Connect with us
Thom Yorke
Photo by Stefania M. D'Alessandro/Getty Images for RFF

Music

Thom Yorke: 5.17 Single Review

Thom Yorke garap dua single terbaru untuk “Peaky Blinders”. 

★ ★ ★ ★ ★
★ ★ ★ ★ ★

Thom Yorke baru saja merilis solo single terbaru bertajuk “5.17”. Apple Music juga telah me-listing single kedua bertajuk “That’s How Horses Are” yang akan rilis pada 2 April mendatang.

Kedua lagu baru frontman Radiohead ini dikomposisi untuk serial Inggris, “Peaky Blinders” yang telah memasuki season keenam sekaligus season terakhir dari serial ikonik ini. Tidak sendirian, Thom Yorke kembali bekerja sama dengan rekan satu band-nya, Jonny Greenwood. 

Sebagai soundtrack yang berpotensi sebagai musik latar dalam sebuah episode “Peaky Blinders”, “5.17” memiliki konsep komposisi musik minimalis atmospheric yang sudah tidak asing lagi dalam diskografi Thom Yorke. Sekilas lagu ini akan mengingatkan kita pada lagu-lagu ambience Radiohead sebelumnya seperti, “Pyramid Song” hingga “Daydreaming”.

“5.17” tidak memperdengarkan sesuatu yang baru, namun tetap menyambut pendengarnya seperti di rumah. Namun, perlu diingat bahwa lagu ini tidak diprioritaskan untuk penggemar Thom Yorke bersama Radiohead-nya. Lagu ditulis untuk mengiringi sebuah serial bergenre historical crime.

Kepopuleran “Peaky Blinders” tak lepas dari pilihan original soundtrack dari koleksi musisi rock berkualitas. Mulai dari Nick Cave and the Bad Seeds, Arctic Monkey, Jack White, dan masih banyak lagi. Salah satu lagu Radiohead juga pernah di-listing dalam soundtrack “Peaky Blinders, yaitu “You And Whose Army?” dari album “Amnesiac”. Serial drama ini jelas tahu konsep musik latar seperti apa yang mereka inginkan. 

“5.17” bukan lagu rock yang kencang, lebih kental dengan konsep ambience yang repetitif dan menghanyutkan. Lagu didominasi dengan dentingan piano bernada minor khas Thom Yorke. Kemudian disambut dengan instrumen synthesizer sebagai atmosphere dalam komposisi track ini. Secara bertahap, kita bisa mendengar suara synth yang semakin menguasai komposisi, mengiringi piano. Alunan musik yang disuguhkan menimbulkan suasana yang dramatis dan melankolis. 

Dilansir dari NME, Anthony Byrne sebagai sutradara “Peaky Blinders” sendiri menyatakan bahwa Ia sangat ingin membawakan musik latar yang dramatis ke dalam serial gangsternya tersebut. “5.17” terdengar telah memenuhi ekspektasi tersebut, kita hanya tinggal menantikan, pada adegan apa lagu ini akan dikumandangkan sebagai musik latar. “Peaky Blinders” Season 6 sedang tayang di BBC dan akan tersedia di Netflix pada 10 Juni mendatang. 

Selain sibuk dengan perilisan original soundtrack “Peaky Blinders”, Thom Yorke juga baru saja tampil bersama Jonny Greenwood dan Tom Skinner dalam trio The Smile. Penampilan debut resmi mereka akhirnya terselenggara di Glastonbury via livestream concert pada Mei lalu. The Smile telah merilis dua single, “The Smoke” dan “You Will Never Work in Television Again”.

Click to comment

Hablot Brown Java Jazz Festival Hablot Brown Java Jazz Festival

Hablot Brown: Opaque EP Album Review

Music

Jojo Java Jazz Festival 2022 Jojo Java Jazz Festival 2022

Jojo: Good to Know Album Review

Music

Lineup Musisi Internasional di Java Jazz Festival 2022

Cultura Lists

oslo ibrahim java jazz 2020 oslo ibrahim java jazz 2020

Lineup Musisi Indonesia di Java Jazz Festival 2022

Cultura Lists

Advertisement
Connect