Connect with us
Konten terbaik Cultura Magazine 2019
Image: Rawpixel

Cultura Lists

Konten Terpopuler Cultura Sepanjang 2019

Mari melakukan kilas balik di sepanjang 2019 ini.

Cultura telah tumbuh dan berkembang dengan cukup pesat. Sebagai sebuah media yang bergerak di bidang hiburan, gaya hidup dan kebudayaan (pop-culture), Cultura berusaha menyeimbangkan diri di antara ketiganya. Di satu sisi, Cultura terus konsisten untuk menyajikan konten mengenai review beragam produk pop-culture. Di sisi lain Cultura pun mencoba untuk menampilkan sejarah panjang berbagai kebudayaan di dunia. Mulai dari sejarah pertama kalinya manusia minum susu, membaca komik strip, hingga bermain gasing.

Tulisan pertama yang paling banyak dibaca di Cultura adalah Joker Spoiler Review: Mengapa Kita Mengagumi Joker? Walaupun banyak kebencian yang ditujukan kepada pemberi spoiler di media sosial, nyatanya artikel berisi spoiler yang paling banyak dicari. Orang-orang tidak sabar dibuat penasaran ketika menunggu Joker ditayangkan. Mereka justru ingin tahu lebih dahulu apa yang akan mereka temukan di layar lebar. Sebaliknya review Joker yang tidak berisi spoiler dibaca sebanyak setengah dari spoiler review.

joker sekuel

Joker (2019) | Warner Bros.

Patut pula dipahami bahwa banyaknya jumlah pembaca review Joker karena filmnya sendiri yang mendobrak konsep kelaziman. Villain digambarkan begitu manusiawi dan dengan mengangkat topik kesehatan mental. Selain itu meningkatnya kesadaran publik tentang isu kesehatan mental ternyata membuat topik tulisan ini laku. Cultura Lists bertajuk 15 Film tentang Kesehatan Mental juga banyak dibaca. Tren lain yang digemari publik adalah binge watching berbagai serial menarik di Netflix. Hal ini turut mendorong tingginya jumlah pembaca review berbagai tayangan di Netflix seperti Marriage Story dan Money Heist.

Ternyata Kdrama juga memiliki peminat yang tak pernah surut. Di jajaran tulisan dengan pembaca tertinggi, delapan di antaranya adalah Kdrama. Review kdrama dengan pembaca terbanyak adalah Stranger From Hell. Drama lain adalah VIP, The Tale of Nokdu, Extraordinary You, Hit-and-Run Squad, Class of Lies, Doctor John, hingga When The Camellia Blooms. Rata-rata kdrama yang reviewnya dicari ini memasang aktor dan aktris yang memiliki basis penggemar besar di tanah air. Tak heran banyak yang penasaran dan mencari tahu review-nya. Apalagi kdrama VIP yang memiliki rating sangat tinggi.

Antichrist

Antichrist (2009)

Salah satu rubrik terpopuler di Cultura adalah Cultura Lists. List terpopuler tentu saja film. Mulai dari The 15 Best Gory Movies of All Time, 10 Rekomendasi Film Chick Flix di Netflix, sampai 10 Rekomendasi Film Adaptasi Stephen King. Satu-satunya Cultura Lists dengan pembaca terbanyak yang bukan merupakan film adalah 10 Lagu Cinta Terbaik Chrisye. Nampaknya sang legenda musik Indonesia tersebut tak pernah padam cahayanya di kalangan penikmat musik lokal. Selain itu ada pula Mawang yang dibaca cukup banyak. Musisi nyentrik satu ini tak hanya menarik perhatian di YouTube saja tetapi tulisan tentang dirinya pun tak kalah diminati.

baduy

Baduy | Photo: Gloredtha/Cultura

Walau tidak sepopuler section lain, section Culture ternyata juga tak kalah diminati. Bersinergi dengan Alam di Tanah Baduy telah dikunjungi ribuan kali. Walaupun Tanah Baduy bukanlah situs budaya yang baru diketahui tetapi nampaknya minat masyarakat untuk mengetahuinya tidak pudar. Kebudayaan Baduy sekaligus eksotismenya sebagai tempat wisata masih mampu membius publik. Kearifan lokal Suku Baduy patut menjadi pelajaran bagi kita semua untuk hidup berdampingan dengan alam. Tulisan ini menjadi relevan karena isu pemanasan global dan kerusakan lingkungan yang makin menggema. Bila alam semakin rusak, kita akan ke mana? Tak ada pilihan selain menjaganya.

the shining review

Genre horor pun menjadi salah satu genre terpopuler tahun ini. Ada beberapa review film horor yang menempati posisi jumlah pembaca tertinggi seperti The Shining, Midsommar, Perempuan Tanah Jahanam, hingga Hereditary. Perempuan Tanah Jahanam sebagai satu-satunya film horor lokal dengan pembaca terbanyak telah dikunjungi ribuan kali.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Cultura Magazine (@culturamagz) on

Selain itu, Cultura juga membuat topik rangkuman yang terbaik di 2019 dengan tajuk Cultura Best 2019. Merangkum berbagai topik mulai dari musik, film, serial sampai entertainment. Artikel paling banyak diminati mulai dari 10 Lagu Indonesia Terbaik 2019, Video Klip Terbaik 2019, Film Asia Terbaik 2019, sampai 10 Album Musik Terbaik 2019.

Konten yang paling banyak diminati dari Cultura adalah section film dan music. Untuk mengembangkan konten musik kami membuat program Cultura Music Live Session yang kami tayangkan di YouTube, bertujuan untuk memberikan ruang berekspresi kepada musisi/band lokal indie yang punya potensi dan tentunya kami kurasi berdasarkan musikalitasnya. Program musik ini menghadirkan musisi-musisi newcomer yang tampil live membawakan 1 lagu mereka sendiri dan 1 lagu cover pilihan yang diaransemen ulang.

Selamat tahun baru 2020 dari tim Cultura, semoga tahun ini menjadi tahun terbaik bagi kita semua. Cultura akan selalu menghadirkan konten-konten yang informatif dan menarik. Jika ada kritik dan masukan, silahkan email kami di [email protected] 🙂

Click to comment

Leave a Comment

Knives Out Review Knives Out Review

Knives Out Review: Film Detektif Original yang Menghibur

Film

Museum Musik Indonesia Malang Museum Musik Indonesia Malang

Museum Musik Indonesia dan Dominasi Rock di Malang

Music

pemenang tiff 2019 pemenang tiff 2019

Jojo Rabbit Review: Melihat Perang Melalui Sudut Pandang Bocah 10 tahun

Film

Film dengan Efek Visual yang Buruk Film dengan Efek Visual yang Buruk

Film Dengan Efek Visual Yang Buruk

Film

Advertisement
Connect