Connect with us
The Last of Us (Episode 4) Review
Cr. HBO

TV

The Last of Us (Episode 4) Review: Please Hold My Hand

Bonding Joel dengan Ellie, Episode 4 terasa seperti ‘bridge episode’ untuk episode yang lebih monumental.

★ ★ ★ ★ ★
★ ★ ★ ★ ★

Setelah episode 3 yang didominasi oleh kisah cinta Bill dan Frank, kita akan kembali melihat petualangan Joel dan Ellie di “The Last of Us” Episode 4. ‘Please Hold My Hand’ menjadi kesempatan bagi kedua karakter utama dalam petualangan ini untuk menjalin interaksi dan membangun chemistry. Dengan durasi standar, 45 menit, episode ini tidak memiliki intro seperti ketiga epsiode sebelumnya.

Melakukan perjalanan dari Missouri menuju Wyoming, Joel dan Ellie tiba di Kansas, dimana ancaman baru kembali meneror mereka. “The Last of Us” episode terbaru ini kembali mendapatkan peningkatan penonton.

Jika ‘Long Long Way’ mendapat 6.4 juta penonton, episode 4 naik 17% menjadi 7.5 juta penonton. Pencapaian ini termasuk pencapian mengejutkan mengingat pada hari Senin kemarin juga broadcast Grammy Awards.

The Last of Us (Episode 4) Review

Interaksi Joel dan Ellie yang Semakin Mencair

(Spoiler Alert!) “The Last of Us” Episode 4 adalah semua tentang bonding antara Joel dan Ellie. Banyak dari kita sudah menerima bahwa Ellie pada dasarnya karakter muda yang aktif dan cukup periang. Ia tidak rasa penasaran dan semangat untuk mengeksplorasi dunia di luar zona karantina. Namun tidak dengan Joel yang hanya mengangap Ellie sebagai ‘kargo’, berusaha untuk menjaganya tetap aman juga dilandasi dengan janjinya pada Tess. Kita bisa melihat bagaimana Joel membangun tembok, dimana sangat bisa dimengerti mengingat masa lalunya yang tragis.

Namun, hanya dengan mereka berdua yang mau tak mau harus membangun kepercayaan satu sama lain dalam perjalanan ini, perkembangan emosional di antara keduanya adalah hal yang tidak terhindarkan. Ellie berusaha untuk memecah kecanggungan dengan buku humor yang ia miliki. Serangan di Kansas juga memposisikan keduanya untuk saling mengandalkan dalam situasi genting.

Ketika Joel hampir mati ditangan bandit, Ellie akhirnya menggunakan pistolnya untuk menyelamatkan Joel. Dengan begitu, Joel akhirnya tahu bahwa Ellie menyembunyikan pistol darinya. Kemudian memutuskan untuk mengajari Ellie cara menggunakan pistol yang benar.

Setelah berhasil melalui krisis, kekakuan mereka semakin cair ketika akhirnya Joel tertawa karena salah satu humor Ellie. Tawa Joel tak hanya mencairkan interaksinya dengan Ellie, kita seakan melihat Joel akhirnya tertawa setelah 20 tahun terakhir hanya hidup dalam mode survival yang menegangkan.

The Last of Us (Episode 4) Review

Kehadiran Ancaman dari Kelompok Baru

Karakter baru kembali muncul dalam “The Last of Us”. Kita telah mengenal FEDRA di zona karantina (QZ), kemudian kelompok yang menentang mereka, Fireflies. Kali ini kita akan melihat kelompok baru yang berdomisili di Kansas, dipimpin oleh seorang wanita bernama Kathleen (Melanie Lynskey). Ia sedang mencari seseorang bernama Henry. Kehadiran Joel dan Ellie yang menyerang dua anggota kelompoknya pun dianggap ada kaitannya dengan Henry. Selain itu, ia juga menyembunyikan ancaman lain di dalam gedung yang ia rahasiakan dari mayoritas kelompoknya.

Masalah-masalah baru ini masih disajikan pada level permukaan saja. Satu lagi menjadi keunggulan dari semesta post-apocalypse yang hendak dibangun dalam serial ini. Kita sudah melihat bagaimana serial suvival ini tidak mengeksploitasi kemunculan manusia-manusia yang terinfeksi cordyceps. Bahkan sudah berjalan empat episode sejauh ini, kita baru melihat satu episode yang menyajikan adegan aksi melawan Clicker.

“The Last of Us” hendak menyajikan semesta apocalypse yang lebih otentik. Bagimana peradaban manusia tak langsung musnah dalam sekejap, namun tananan hidup yang baru terbentuk. Kemudian terbentuk berbagai kelompok-kelompok baru yang memiliki motivasi masing-masing. Ada yang fokus pada bertahan hidup, memilih untuk bertahan sendiri, ada pula yang berjuang dengan harapan di tengah akhir peradaban manusia.

The Last of Us (Episode 4) Review

Cr. HBO

Bridge Episode dengan Ekspektasi Episode 5 yang Monumental

Berbeda dengan tiga episode pertama yang selalu monumental, “The Last of Us” Episode 4 lebih tampak seperti ‘bridge episode’. Pertama, kita memastikan bonding Joel dan Ellie mulai berkembang ke arah chemistry yang kuat. Kedua, ancaman baru muncul dari kelompok Kathleen yang kini tak hanya memburu Henry, namun juga Joel dan Ellie. Ketiga, apapun yang disembunyikan oleh Kathleen di gedung tersebut, kita tahu hal tersebut akan menjadi sesuatu yang berbahaya bagi semua pihak yang sedang beradu di babak ini.

Dengan begini bisa diprediksi bahwa episode 4 menjadi jembatan untuk episode 5 dengan ekspektasi sesuatu yang lebih besar akan terjadi. Menjadi ujian bagi Joel dan Ellie untuk kembali mengandalkan satu sama lain dalam situasi sulit. Adegan-adegan aksi mungkin juga akan kembali disajikan, dengan skala yang lebih besar dari episode 2, ‘Infected’.

Menjadi keputusan yang bijak untuk HBO memajukan broadcast “The Last of Us” episode 5. Jika biasanya kita baru bisa menonton episode terbaru pada hari Senin, episode 5 akan tersedia di HBO GO pada Sabtu, 11 Februari, pukul 10.00 WIB. Karena akan ada Super Bowl, salah satu acara live broadcast terbesar di Amerika Serikat setiap tahunnya, jatuh pada hari Minggu. Dengan begini akhir pekan kita bakal seru karena ada “The Last of Us” episode terbaru.

The Last of Us (Episode Pilot) Review: When You’re Lost in the Darkness

The Last of Us (Episode 2) Review: Infected

The Last of Us (Episode 3) Review: Long Long Time

A Murder at the End of the World A Murder at the End of the World

A Murder at the End of the World (Finale) Review

TV

Avatar: The Last Airbender Avatar: The Last Airbender

10 Serial Animasi Anak-anak Populer yang Juga Menghibur Penonton Dewasa

Cultura Lists

A Shop for Killers A Shop for Killers

A Shop for Killers Review: Aksi Lee Dong-wook dan Kim Hye-jun dalam K-Drama Laga

TV

Chernobyl HBO Chernobyl HBO

7 Rekomendasi Miniseri Bermuatan Sejarah

TV

Connect