Connect with us
the trial of chicago 7
Netflix

Cultura Lists

10 Rekomendasi Film Bertema Legal Drama

Mulai dari sidang terpidana pembunuhan hingga perebutan hak asuh anak di pengadilan hukum.

Film bertema legal drama mengangkat kisah tentang segala aktivitas dalam persidangan. Jika film kriminal lebih fokus pada investigasi dan menangkap penjahat, legal drama lebih fokus pada agenda persidangan suatu perkara. Mulai dari sidang pidana pembunuhan, sidang perceraian, dan berbagai sidang yang belum pernah kita bayangkan sebelumnya.

Ada film bertema legal drama yang diangkat dari kisah nyata, ada pula yang meruapakan naskah original. Berikut sederet film legal drama dengan kasus-kasus menarik yang patut ditonton.

12 Angry Men (1957)

Sesuai dengan judulnya, dua belas pria dari berbagai latar belakang berbeda menjadi juri yang menentukan nasib seorang remaja yang menjadi tersangka pembunuhan ayahnya. Ketika mayoritas yakin bahwa tersangka bersalah dan layak dihukum mati, satu pria memiliki pendapat berbeda yang membuat semua juri kembali mempertanyakan opini mereka.

“12 Angry Men” merupakan film klasik hitam putih, hanya berlokasi di satu ruangan, dan plotnya sangat bergantung pada arah diskusi kedua belas karakternya. Menjadi salah satu film terbaik dan masih tidak tergantikan meski banyak film-film terinspirasi oleh konsep ini.

The Exorcism of Emily Rose (2005)

Bisa jadi film legal drama dengan kasus paling unik, “The Exorcism of Emily Rose” memuat kasus yang memiliki unsur supranatural. Menceritakan Erin Christine Bruner adalah pengacara yang membela seorang pemuka agama yang dituduh bertanggung jawab atas kematian Emily Rose dalam proses pengusiran iblis.

Bapa Richard Moore dijadikan tersangka karena dianggap telah melakukan pengusiran iblis yang akhirnya menelantarkan kebutuhan medis Emily. Film ini terinspirasi dari ritua pengusiran iblis sungguhan yang gagal dimana gadis bernama Anneliese Michel menjadi korbannya.

The Trial of the Chicago 7 (2020)

Film ini diangkat dari peristiwa nyata pada 1969, pengadilan dibuka setelah tujuh anggota organisasi masyarakat dituduh memicu anarkisme pada Democratic National Convention do Chicago pada 1968. Berbeda dengan film bertema legal drama pada umumnya, “The Trial of the Chicago 7” memiliki eksekusi visual dan editing yang dinamis.

Memadukan flashback peristiwa dengan adegan pengadilan dengan rapi dan membuat film jadi tidak membosankan. Film ini juga diisi penampilan akting banyak aktor yang berkesan, seperti Eddie Redmayne, Mark Rylance, Sacha Baron Cohen, dan masih banyak lagi.

Just Mercy (2019)

“Just Mercy” juga diangkat dari kisah nyata seorang pengacara bernama Bryan Stevenson yang diperankan oleh Michael B. Jordan. Pada 1989, Stevenson mengambil kasus di Alabama. Ia adalah pengacara yang bersedia untuk membela terpidana yang tidak mampu membayar pengacara.

Ia membela pria kulit hitam, Walter McMillian yang secara tidak benar dituduh bersalah atas kematian gadis kulit putih, Ronda Morrison.

Marshall (2017)

Thurgood Marshall adalah pengacara kulit hitam yang kerap mengambil kasus melawan rasisme. Suatu ketika, ia membela Joseph Spell, pria kulit hitam yang dituduh melecehkan seorang wanita kulit putih yang kaya.

“Marshall” dibintangi oleh Chadwick Boseman, merupakan film biopik Thurgood Marshall sekaligus diangkat dari kasus sungguhan yang ia tangani di awal-awal karirnya pada 1940.

