Connect with us
Olivia Rodrigo: driving home 2u
Disney+

Film

Olivia Rodrigo: driving home 2u Review

Setiap live performance dalam dokumenter ini menghadirkan konsep visual dan aransemen yang memikat.

★ ★ ★ ★ ★
★ ★ ★ ★ ★

Pada usia 17 tahun, Olivia Rodrigo menuai kesuksesan yang tidak pernah Ia duga melalui single pertamanya, “Drivers License”. Memanfaatkan momentum dari meledaknya lagu patah hati tersebut, musisi muda ini tak ingin berlama-lama merasa nyaman di kesuksesan instannya. ‘Sour’ menjadi album debut Olivia Rodrigo pada 2021 lalu. Namanya sebagai musisi pendatang baru pun semakin mantap dengan ulasan positif akan ‘Sour’ dan penghargaan musik yang dimenangkan. 

Buat kita yang belum puas dengan ‘Sour’ dan stuck memutar album tersebut berkali-kali, menonton “Olivia Rodrigo: driving home 2u” (2022) di Disney+ Hotstar bisa menjadi pengalaman baru dalam memaknai ‘Sour’.

Lebih dari sekadar album coming of age dan kisah patah hati, sutradara Stacey Lee memberikan sajian dokumenter dari angle yang lebih personal. Melalui ‘driving home 2u’ kita akan mendengar curhatan Olivia tentang setiap lagu dari album perdananya tersebut, didukung dengan live performance setiap track dengan aransemen baru.

Olivia Rodrigo: driving home 2u

Olivia Rodrigo, Salt Lake City, dan ‘Sour’

Sebagai Film dokumenter, “Olivia Rodrigo: driving home 2u” memiliki konsep versi film dari album ‘Sour’. Kemudian ditambah dengan footage eksklusif proses produksi setiap lagu dan cerita Olivia Rodrigo dalam masa puber; dengan cinta, pencarian jati diri, dan kesuksesannya sebagai penyanyi muda. Film dokumenter ini memiliki alur yang rapi dan konsep yang jelas. Sangat nyaman untuk dijadikan tonton sambil bersantai buat kita yang menginginkan lebih lagi dari Olivia dengan ‘Sour’-nya. 

Plot utama film adalah Olivia Rodrigo melakukan perjalanan dari Salt Lake City, kampung halamannya, menuju Los Angeles, tempat tinggal barunya. Sambil bercerita tentang pembuatan album ‘Sour’, Ia melakukan live performance di setiap lokasi yang sudah familiar baginya. Kita akan mendengar tentang lagu pertama yang pernah Ia tulis, cerita dibalik setiap lagu, hingga eureka momen di studio ketika Ia menulis lagu seperti “Good 4 U” dan “Brutal”. 

Interaksi Olivia dengan produser musiknya, Dan Nigro juga menjadi footage yang menyenangkan untuk ditemukan. Bagaimana keduanya memiliki interaksi yang sehat dan kreativitas dalam proses penciptaan sebuah lagu.

Olivia Rodrigo: driving home 2u

Live Performance dengan Aransemen Kreatif dan Visual Sinematik

Lebih dari sekadar penampilan musik ala video klip, setiap live performance dalam ‘driving home 2u’ menghadirkan konsep visual dan aransemen yang memikat. Ada banyak lagu yang ditampilkan dengan aransemen sangat berbeda dari versi albumnya dan akan sayang jika kita lewatkan. Mulai dari hits seperti “Good 4 U” yang disajikan dengan aransemen full string instrument, hingga “1 Step Forward, 3 Steps Back” versi unplugged langsung dari mobil Olivia. Melalui setiap penampilan lagu dalam film ini, kita akan semakin melihat betapa berbakat dan multitalenta-nya Olivia Rodrigo sebagai musisi muda. 

Editing untuk film dokumenter ini juga sangat rapi, dikemas dengan sinematografi vintage, estetika yang sedang ngetren di kalangan anak muda. Salah satu highlight dalam editing ‘driving home 2u’ adalah ketika menyajikan hits sukses “Drivers License”. Sudah terlalu sering diputar dan bukan kejutan lagi bahwa lagu ini memiliki peran besar dalam karir Olivia Rodrigo, lagu ini ditampilkan dengan footage penampilan live yang telah dilalui penyanyi ini. Mulai dari penampilan di BRIT Awards, The Tonight Show Starring Jimmy Fallon, MTV Push, dan masih banyak lagi. Semuanya dikemas dengan editing dan sounds mixing yang rapi. 

Sajian Dokumenter Rising Star Muda yang Sentimental

 “Olivia Rodrigo: driving home 2u” merupakan film dokumenter yang informatif bagi penontonnya, sekaligus sentimental bagi Olivia Rodrigo dan penggemarnya. Olivia menjadi salah satu musisi masa kini yang berhasil meraih kesuksesan dengan momentum sempurna. Mulai dari “Drivers License”, ‘Sour’, dan kini film dokumenter pertamanya.

Konsep plot perjalanan dari Salt Lake City menuju Los Angeles juga lebih dari sekadar gimmick demi estetika film. Layaknya kehidupan yang kerap diibaratkan sebagai perjalanan, skenario ini sesuai dengan kisah napak tilas Olivia dalam menciptakan ‘Sour’, baik dari musikalitas maupun sisi personal yang dialami oleh Olivia. 

Bagi kita yang sudah menjadi penggemar Olivia Rodrigo, dijamin akan makin mengagumi penyanyi berbakat ini setelah menonton ‘driving home 2u’. Bagi yang belum terlalu mengenal Olivia dan album ‘Sour’-nya, film dokumenter ini bisa jadi gerbang sempurna untuk memulai perjalanan musik baru dengan berbagai lagu seputar patah hati dibalut dengan musik bedroom pop hingga alt-rock.

One Piece Film: Red One Piece Film: Red

One Piece Film: Red Review – Drama Bajak Laut Berbalut Musikal

Film

Drifting Home Drifting Home

Drifting Home Review: Ketika Tempat Menyimpan Berbagai Kenangan dan Trauma

Film

Woman King Woman King

Rekomendasi Film Terbaru Oktober 2022

Cultura Lists

blonde review blonde review

Blonde Review: Biopik Suram Marilyn Monroe yang Tidak Mencerahkan

Film

Connect