Connect with us
Fundamentals of Caring Review
Netflix

Film

The Fundamentals of Caring: Perjuangan Paul Rudd Menjadi Seorang Pengasuh

Salah satu drama komedi ringan yang bisa dinikmati di Netflix.

★ ★ ★ ★ ★
★ ★ ★ ★ ★

Saat melihat posternya pertama kali, kita akan dibuat tertarik dengan komposisi aktor dan aktris yang ada pada film ini. Dalam poster tersebut kita bisa melihat figur seorang aktor legendaris, Paul Rudd. Selain Paul, kita juga bisa melihat Craig Roberts, yaitu seorang aktor asal Inggris yang terkenal setelah memerankan tokoh Oliver Tate di film Submarine (2010). Di sisi kanan poster, kita bisa melihat dengan jelas seorang mantan aktris cilik dan juga penyanyi terkenal, yaitu Selena Gomez.

The Fundamentals of Caring (2016) merupakan sebuah film karya Rob Burnett yang diadaptasi dari novel karya Jonathan Evison yang berjudul ‘The Revised Fundamentals of Caregiving’.

Kisah Perjuangan Dua Tokoh Utama dalam Mencari Arti Kehidupan

Dalam film ini, Paul Rudd berperan sebagai seorang pria bernama Ben. Hubungan rumah tangga yang merenggang membuat Ben dan istrinya semakin menjauh. Akhirnya, sang istri meminta Ben untuk menceraikannya. Namun, karena satu dan lain hal, Ben terus menolak permintaan istrinya.

Ben adalah seorang penulis novel. Sayangnya, Ben bukanlah seorang penulis yang terkenal dan buku yang ia jual juga tidak diterima baik di pasaran. Hilangnya semangat untuk menulis ditambah permasalahan dengan sang istri membuat Ben kehilangan arah hidupnya. Sampai akhirnya ia memutuskan untuk mengikuti sebuah pelatihan untuk menjadi seorang pengasuh atau caregiver.

Fundamentals of Caring

Netflix

Setelah menyelesaikan pelatihan, Ben akhirnya mendapatkan kesempatan untuk bekerja menjadi seorang pengasuh. Keluarga pertama yang ia datangi hanya terdiri dari dua anggota, yaitu seorang ibu dan anak muda penyandang disabilitas. Anak muda itu bernama Trevor (Craig Roberts). Trevor menderita penyakit genetik bernama Duchenne Muscular Dystrophy (DMD). Penyakit itu menyerang otot, sehingga otot dalam tubuhnya tidak dapat berfungsi dengan baik.

Walaupun memiliki masalah dengan otot di tubuhnya, Trevor bukanlah seorang laki-laki yang lemah. Ia selalu merasa bosan dengan rutinitas yang dijalaninya setiap hari sebagai pengidap DMD. Cukup sulit bagi Ben untuk bisa dekat dan memahami Trevor. Satu-satunya hal yang ia ketahui adalah keinginan besar Trevor untuk mendatangi beberapa situs pariwisata, salah satunya adalah tempat bernama Deepest Pit.

Chemistry yang Baik Antar Pemeran

Hampir setengah durasi dalam film ini menceritakan perjalanan Ben dan Trevor saat mengunjungi beberapa situs pariwisata. Kita bisa melihat bagaimana character development antara kedua tokoh, khususnya pada Trevor. Dirinya mulai bisa membuka diri dan menjadi lebih dekat dengan Ben. Terjalin sebuah hubungan unik antara mereka, yaitu paduan hubungan persahabatan dan juga hubungan ayah dan anak.

The Fundamentals of Caring Review

Netflix

Dari awal sampai pertengahan cerita, kita hanya disuguhkan adegan antara dua tokoh utama. Saat hampir merasa bosan karena hanya melihat Ben dan Trevor, tiba-tiba karakter lain muncul untuk menambah warna dalam film ini. Dorothy alias Dot (Selena Gomez) menjadi karakter pertama yang menghiasi perjalanan Ben dan Trevor. Dot merupakan seorang gadis muda yang kabur dari rumah dan ingin melanjutkan kehidupannya di Denver.

Karakter lainnya yang menambah kekayaan cerita dalam film ini adalah seorang ibu muda bernama Peaches (Megan Ferguson). Ben melihat Peaches dan mobilnya yang mogok di pinggir jalan. Karena kasihan dengan Peaches yang sedang dalam keadaan hamil besar, akhirnya Ben memutuskan untuk memberikan Peaches tumpangan. Mobil caregiver jadul yang awalnya hanya berisi dua orang, sekarang telah berisi empat orang.

Selama perjalanan berlangsung, kita dihibur oleh kekonyolan Trevor dan Ben. Selain itu, ternyata Trevor diam-diam tertarik dengan pesona Dot. Layaknya seorang teman dekat, Ben terus-terusan menggoda Trevor saat ia mengetahui bahwa Dot telah membuat Trevor jatuh hati. Lucunya lagi, Trevor sangat kikuk saat harus berdekatan dengan Dot.

Tidak disangka, komposisi aktor dan aktris dalam film ini menyajikan sebuah chemistry yang kuat. Paul Rudd selalu memerankan karakter dengan sifat yang sama pada beberapa film, yaitu karakter yang baik hati, penuh kasih sayang, dan lucu. Namun, Rudd tetap memerankan karakter Ben dengan baik, sehingga ia bisa menyampaikan koneksi yang bagus dengan penonton.

Craig Roberts menampilkan kualitas akting yang sangat menonjol dalam film ini. Roberts merupakan aktor yang cukup underrated dalam dunia perfilman. Padahal, ia sudah memiliki banyak pengalaman memerankan karakter dengan sifat yang berbeda-beda.

Dalam film ini ia memerankan Trevor yang memiliki keterbatasan karena penyakit DMD yang dideritanya. Alih-alih memperlihatkan sifat yang lemah dan tak berdaya, karakter Trevor digambarkan sebagai anak muda yang kuat dan berjiwa bebas. Roberts dapat menunjukkan sifat tersebut dengan sangat baik dalam karakter Trevor.

Selena Gomez dan Megan Ferguson bertugas untuk memberikan kehangatan dalam film ini lewat karakter yang mereka perankan. Sayangnya, nasib karakter Dot dan Peaches tidak dibahas mendalam sampai film berakhir. Mungkin hal tersebut bertujuan untuk mengembalikan fokus penonton pada dua karakter utama dalam film ini.

Dalam aspek sinematografi, mungkin film ini memiliki teknik yang sederhana dan tidak ada aspek yang terlalu ditonjolkan. Namun, The Fundamentals of Caring masih bisa menggugah penonton melalui jalan cerita yang mampu menghangatkan hati. Pada akhirnya, film ini merupakan sebuah film komedi drama yang ringan, namun sangat berkesan.

The Fundamentals of Caring cocok untuk dinikmati saat sedang santai atau jika ingin menonton film yang ringan, namun tetap menghibur. The Fundamentals of Caring dapat disaksikan di Netflix.

Click to comment
Advertisement
Cultura Podcast
Connect