Connect with us
The Smile
Photo: Alex Lake

Music

The Smile: You Will Never Work in Television Again Single Review

Single perdana dengan nuansa post punk.

★ ★ ★ ★ ★
★ ★ ★ ★ ★

Thom Yorke dan Jonny Greenwood merupakan sosok dua sosok sentral dibalik musik Radiohead yang selalu berbuah warna dari tiap albumnya. Keduanya sama-sama bisa memainkan berbagai instrumen, serta terjun sebagai penata musik, walau Jonny punya jam terbang yang lebih banyak di bidang tersebut.

Keduanya kini kembali bekerja sama. Bukan di Radiohead, melainkan di suatu side project bernama The Smile. Tak hanya berdua, mereka juga mengajak Tom Skinner yang merupakan penabuh drum dari Sons of Kemet.

Sempat mengejutkan publik dengan menjadi penampil di Glastonbury 2021, side project ini pun akhirnya mengeluarkan single perdananya bertajuk “You Will Never Work in Television Again”. Walau punya intro bernuansa ambience, lagu ini punya cita rasa post punk yang kentara. Semua itu berkat isian gitar dan bass dengan berbagai riff yang rapat, serta ketukan drum bertempo kencang.

Pada lagu ini, Thom bernyanyi dengan gaya yang lebih ‘slackin’. Tak akan ada falsetto yang menjadi trademark Thom selama ini. Vocal style yang dipakai itu membuat pendengar akan kembali teringat pada Radiohead di era “The Bends”.

Nigel Godrich kembali dipercaya sebagai produser. Seperti biasa, tangan dinginnya mampu membuat lagu ini menarik untuk didengar. Dari lirik, “You Will Never Work in Television” punya banyak menyajikan diksi yang tajam. Misalnya saja “Let the lights down low, bunga bunga or/You’ll never work in television again”, atau “You sad fuck, you throw small change/Take your dirty hands off my love”.

“You Will Never Work in Television” kini sudah tersedia dalam video klip yang konsepnya sesuai dengan judul lagu tersebut. Pada video klip itu, terdapat prompter khas televisi yang menampilkan lirik demi lirik lagu “You Will Never Work In Television”. Di belakang prompter itu, ada dua orang yang melintas di waktu berbeda. Orang pertama melintas lalu membuka salah satu lemari, sedangkan orang kedua lewat sambil membawa tangga besi lipat berwarna orange.

Overall, “You Will Never Work in Television” adalah lagu perkenalan dari The Smile yang kental unsur post punk. Lewat single ini, sepert Thom Yorke dan Jonny Greenwood ingin memberikan musik yang lebih organik dan lugas. Kehadiran Tom Skinner juga mampu memperkuat nuansa single ini lewat ketukan drumnya, walau sebetulnya ia adalah drummer untuk grup musik beraliran jazz.

Beabadoobea: Beatopia Beabadoobea: Beatopia

Beabadoobea: Beatopia Album Review

Music

Soccer Mommy: Sometimes, Forever Album Review Soccer Mommy: Sometimes, Forever Album Review

Soccer Mommy: Sometimes, Forever Album Review

Music

Rina Sawayama: Hold The Girl Rina Sawayama: Hold The Girl

Rina Sawayama: Hold The Girl Album Review

Music

Jackson Wang Jackson Wang

Jackson Wang: Magic Man Album Review

Music

Connect