Connect with us
20th Century Studios

Cultura Lists

What to Stream on Valentine’s Day

Rekomendasi film romantis yang tersedia untuk di-streaming saat Hari Valentine.

Salah satu cara yang tidak pernah basi dalam merayakan Hari Valentine adalah menonton film romantis. Dari koleksi film romantis klasik hingga komedi romantis terbaru di streaming platform. Film bertema percintaan memang tidak pernah ada habisnya, Cultura sudah menyiapkan rekomendasi campuran berbagai film dan dimana kita bisa nonton filmnya.

Mulai dari film drama romantis yang manis, komedi romantis yang lucu, hingga film romantis yang haru biru dan melankolis. Bisa dipilih sesuai dengan mood masing-masing dari yang santai hingga yang menantang. Berikut sederet rekomendasi film romantis yang bisa kita tonton di Hari Valentine.

Cinderella (Live Action)

Dari berbagai animasi Disney Princess yang telah diangkat sebagai film live action, “Cinderella” tak diragukan masih menjadi versi live action terbaik dalam skenanya. Dibintangi oleh Lily James sebagai Cinderella dan Richard Madden (Game of Thrones) sebagai Prince Charming, film adaptasi yang disutradari oleh Kenneth Branagh ini setia dengan materi sumbernya dan berhasil memberikan kedalaman cerita yang sebelumnya tidak ada dari film animasinya.

Segalanya tentang “Cinderella” live action terlihat sangat romantis! Mulai dari penampilan Lily James dan Prince Charming yang lebih meyakinkan, desain produksinya, terutama desain make up dan busananya. Minim efek visual dengan CGI, puncak dari showcase romansa film ini adalah pesta dansa di istana yang segala elemen di dalamnya dipresentasikan dengan detail keindahannya. Film romantis ini bisa jadi tontonan ringan yang manis di Hari Valentine.

Where to stream: Disney+ Hotstar

Elemental

“Elemental” adalah film animasi Disney bergenre komedi romantis. Mengisahkan Ember Lumen, seorang perempuan elemen air yang jatuh cinta dengan Wade, laki-laki elemen air. Lepas dari elemen mereka yang berlawanan, keduanya merasakan chemistry dan kebahagian bersama. Kapan terakhir kali kita mendapatkan kisah cinta klasik dari film animasi Disney? Ceritanya sangat sederhana namun relevan dengan kehidupan meski dengan latar fantasinya.

Konflik utama dari kisah cinta Ember dan Wade adalah perbedaan elemen mereka. Ini bisa dimaknai sebagai kesulitan yang dihadapi oleh pasangan interasial, pasangan dengan perbedaan kepercayaan, dan berbagai tradisi lainnya yang kerap menentang perbedaan dalam suatu hubungan cinta.

Where to stream: Disney+ Hotstar

Titanic

Tahun ini “Titanic” memang tidak kembali lagi ke bioskop seperti tahun kemarin, namun film arahan James Cameron ini masih ada di Disney+ Hotstar untuk di-streaming di Hari Valentine! Kisah cinta tragis antara Rose dan Jack memang tidak lekang oleh waktu, masih jadi film klasik yang patut diapresiasi ketika ditonton ulang, dan ini adalah momen yang tepat.

Meski rilis pada 1997, kualitas produksi film period drama kolosal ini masih memukau bagi penonton modern. Saksikan sendiri untuk memahami bagaimana “Titanic” lebih dari sekedar film percintaan yang overrated, film ini juga unggul dalam segi produksinya.

Where to stream: Disney+ Hotstar

Blue Jay

“Blue Jay” adalah film drama romantis yang disutradarai oleh Alex Lehmann, bercerita tentang Jim dan Amanda, mantan kekasih di masa SMA yang kembali bertemu setelah terpisah selama bertahun-tahun. Reuni di kampung halaman mereka, film ini berlatar pada interaksi keduanya seharian sambil mengenang masa lalu, eksplorasi perasaan yang kompleks, dan menerima masa kini. Kurang lebih serupa dengan film romansa baru yang sempat trending, “Past Lives”.

Didominasi oleh perbincangan juga ala ‘Before Trilogy’, Jim dan Amanda berbicara seputar kenangan, cinta, penyesalan, dan berlalunya waktu. Memiliki sinematografi hitam putih yang belakangan juga kembali populer, “Blue Jay” adalah sajian drama bittersweet yang romantis sekaligus melankolis.

Where to stream: Netflix

Love at First Sight

Masih termasuk baru di Netflix, “Love at First Sight” menjadi salah satu dari banyaknya film Netflix Original yang beneran bagus. Minimal paling nyaman dan menyenangkan untuk disimak filmnya. Mengkisahkan Hadley Sullivan, ketika ketinggalan pesawatnya menuju London, bertemu dengan Oliver Jones, pelajar yang juga akan terbang ke London. Keduanya memiliki banyak perbedaan, namun berapa persentase keduanya berpotensi menjadi jodoh?

