Connect with us
Secret Invasion
Cr. Des Willie/Marvel

TV

Secret Invasion Episode Pilot Review: Resurrection

Serial bertema thriller spionase khusus veteran MCU Phase 3.

★ ★ ★ ★ ★
★ ★ ★ ★ ★

“Secret Invasion” menjadi serial MCU pertama pada 2023 ini. Setelah hype yang dibangun secara awal tahun, akhirnya episode pilot serial ini, ‘Resurrection’, sudah tersedia di Disney+ Hotstar.

Kita akan mengikuti kisah Nick Fury (Samuel L. Jackson) yang akhirnya kembali ke Bumi setelah mendapatkan panggilan dari agen SHIELD, Maria Hill (Cpbie Smulders) dan Talos (Ben Mendelsohn), salah satu kaum Skrull yang telah diasingkan dari kelompoknya, karena memilih untuk setia dengan Nick Fury.

Dalam episode perdana ini, kita disajikan drama ala spionase Hollywood, bedanya melibatkan kaum alien yang bisa berubah wujud, Skrull. “Secret Invasion” dibintangi oleh bintang-bintang terkenal dari judul lain, seperti Emilia Clarke (Game of Thrones), Olivia Colman (The Crown), dan Kingsley Ben-Adir, yang bisa mengundang penonton baru untuk serial ini. Namun, “Secret Invasion” bisa dikategorikan sebagai serial yang akan lebih seru jika kita adalah penggemar MCU sejati, setidaknya sejak Phase 3 menuju ‘Endgame’.

Secret Invasion

Khusus Penggemar MCU dari Phase 3

Sulit membayangkan penonton yang tidak mengikuti beberapa film MCU sebelumnya untuk bisa menikmati epsiode pertama “Secret Invasion”. Pada adegan pembuka, kita akan melihat agen agen CIA, Everett K. Ross yang diperankan oleh Martin Freeman. Adegan pembuka ini tidak akan terlalu memikat sebelum kita mengenal agen Ross yang diperkenalkan melalui film “Captain America: Civil Wars” dan “Black Panther”.

Nick Fury juga lebih familiar dan memiliki tempat spesial di hati penggemar MCU ketimbang penonton mainstream apalagi penonton baru. “Secret Invasion” berbeda dengan serial-serial baru sebelumnya seperti “Moon Knight”, “Ms. Marvel” hingga ‘She-Hulk’, dimana penonton baru bisa menikmati serial-serial tersebut tanpa harus ‘katam’ pengetahuan tentang MCU.

“Secret Invasion” sendiri merupakan kelanjutan dari film “Captain Marvel”. Dimana pada film yang memperkenalkan kita pada Carol Danvers (Brie Larson) tersebut juga menjadi perkenalan kita pada kaum Skrull, yang menjadi subyek penting dalam “Secret Invasion”.

30 tahun yang lalu, Nick Fury dan Carol Danvers berjanji untuk menemukan planet/rumah baru bagi bangsa Skrull. Hal tersebut juga bukan masalah besar awalnya karena sudah ada kaum Skrull yang tinggal di Bumi, membaur dengan baik berkat kemampuan berubah wujud yang mereka miliki. Namun, setelah puluhan tahun berlalu kaum Skrull di Bumi merasa ditelantarkan, lelah menanti, dan memutuskan untuk melakukan operasinya sendiri.

Secret Invasion

Serial MCU Bergenre Thriller Spionase yang ‘Serius’ dan Gelap

Fokus plot dari “Secret Invasion” adalah kembalinya Nick Fury ke Bumi untuk menyelesaikan masalah yang ia telah telantarkan selama puluhan tahun. Kemudian bagaimana Talos, menjadi satu-satunya Skrull yang masih setia pada Fury. Sementara kaum Skrull lainnya, dipimpin oleh Gravik yang diperankan oleh Kingsley Ben-Adir, membentuk kelompok pemberontak di Moskow, Rusia. G’iah yang diperankan oleh Emilia Clarke adalah putri Talos yang memutuskan untuk bergabung dengan gerakan pemberontak bersama Gravik.

Semenjak masa promosinya, “Secret Invasion” hendak menyakinkan penonton bahwa tidak ada yang bisa dipercaya dalam serial ini. Terutama karena kemampuan khusus Skrull, serial ini hendak menyajikan narasi dimana setiap kejadian yang kita lihat mungkin sebenarnya tidak terlihat seperti yang kita pikirkan.

Pada babak terakhir episode ini, ada rencana pengeboman di alun-alun kota, oleh Gravik yang berusaha dihentikan oleh tim Nick Fury. Adegan ini eksekusinya mengingatkan kita pada film-film action thriller Hollywood pada umumnya. Ketegangannya dapat, kemudian ditambah twist dengan karakteristik Skrull. Pesan bahwa ‘tidak ada yang bisa dipercaya’ dalam serial ini meninggalkan kesan kuat dari babak penutup episode ini.

Secara keseluruhan, “Secret Invasion” merupakan serial MCU yang memiliki cita rasa berbeda dari serial-serial MCU sebelumnya. Setiap karakter utama dalam serial ini bukan nama-nama baru lagi, ini bukan lagi tipikal serial tentang ‘cerita asal mula’ dan sejenisnya. Mulai dari Nick Fury, Maria Hill, cameo agen Ross, Talos dan segenap kaum Skrull, ini adalah karakter-karakter yang hanya familiar di kalangan penggemar MCU Phase 3.

Meskipun melawan alien sekalipun, Skrull hadir sebagai kelompok pemberontak yang bermain layaknya kelompok teroris dengan operasi terencana. Ini bukan serial dengan superhero dengan kostum dan kekuatan super yang flashy. Namun bagi penggemar MCU, mungkin serial dimana Nick Fury akhirnya menjadi fokus utama bisa menjadi obat rindu bagi kita para veteran “The Avengers” dari phase 3.

Mr. & Mrs. Smith Mr. & Mrs. Smith

Mr. & Mrs. Smith Review: Marriage Story dengan Laga dan Ledakan

TV

A Murder at the End of the World A Murder at the End of the World

A Murder at the End of the World (Finale) Review

TV

Avatar: The Last Airbender Avatar: The Last Airbender

10 Serial Animasi Anak-anak Populer yang Juga Menghibur Penonton Dewasa

Cultura Lists

A Shop for Killers A Shop for Killers

A Shop for Killers Review: Aksi Lee Dong-wook dan Kim Hye-jun dalam K-Drama Laga

TV

Connect