Connect with us
Do Revenge
Netflix

Cultura Lists

10 Rekomendasi Film Bertema Balas Dendam

Sederet film drama hingga laga bertema balas dendam.

Balas dendam merupakan salah satu emosi manusia yang kuat dan telah diadaptasi dalam banyak film populer dari masa ke masa. Mulai dari kisah protagonis yang melakukan balas dendam karena pengkhianatan pribadi, atau mencari keadilan dalam skala sosial luas. Plot-plot balas dendam telah memikat penonton film selama beberapa generasi.

Film-film ini kerap mengangkat tema tentang moral, penebusan, dan konsekuensi dari balas dendam. Mulai dari film seperti “Kill Bill”, franchise “John Wick”, “Oldboy”, “Promising Young Woman”, dan masih banyak lagi film tentang balas dendam yang mungkin belum ditonton, berikut beberapa rekomendasinya yang patut ditonton.

Sicario (2015)

“Sicario” merupakan film thriller kriminal yang disutradarai oleh Denis Villeneuve. Mengikuti perjalanan seorang agen FBI idealis, Kate Macer yang dibintangi oleh Emily Blunt, direkrut untuk tergabung dalam operasi rahasia dengan tuan narkoba Meksiko sebagai target. Film ini mengangkat realitas brutal dalam perang melawan narkoba, plotnya intens dan menegangkan, penuh intrik dan tantangan moral.

Begitu pula pengorbanan pribadi yang mengikuti dalam upaya memperoleh keadilan di dunia yang gelap. “Sicario” juga memiliki plot balas dendam di dalamnya.

Do Revenge (2022)

“Do Revenge” merupakan film chick flick bertema balas dendam yang terinspirasi dari film klasik dengan plot yang kurang lebih sama. Kalau dalam film Netflix Original ini, diceritakan Drea mengalami penindasan reputasi ketika kekasihnya menyebarkan video pribadinya.

Ia pun bertekad untuk melakukan balas dendam ketika ia bertemu dengan Eleanor, siswi baru yang belum memiliki reputasi di sekolah tersebut. Sebagai film chick flick, vibe-nya cukup sama dengan “Mean Girls”, yaitu balas dendam di kalangan remaja dengan produksi yang lebih vibrant.

The Prestige (2006)

Berlatar di dunia pertunjukan sulap pada abad ke-19, “The Prestige” bercerita tentang persaingan intens antara dua pesulap, Robert Angier dan Alfred Borden yang dibintangi oleh Hugh Jackman dan Christian Bale. Saat persaingan mereka semakin memanas, obsesi mereka untuk saling menjatuhkan karir satu sama lain mengungkapkan rahasia gelap dan konsekuensi mematikan.

Tentang persaingan dan balas dendam, sepanjang plot film Christopher Nolan ini diisi dengan sekuen sabotase penampilan dan usaha menuntupi rahasia sulap masing-masing hingga mencapai batas akhir setiap karakternya.

Revenge (2017)

“Revenge” merupakan film thriller karya sutradara Coralie Fargeat. Kita akan mengikuti kisah Jen, wanita muda yang mencari keadilan dan balas dendam setelah mengalami pelecehan dan kekerasan brutal oleh sekelompok pria kemudian ditinggalkan di remote area untuk dibiarkan mati. Dibalut dengan tekad dan naluri bertahan hidup, Jen berubah menjadi sosok kuat yang memburu para penyerangnya satu per satu dalam pencarian tanpa ampun.

“Revenge” sebetulnya memiliki plot yang instan dan cepat, namun tetap seru dan menghibur karena diisi dengan sekuen laga, bertahan hidup, dan adegan-adegan yang ikonik serta berkesan. Meski banyak juga adegan yang terlihat berlebihan dan tidak masuk nalar, kekuatan utama film ini ada pada kebrutalannya yang cukup terstruktur.

Spectre (2015)

“Spectre merupakan film ke-24 dalam franchise James Bond. Disutradari oleh Sam Mendes, kali ini kita akan mengikuti kisah James Bond yang diperankan Daniel Craig dalam mengungkap organisasi jahat yang dikenal sebagai Spectre. Investigasi Bond membawanya dalam misi keliling dunia, di mana ia berhadapan dengan pemimpin misterius dan kuat dari Spectre, Franz Oberhauser.

