Connect with us
Thai Cave Rescue
Netflix

TV

Thai Cave Rescue Review: Kisah Nyata Penyelamatan di Gua Tham Luang 

Serial adaptasi aksi penyelamatan skala besar yang kaya perspektif. 

★ ★ ★ ★ ★
★ ★ ★ ★ ★

Pada 2018 silam, dua belas anak-anak dalam tim sepak bola bersama pelatihnya terjebak di Gua Tham Luang, Taman Nasional Nangnon, Thailand. Mereka terjebak di dalam gua selama 18 hari ketika badai membuat gua banjir, menutup satu-satunya akses mereka keluar dan masuk gua.

Ketika regu penyelamat negara tak mengalami krisis tenaga ahli, bantuan berdatangan dari penjuru dunia. Mulai dari Amerika, Australia, Inggris, dan masih banyak lagi tenaga profesional dari berbagai negara lainnya.

“Thai Cave Rescue” merupakan Netflix Original terbaru yang hendak mengajak kita mengingat kembali salah satu peristiwa penyelamatan terbesar skala internasional. Terdiri dari enam episode, limited series ini dikembangkan oleh Michael Russell Gunn dan Dana Ledoux Miller, serta disutradarai oleh Nattawut Poonpiriya dan Kevin Tancharoen.

Sudah terlalu sering serial adaptasi true-crime yang mendominasi trending list di Netflix, “Thai Cave Rescue” bisa menjadi variasi genre yang tak kalah informatif dan lebih mencerahkan.

Thai Cave Rescue

Adaptasi Kisah Nyata yang Kaya Perspektif

“Thai Cave Rescue” didominasi oleh perspektif dari pihak Thailand. Mulai dari dua belas anak bersama pelatihnya, para orang tua korban, hingga pemerintahan dan tenaga ahli Thailand. Baru kemudian kita melihat perspektif dari karakter tenaga ahli profesional dari luar negeri.

Bahasa yang digunakan juga sebagian besar bahasa Thailand, cukup seimbang pula dengan bahasa Inggris karena pada akhirnya misi ini melibat berbagai belah pihak dari mancanegara.

Limited series adaptasi peristiwa penyelamatan nyata ini sangat kaya perspektif. Memberikan kita pemahaman bagaimana prosedur penyelamatan skala besar yang kompleks. Ketika melihat peristiwa bencana atau kecelakaan skala besar, kita sebagai masyarakat awam yang menonton berita mungkin lebih mudah hanya menghakimi pihak-pihak yang berwenang. Mengkritisi kegagalan mereka atau mempertanyakan kredibilitas mereka.

Serial seperti “Thai Cave Rescue” akan memberikan kita pencerahan dari berbagai pihak yang benar-benar terlibat dalam peristiwa tersebut. Baik yang dari sisi korban yang sedang bertahan hidup, maupun pihak profesional yang bertugas menyelamatkan. Ada prosedur dan hal-hal yang memengaruhi lambat maupun cepatnya misi penyelamatan.

Dalam serial ini, setiap perspektif yang disajikan dalam setiap adegan sangat menarik untuk disimak. Kita bisa mendapatkan informasi tentang sikap tenang dalam situasi genting dari perspektif korban dalam kisah ini, kepercayaan dan perasaan emosional dari para orang tua, hingga informasi bersifat ilmu dari para pihak profesional yang terlibat.

Thai Cave Rescue

Portrait Manajemen Krisis Skala Besar dengan Produksi Maksimal

“Thai Cave Rescue” memiliki naskah yang otentik, kompleks, detail, namun mudah disimak. Tak hanya ingin mereka ulang peristiwa besar sebagai konten (karena adaptasi kejadian nyata sedang ngetrend), ada tribute yang tersampaikan dengan baik melalui serial ini. Mulai dari potrait kehidupan masyarakat di Thailand yang menjadi latar belakang dari anak-anak tim sepak bola dan pelatih mereka. Hingga memasuki plot manajemen krisis skala besar.

Porsi dramatisir dan heroik dalam serial ini juga tepat dan tidak berlebihan. Meski ada banyak tenaga ahli dari negeri barat dan pastinya Amerika, serial ini juga tidak terlihat mengandung white savior syndrome.

Penulisan dan pembagian perspektif yang seimbang, membuat kisah ini tidak memiliki satu pahlawan saja. Setiap karakter dalam kisah ini memiliki peran masing-masing. Tidak ada yang satu pihak yang terlihat superior.

“Thai Cave Rescue” memiliki dua latar utama, di area Gua Tham Luang yang asli serta latar syuting gua buatan untuk adegan-adegan di dalam gua yang berbahaya. Tim produksi sampai niat membuat replika dalam gua yang sangat terlihat mirip dengan aslinya. Produksi serial ini sangat teknikal dan tidak melibatkan CGI untuk adegan-adegan diving-nya. Melibatkan double stunt, ahli diving, dan penggunaan kamera di dalam air sungguhan.

Begitu juga pada area camp penyelamatan yang penuh dengan penampakan barak, pos kesehatan, konsumsi, hingga berbagai perlengkapan tingkat militer lokal hingga internasional yang mutakhir. Kemudian melibatkan aktor lokal dan mancanegara, serta figuran yang meramaikan lokasi utama. Serial ini jadi terlihat sebagai reka adegan yang terasa nyata.

Serial Adaptasi Tentang Kemanusian yang Layak untuk Dikenang

“Thai Cave Rescue” layak untuk diangkat menjadi serial adaptasi dari kisah nyata pertama karena misi penyelamatan tersebut berhasil. Peristiwa penyelamatan ini menjadi kisah akan keajaiban dan mujizat yang nyata.

Kisah-kisah seperti ini patut untuk disebarkan sebagai harapan bagi para penontonnya dalam menghadapi situasi yang genting. Ada berbagai krisis dan keterpurukan dalam kisah ini, namun ada berbagai alasan baik secara logika dan science, maupun faktor kepercayaan yang membantu setiap pihak bertahan hingga akhir.

Kisah penyelamatan di Gua Tham Luang juga menjadi kisah dengan nilai kemanusiaan yang tinggi. Dimana manusia dari berbagai negara, ras, latar belakang profesi, dan golongan bekerja sama tanpa henti untuk menyelamatkan anak-anak yang terjebak di dalam gua.

Bahwa setiap orang dengan bidang keahlian masing-masing memiliki kontribusi yang sama dalam satu misi penyelamatan yang besar. Dan ketika semuanya bersinergi dengan baik, keberhasilan bisa diraih bahkan dalam skenario yang tidak mustahil.

The Wonder The Wonder

The Wonder Review: Premis Sederhana yang Melebihi Ekspektasi

Film

avatar 2 avatar 2

Film & Serial Terbaru Desember 2022

Cultura Lists

Unicorn Store Review Unicorn Store Review

Unicorn Store Review: Sulitnya Jadi Orang Dewasa dengan Optimisme

Film

Wednesday Review Wednesday Review

Wednesday Review: Petualangan Wednesday Addams di Nevermore Academy

TV

Connect