Connect with us
Radiohead
Photo: Gie Knaeps/Getty

Music

Radiohead: Follow Me Around Single Review

Single yang minimalis dan menarik, sekaligus menambah daftar B-Sides lagu Radiohead yang layak didengar.

★ ★ ★ ★ ★
★ ★ ★ ★ ★

Seusai melepas “If You Say This Word”, Radiohead muncul lagi lewat single baru bertajuk “Follow Me Around”. Single ini merupakan bagian rangkaian dari promo untuk ‘Kid A Mnesia’. Sebuah album tribute untuk dua album mereka, ‘Kid A’ dan ‘Amnesiac’.

Tak seperti “If You Say This World”, “Follow Me Around” punya aransemen yang lebih minimalis. Lagu berdurasi 5 menit 20 detik ini menyajikan aransemen akustik bernuansa grunge. Sekilas, nuansa lagu ini mirip dengan lagu “Go to Sleep” yang ada di album ‘Hail to The Thief’. Bedanya, “Follow Me Around” hanya berisikan vokal dan gitar saja.

Tapi, bukan Radiohead namanya jika hanya menyajikan musik beransemen vokal dan gitar saja. Untuk menambahkan daya tarik lagu ini, Thom Yorke cs lantas memasukkan backing vocal yang sudah difilter sedemikian rupa sampai suaranya mirip dengan robot.

“Follow Me Around” sebelumnya pernah dibawakan dalam salah satu film dokumenter Radiohead, Meeting People is Easy. Thom dan Johnny pun sempat membawakan kembali lagu ini pada 2017 kemarin. Namun, nuansa lagunya tidak seminimalis, robotik, dan nge-grunge layaknya versi rekamannya.

Campur tangan Nigel Godrich adalah faktor kunci dibalik lagu “Follow Me Around”. Produser andalan Radiohead ini berhasil memoles “Follow Me Around” menjadi lagu akustik minimalis ini punya daya tarik tersendiri.

Lirik yang multi makna tetap menjadi pakem utama Radiohead. Seperti judulnya, “Follow Me Around” menggambarkan seseorang yang tengah diikuti oleh orang lain yang pernah dia temui sebelumnya.

Lirik tersebut lantas coba divisualisasikan oleh Us lewat sebuah video klip musik. Video yang sudah dirilis di YouTube itu menampilkan sosok pria yang didatangi sebuah drone yang datang ke rumahnya. Drone tersebut lantas mengikuti si pria ke mana pun.

Drone yang dipakai di video musiknya memakai efek VHS. Efek tersebut membuat visual yang disajikan video klipnya jadi punya nuansa 90-an. Melihat video musik ini dari awal hingga akhir akan membuat kita seperti melihat daerah perkotaan di Inggris pada tahun 1990 – 2000-an awal.

Kehadiran Guy Pearce menjadi daya tarik lainnya di video musik “Follow Me Around”. Di video itu, Guy berperan sebagai sosok pria yang diikuti oleh drone. “Follow Me Around” mungkin menjadi video musik pertama Radiohead yang melibatkan aktor ternama sebagai modelnya.

“Follow Me Around” berhasil menawarkan nuansa minimalis dan menarik. Riff gitar yang cenderung grunge dan backing vocal robotik menambah daya tarik lagu berdurasi 5 menit 20 detik ini. Selain menjadi rangkaian promo ‘Kid A Mnesiac’, Lagu ini juga menambah daftar lagu B-Side lainnya dari Radiohead yang worth it untuk didengar.

Hindia Hindia

Spektrum Lain dari Sosok Baskara Putra sebagai Hindia

Music

Scaller Scaller

Scaller yang Progresif dan Tak Terikat Genre

Music

Endah N Rhesa Endah N Rhesa

Kebahagian dan Sentuhan Personal Menjadi Prioritas Endah N Rhesa

Music

White Shoes & The Couples Company White Shoes & The Couples Company

Interview: White Shoes & The Couples Company

Music

Advertisement
Connect