannya yang suicidal juga ikut mengantarkan ke California.

“Little Miss Sunshine” merupakan salah satu film bertema road trip terikonik. Tentang keluarga disfungsional, menghadapi kegagalan, membangun rasa percaya diri, semuanya dibungkus dalam sajian komedi sekaligus drama keluarga yang bermakna. Film ini dibintangi oleh Steve Carell, Toni Collette, Paul Dano, dan Abigail Breslin yang saat itu masih imut.

One for the Road (2021)

Ketika karir Boss sebagai pemilik kafe tidak terlalu bagus di New York, Ia menerima telepon dari sahabatnya di Thailand, Aood. Mereka merencanakan perjalanan di Thailand bersama untuk terakhirnya karena Aood divonis kanker. Boss pun menemani sahabatnya tersebut menuntaskan keinginan terakhirnya, yaitu menemui mantannya kembali.

“One for the Road” merupakan film drama Thailand arahan sutradara Nattawut Poonpiriya, yang sebelumnya juga sukses di Netflix dengan “Bad Genius” (2017).

Our Ladies (2019)

Sekelompok siswi dari sekolah katolik di Skotlandia melakukan field trip ke Edinburgh untuk mengikuti kompetisi choir. Daripada menginginkan kemenangan, mereka justru ingin menikmati ‘liburan’ liar di Edinburgh. Mulai dari berkencan dengan pria asing, masuk klub, pergi karaoke, hingga berbelanja. Namun tak hanya bersenang-senang, setiap karakter mendapatkan pengalaman baru di tahun-tahun terakhir mereka sebagai remaja SMA.

“Our Ladies” merupakan drama coming of age berlatar pada tahun 90-an di Skotlandia. Film ini bisa didefinisikan sebagai perpaduan antara serial remaja “Euphoria” dengan sitkom “Derry Girls”. Seragam mereka bahkan sangat mirip dengan Erin dan kawan-kawan di sitkom tersebut.

Nomadland (2020)

Fern merelakan rumahnya dan memulai kehidupan baru sebagai pengembara di era modern. Bertemu dengan pengembara modern lainnya, Ia mendengar cerita, membangun hubungan spesial, dan mendapatkan pelajaran baru yang mengubah gaya hidupnya. “Nomadland” merupakan film drama terbaik yang berjaya pada ajang Oscar 2021. Memenangkan penghargaan Best Directing, Best Actress, hingga dinobatkan sebagai Best Picture.

Film ini diangkat dari novel yang ditulis dari pengalaman nyata. “Nomadland” juga melibatkan pengembara-pengembara asli sebagai aktris yang bermain sebagai dirinya sendiri dalam film arahan Chloe Zhao ini.

Green Book (2018)

“Green Book” merupakan film bertema road trip terbaik yang dinobatkan sebagai Best Picture pada 2019 silam. Diangkat dari perjalanan nyata pada 1962. Seorang pianis Amerika-Afrika, Don Shirley, melakukan perjalanan bersama seorang supir sekaligus bodyguard-nya, Tony Lip. Film ini dibintangi oleh Mahershala Ali dan Viggo Mortensen, disutradarai oleh Peter Farrelly.

Nebraska (2013)

Woody Grant adalah pria tua yang keras kepala, Ia yakin bahwa dirinya memenangkan lotre dengan hadiah uang dalam jumlah besar dan harus mengambil hadiah tersebut ke Nebraska. Ketika semua anggota keluarga dan penduduk kota meragukan Woody, anaknya, Andrew Grant menjadi satu-satunya orang yang mau mengantar ayahnya ke Nebraska.

Film arahan Alexander Payne ini merupakan film modern dengan eksekusi hitam putih. Memadukan black comedy dengan kisah hubungan ayah dan anak yang menyentuh. Kita akan menyimak perjalanan Andrew bersama ayahnya menuju Nebraska, sekalian berkunjung ke kampung halaman sang ayah. Menguak berbagai kisah keluarga hingga masa mudah ayahnya. Seiring perjalanan, Andrew semakin mengenal ayahnya yang mungkin tak lama lagi meninggalkannya.

The Fundamentals of Caring (2016)

Satu lagi film road trip dengan genre komedi yang bisa ditonton di Netflix adalah “The Fundamentals of Caring”. Dibintangi oleh Craig Roberts, Selena Gomez, dan Paul Rudd. Ben adalah seorang penulis gagal yang akhirnya melepaskan mimpinya dan beralih profesi sebagai pengurus orang disable. Ia akhirnya berkerja sebagai perawat untuk Trevor yang lumpuh.

Suatu ketika, keduanya melakukan perjalanan ke berbagai situs wisata. Selama perjalanan, mereka semakin terbuka saat berinteraksi dan mulai menemukan harapan dan persahabat.

Big Night! Big Night!

Big Night! Review: Tragicomedy yang Merekam Realitas Sosial Kaum Miskin Filipina

Film

Apakah James Bond Harus Selalu Kulit Putih?

Culture

avatar remastered 2022 avatar remastered 2022

Avatar Review: Masih Relevan untuk Penonton Masa Kini

Film

The Outsider Review The Outsider Review

10 Film Hollywood dengan Estetika Jepang

Cultura Lists

Connect