Ketika ia semakin terjerat dalam rahasia Spectre, ia kemudian menemukan hubungan antara organisasi tersebut dengan masa lalunya sendiri. “Spectre” menjelajahi tema pengkhianatan dan dendam pribadi.

Marlina, Si Pembunuh dalam Empat Babak (2017)

“Marlina, Si Pembunuh dalam Empat Babak” merupakan film Indonesia yang disutradarai oleh Mouly Surya. Diceritakan wanita bernama Marlina yang diperankan oleh Marsha Timothy tinggal sendirian di desa terpencil di Pulau Sumba. Suatu hari sekelompok bandit datang ke rumahnya untuk mencuri dan memperkosanya.

Namun Marlina berhasil membunuh satu pelaku untuk membela diri, kemudian bertekad untuk memburu sisa penjahat yang berhasil kabur. Melalui kisah Marlina, kita juga jadi bisa melihat isu keamanan dan penegakan hukum di desa terpencil yang sangat minim dukungan dari pemerintah.

Berbalas Kejam (2023)

Masih sangat baru dan sempat ramai di Prime Video, “Berbalas Kejam” merupakan film bertema balas dendam yang disutradarai oleh Teddy Soeriaatmadja. Dibintangi oleh Reza Rahadian sebagai Adam, seorang arsitek yang dirundung trauma selama dua tahun kehidupannya.

Hal tersebut karena ia mengalami tragedi dimana ia menyaksikan istri dan anaknya dibunuh di depan matanya. Selain pergi ke psikiater untuk penyembuhan mental, Adam juga melancarkan aksi balas dendam pada pihak-pihak yang bertanggung jawab atas kematian orang terkasihnya.

Kate (2021)

Buat yang suka “John Wick” dan “Kill Bill”, “Kate” bisa jadi film tentang balas dendam yang seru juga untuk ditonton. Bercerita tentang agen pemnubuh bayaran bernama Kate yang diperankan oleh Mary Elizabeth Winstead. Setelah menjalani misi terakhirnya, Kate memiliki tujuan untuk pensiun dan menikmati hidupnya dalam kebebasan.

Namun, ia justru diracuni dalam misi terakhir tersebut dan hanya memiliki kebebasan dalam menjalani hidup selama 24 jam. Ia pun menggunakan sisa waktunya untuk mencari dalang dan membalaskan dendamnya. “Kate” merupakan film laga dengan sekuen bertarung yang seru, dengan protagonis tahan banting dan fokus dalam mencapai tujuannya.

The Godfather Part II (1974)

“The Godfather Part II” merupakan film bertema balas dendam yang slow burn, karena seperti kata Vito Corleone, ‘revenge is a dish best served cold’. Menceritakan awal kehidupan Don Vito Corleone muda yang diperankan oleh Robert De Niro dalam membangun ‘bisnis keluarganya’ sebagai imigran, hingga akhirnya ia memiliki kekuatan untuk melakukan balas dendam kepada pihak yang membuat masa kecilnya terasingkan.

Sekuel ini juga menampilkan plot Michael Corleone yang mengalami pengkhianatan dari keluarganya sendiri, mendorongnya menjadi pribadi yang lebih kejam dan tega melakukan balas dendam bahkan pada pihak yang paling dekat.

Nocturnal Animals (2016)

Balas dendam tak selalu harus dalam bentuk kekerasan fisik, pembunuhan, dan teror yang mempertaruhkan nyawa. “Nocturnal Animals” bisa jadi film bertema balas dendam dengan eksekusi yang unik buat kita yang ingin eksekusi berbeda dalam skena tema ini. Dibintangi oleh Isla Fisher dan Jake Gyllenhaal, Susan dan Edward pernah menikah. Namun harus berpisah ketika realita menghantam prioritas Laura.

Setelah lama berpisah, suatu hari Susan mendapat kiriman novel dari Edward berjudul ‘Nocturnal Animals’ serta undangan makan malam bersama mantan suaminya tersebut. Sambil menunggu momen reuni mereka, Susan membaca novel yang mengungkapkan realita gelap dalam pernikahan lamanya tersebut.

Lost in Translation & Her: Kesepian dan Perpisahan dari Dua Perspektif

Film

Siksa Kubur & Badarawuhi di Desa Penari: Rayakan Lebaran dengan Film Horor Lokal

Entertainment

Monkey Man Monkey Man

Film & Serial Terbaru April 2024

Cultura Lists

Perfect Days Perfect Days

Perfect Days: Slow Living & Komorebi

Entertainment

Connect