Meskipun terkesan klise, “Love at First Sight” memiliki presentasi komedi romantis yang seru untuk diikuti dari awal hingga akhir. Dialog-dialog yang disampaikan juga berbobot akan topik seputar cinta yang tak hanya eros namun juga cinta dengan keluarga. Meskipun nuansanya Natal, film ini cocok saja untuk ditonton saat Hari Valentine.

Where to stream: Netflix

Fair Play

Kalau suka yang bikin emosi dan panas, “Fair Play” kemarin sempat trending. Dibintangi oleh Phoebe Dynevor (Bridgerton) sebagai Emily dan Alden Ehrenreich sebagai Luke. Emily dan Alden merahasiakan hubungan mereka karena bekerja di perusahaan yang sama. Keduanya hidup bersama dan memiliki hubungan yang sangat romantis di luar kantor.

Namun, ketika salah satunya mendapatkan promosi, pertikaian melelahkan dan keretakan dalam hubungan mereka menjadi semakin parah. “Fair Play” disutradarai oleh Chloe Domont, memang berkembangnya akan terasa lebih toxic dari pada romantis, mungkin ada dari kita yang sedang ingin nonton variasi lain dari genre film drama percintaan di tengah berbagai rekomendasi romantis yang manis.

Where to stream: Netflix

Bones and All

Satu lagi yang rada berbeda dan ekstrim adalah “Bones and All”. Sambil menanti penampilan Timothee Chalamet di “Dune Part Two” bisa nonton dulu aksinya sebagai pemuda kanibal, Lee dengan Maren yang diperankan oleh Taylor Russell, yang juga kanibal. Maren mulai mengembara sendiri ketika sang ayah meninggalkannya. Berpikir bahwa ia adalah satu-satu manusia dengan nafsu makan berbeda, ia kemudia bertemu dengan Lee dan banyak kanibal lainnya di dunia ini.

Selain mengikuti petualangan Maren mencari ibunya, kita juga akan melihat perkembangan kisah cinta yang bersemi di antara Lee dan Maren. Sama seperti “Call Me By Your Name”, sutradara Luca Guadagnino berhasil mengadaptasi novel menjadi film romantis yang menawan, namun kali ini dengan sentuhan horor yang membuat filmnya jadi punya definisi romantis unik.

Where to stream: Prime Video

La La Land

Siapa sih, yang tidak rindu dengan penampilan Emma Stone dan Ryan Gosling di “La La Land”? Berperan sebagai pasangan bernama Mia dan Sebstian, kedua aktor ini memiliki chemistry yang selevel dengan Rose dan Jack di “Titanic”. Buat yang merindukan pesona sinematografinya, koreografi menawan, hingga lagu-lagu ikoniknya, Hari Valentine ini bisa jadi momen tepat untuk rewatch “La La Land” di Prime Video.

Kisah klasik seorang wanita yang bermimpi menjadi aktris, Mia dengan pria pecinta Jazz yang ingin punya bar jazz-nya sendiri, Sebastian. Keduanya menjalin cinta sembari saling mendukung dan mengejar mimpi masing-masing di Los Angeles.

Where to stream: Prime Video

The Last 10 Years

“The Last 10 Years” merupakan film drama romantis Jepang yang disutradarai oleh Michihito Fuji. Dibintangi oleh Nana Komatsu dan Kentaro Sakaguchi.

Matsuri adalah perempuan berusia 20 tahun yang hanya memiliki sisa hidup selama 10 tahun mendatang. Sebab ia mengidap penyakit yang tidak bisa disembuhkan. Agar siap menghadapi akhir hidupnya, Matsuri memutuskan untuk tidak melanjutkan hidup sepenuhnya dan tak ingin jatuh cinta. Namun semua rencana berubah ketika bertemu Kanzuto di reuni sekolahnya.

Where to stream: HBO GO

The Holiday

Meskipun termasuk film romansa bernuansa Natal, tidak salahnya menonton “The Holiday” pada Hari Valentine kali ini yang juga bertepatan dengan tanggal merah. Kalau mencari film komedi romantis yang santai, minim konflik dramatis, namun dialognya tetap berbobot dan heartwarming, “The Holday” tidak pernah bosan direkomendasikan. Film ini dibintangi oleh Cameron Diaz, Jude Law, Kate Winslet, dan Jack Black.

Ketika mengalami patah hati menjelang Hari Natal, Amanda dari Amerika dan Iris dari Inggris sepakat untuk bertukar properti untuk saling lari dari masalah kehidupan masing-masing. Namun keduanya menemukan cinta baru yang tidak terduga di momen liburan spesial tersebut.

Where to stream: HBO GO

Late Night with the Devil Late Night with the Devil

Late Night with the Devil Review: Mimpi Buruk Talk Show Tengah Malam

Film

In a Violent Nature Review In a Violent Nature Review

In a Violent Nature Review: Slasher Horror dari Sudut Pandangan Pembunuh

Film

The Iron Claw Review The Iron Claw Review

The Iron Claw Review: Biopik Tragedi Pegulat Von Erich Bersaudara

Film

Furiosa A Mad Max Saga Review Furiosa A Mad Max Saga Review

Furiosa: A Mad Max Saga Review – Masa Lalu dan Dendam Furiosa

Film

Connect