On the Basis of Sex (2018)

Selain kaum Amerika-Afrika, pengadilan Amerika pada era 50an juga kerap melakukan diskriminasi pada wanita. “On the Basis of Sex” merupakan film biopik dari Ruth Bader Ginsburg, seorang pengacara sekaligus ahli hukum wanita kedua yang memiliki posisi di Associate Justice of the United States Supreme Court, bukan posisi yang mudah diperoleh seorang wanita pada masanya.

Ruth adalah seorang istri, ibu, dan pengacara yang berjuang melawan diskriminasi pada wanita sepertinya yang sulit menjajal karir di dunia hukum. Hingga suatu hari ia menangani kasus pajak dengan suaminya yang mampu mengubah karir dan pengadilan dalam mengatasi diskriminasi gender.

The Devil’s Advocate (1997)

“The Devil’s Advocate” merupakan satu lagi film bermuatan hukum dengan sentuhan supranatural. Dibintangi oleh Keanu Reeves sebagai pengacara muda berbakat, Kevin Lomax. John Milton adalah pemiliki firma besar di New York yang terkesan dengan bakat Kevin dan merekruitnya.

Namun, semakin Kevin menangani kasus besar-besar dan terus menang meski membela pihak yang salah, ia mulai menyadari bahwa Milton telah menjerumuskannya pada jalan moral yang semakin dipertanyakan.

Kramer vs. Kramer (1979)

Kasus kasus pidana pembunuhan sudah terlalu sering kita temukan dalam skena film legal, “Kramer vs. Kramer” merupakan film legal drama tentang perebutan

hak asuh anak pasca perceraian. Ted Kramer adalah pekerja keras yang tidak dekat dengan anaknya sendiri. Hingga suatu hari, istrinya, Joana Kramer, meninggalkannya bersama anaknya, Billy. Tedpun mulai membangun hubungan dengan Billy. Namun setelah keduanya mulai memiliki hubungan baik, Joanna kembali untuk memperebutkan hak asuh Billy.

Primal Fear (1996)

“Primal Fear” merupakan film legal thriller yang diadaptasi dari novel bertajuk serupa oleh William Diehl. Dibintangi oleh Richard Gere sebagai Martin Vail, pengacara dengan jam terbang tinggi. Dalam skenario fiksi ini, Martin Vail memutuskan untuk membela seorang putra altar, Aaron Stampler yang diperankan oleh Edward Norton, ia dituduh membunuh pemuka agama.

Lebih dari sekadar kasus pembunuhan brutal dipermukaan, ada banyak misteri yang patut digali dalam kasus Aaron bersinggungan dengan rahasia gelap yang berusaha disembunyikan pihak gereja.

The Rainmaker (1997)

“The Rainmaker” dibintangi oleh Matt Damon sebagai pengcara muda tanpa pengalaman, Rudy Baylor. Ia sepakat untuk membela seorang ibu dalam nguak kebusukan agensi asuransi. Anaknya mengidap leukimia, namun perusahaan menolak untuk mencairkan dana pengobatan dan berakhir dengan meninggalnya sang anak.

“The Rainmaker” disutradarai oleh Francis Ford Coppola diangkat dari novel bertajuk sama karya John Grisham. Kasus penipuan seperti ini juga menghasilkan film persidangan dengan model kasus yang berbeda dengan kasus pidana, karena kasus penipuan asuransi selalu menjadi kasus yang rumit dan tricky.

Blood & Gold Review Blood & Gold Review

Blood & Gold Review: Laga Nazi Brutal Berlatar Perang Dunia II

Film

Film & Serial Terbaru Juni 2023

Cultura Lists

Kandahar Kandahar

Kandahar Review: Film Action Hollywood Berlatar Timur Tengah yang Generik

Film

Memahami Perbedaan Villain, Anti-hero & Anti-villain

Entertainment

Connect
Enable Notifications OK No thanks