Connect with us
Hubie Halloween

Film

Hubie Halloween Review: Petualangan Mengamankan Kota di Malam Halloween

Proyek film horror comedy menyenangkan dari Adam Sandler.

★ ★ ★ ★ ★
★ ★ ★ ★ ★

Hubie Halloween merupakan Netflix Original Movie terbaru yang sudah bisa ditonton sejak 7 Oktober 2020. Film bergenre horror comedy ini disutradarai oleh Steven Brill, diproduseri dan dibintangi oleh Adam Sandler. Adam Sandler juga mengajak istrinya, Jackie Sandler, dan kedua putrinya, Sadie dan Sunny Sandler bermain dalam film terbarunya ini. Beberapa nama aktor populer lainnya juga turut memeriahkan film ini bertema Halloween ini. Mulai dari June Squibb, Ray Liotta, Tim Meadows, Noah Schanpp, Maya Rudolph, Ben Stiller, dan Shaquille O’Neal.

Bercerita tentang Hubie Dubois, warga kota Salem yang memiliki misi mulia; mengamankan kompleks di malam Halloween. Ketakutan Hubie menjadi nyata menjadi ketika sosok misterius mencuri satu persatu warga kota yang kerap merundungnya. Namun, perilaku buruk mereka tak menghalangi niat Hubie untuk menyelamatkan orang-orang hilang tersebut.

Hubie Halloween

Netflix

Hubie Dubois sebagai Karakter Utama yang Ikonik

Hubie Dubois yang diperankan oleh Adam Sandler memiliki penokohan yang menarik sebagai karakter utama. Tak sekedar pria yang tampak dungu yang di-bully satu kota, Hubie memiliki beberapa “fitur” menarik. Mulai dari aksen yang berbeda dari Adam Sandler, gesture dan pembawaan karakter, sifatnya yang penakut, hingga desain busana, dan ciri khas Hubie yang selalu membawa termos ajaib bagai payung Inspektur Gadget yang serbaguna. Karakter ini cukup ikonik untuk menjadi referensi lazy-Halloween-costume tahun ini.

Penokohan eksentrik ini memberikan banyak bekal untuk perkembangan materi humor sepanjang film. Sebagai film komedi dengan materi yang ringan, Hubie Dubois memang merupakan karakter yang tidak kompleks. Ia hanya memiliki dua karakteristik yang ditonjolkan; memiliki rasa peduli tinggi dan penakut.

Mengandung Materi Bullying dan Dirty Joke

Hubie digambarkan sebagai pemeran utama yang terus menerus mengalami perundungan. Mulai dari awal hingga mendekati babak terakhir, Hubie banyak dikerjai dan dipandang sebelah mata oleh hampir semua warga di kota Salem. Terasa sangat dipaksakan dan hiperbola. Namun, bukan berarti tidak menghibur, tergantung ekspektasi kita sebagai penonton ketika hendak menonton film ini. Penokohan Hubie sebagai korban bully juga merupakan salah satu bagian dari “fitur” pada karakter ini untuk pengembangan kisah.

Hubie Halloween

Netflix

Meski memiliki nuansa film menyenangkan ala film drama komedi keluarga, Hubie Halloween bukan film yang tepat sebagai tontonan bersama keluarga. Kita juga mungkin tak ingin menonton film ini sambil makan. Materi humor yang dimasukan dalam film ini kebanyakan merupakan materi dirty joke dan beberapa adegan yang akan membuat kita jijik.

Ada juga beberapa materi humor menarik seperti cameo yang mengejutkan, referensi trend kostum Harley Quinn, hingga ibu Hubie yang selalu mengenakan t-shirt dengan tulisan yang lucu. Beberapa karakter juga disengajah memiliki tampilan yang unik dan stand out sebagai materi humor yang gampangan.

Materi Cerita dan Plot Berantakan Namun Dijamin Mengundang Tawa

Jangan mengharapkan plot berkualitas dan naskah yang brilliant, Hubie Halloween tampaknya murni sebagai film komedi yang hanya berniat untuk menghibur perayaan Halloween tahun ini. Film ini terasa seperti sekantong permen aneka rasa yang tidak menyehatkan. Menumpahkan banyak materi komedi dan sederet karakter unik yang sangat overwhelming. Mulai dari adegan prolog yang tidak signifikan dengan kelanjutan cerita, pengembangan karakter yang seenaknya untuk mengakhiri kisah, hingga musik latar yang repetitif untuk mengiringi adegan Hubie yang itu-itu saja.

Jika bicara secara produksi dan kualitas film, Hubie Halloween memang terasa sangat murahan dan di bawah standard. Film ini memiliki vibe yang cukup serupa dengan franchies film Scary Movie. Bagi penonton yang terhibur oleh film komedi seperti The Hangover (2009) dan The Ridiculous 6 (2015), film ini memiliki gaya komedi yang cukup serupa.

Hubie Halloween mungkin film terbaik yang ada di Netflix saat ini, namun cukup menimbulkan semangat perayaan Halloween dan menghibur kita maupun penonton di penjuru dunia yang tahun ini tak bisa merayakan Halloween di luar rumah.

Click to comment
Advertisement
Cultura Podcast
Connect