Connect with us
Cr. Kevin Winter / Getty Images

Cultura Lists

10 Lagu Original Film Terbaik

Sederet lagu terbaik yang diciptakan sempurna untuk melengkapi film.

Musik dan lagu merupakan elemen penting untuk melengkapi kesempurnaan produksi film. Lagu original dalam film lebih dari sekadar lagu yang catchy dengan dibawakan oleh penyanyi populer. Beberapa lagu original film memang kerap menjadi salah satu aset promosi, hingga soundtrack yang baru terdengar ketika credit diputar saja. Kesuksesan ‘lagu original’ memiliki tolak ukur yang berbeda dengan ‘lagu’ untuk konsumsi industri musik.

Lagu original film terbaik adalah lagu yang dikomposisi khusus untuk melebur dalam naskah, menjadi bagian dalam film yang meninggalkan kesan mendalam pada penonton. Berikut beberapa lagu original film terbaik versi Cultura, yang tak sekadar populer, namun berdasarkan seberapa besar dampak lagu tersebut dalam memengaruhi naskah film.

Nobody Knows I’m Here

By. Carlos Cabezas
From: Nobody Knows I’m Here (2020)

Mulai dari judul film, judul lagu, kisah protagonis, hingga keseluruhan naskah “Nobody Knows I’m Here” melengkapi satu sama lain. Film ini menceritakan tentang seorang pria yang mengalami trauma dan terasingkan. Memiliki suara emas, Ia hanya berakhir sebagai pengisi vokal untuk sosok penyanyi lain yang dianggap lebih rupawan oleh produser.

Sepanjang film, kita hanya akan mendengar protagonis menyanyikan bait pertama lagu. Adegan dimana Ia akhirnya menyanyikan lagu tersebut dari awal hingga akhir menjadi adegan klimaks yang monumental. “Nobody Knows I’m Here” merupakan film underrated yang sayang untuk dilewatkan di Netflix.

Remember Me

By. Kristen Anderson-Lopez & Robert Lopez
From: Coco (2017)

‘Remember Me’ merupakan lagu original film terbaik dari film animasi “Coco” pada 2017. Lagu tersebut menjadi bagian dalam naskah “Coco” sebagai hits dari musisi legendaris, Ernesto de la Cruz. Hingga akhirnya terungkap bahwa lagu tersebut adalah lagu yang diciptakan oleh Hector untuk putrinya, Coco. Ia tidak berniat membuat hits populer, namun hanya lagu sederhana dari seorang ayah untuk anak perempuannya. Adegan ketika Miguel menyanyikan lagu tersebut dan disambut dengan Mama Coco menjadi momen yang akhirnya membuat ‘Remember Me’ terasa lebih menyentuh.

The Moon Song

By. Karen O
From: Her (2013)

Setiap pasangan memiliki lagu cinta yang spesial, semacam totem abadi untuk menandai hubungan mereka. ‘The Moon Song’ menjadi lagu sederhana yang menandai kisah cinta unik antara Theodore dan Samantha dalam “Her”. ‘The Moon Song’ merupakan lagu dengan lirik yang menandai hubungan jarak jauh (LDR). Bukan LDR biasa, jarak di antara Theodore dengan kekasih virtualnya tidak pernah bisa dijangkau. Namun, keduanya bisa merasakan kehadiran satu sama lain, bagaikan Bumi dan Bulan. Kesederhanaan ‘The Moon Song’ menjadi lagu cinta yang sentimental. Keduanya juga sempat berduet dalam satu adegan dimana Theodore memainkan ukulele.

Shallow

By. Lady Gaga, Mark Ronson, Anthony Rossomando, & Andrew Wyatt
From: A Star Is Born (2018)

Lady Gaga berhasil memenangkan Oscar pertamanya dengan “Shallow” sebagai Best Original Song pada 2018 lalu. Ia juga bersinar sebagai bintang utama, Ally, wanita yang berhasil menjadi idola berkat bantuan kekasihnya, Jackson Maine. Sebagai film bertema kehidupan penyanyi dalam menanjaki karir di industri musik, ‘Shallow’ menjadi salah satu momen breakout Ally tampil di panggung besar untuk pertama kalinya. Sebagai popstar yang mendunia, Lady Gaga mampu membawakan lagu tersebut sambil berakting seakan-akan penampilan tersebut adalah penampilan pertamanya. Ada banyak lagu bagus dalam “A Star Is Born”, namun penampilan ‘Shallow’ untuk pertama kalinya menjadi adegan yang paling memukau dalam film ini.

Colors of the Wind

By. Alan Menken & Tim Rice
From: Pocahontas (1995)

“Pocahontas” merupakan film Disney Princess yang tidak fokus pada romansa Pocahontas dengan John Smith. Animasi tersebut memiliki pesan yang lebih besar untuk disampaikan, yaitu tentang isu rasisme hingga eksploitasi alam oleh manusia. ‘Colors of the Wind’ merupakan lagu original film terbaik yang merangkum semua pesan tersebut dalam rangkaian lirik yang indah dan menggugah.

Dalam filmnya, Pocahontas berinteraksi dan memberi pelajaran tentang kehidupan oleh John Smith melalui lagu tersebut. Tak heran jika John Smith dibuat terpesona oleh Pocahontas. Lagu tersebut secara tidak langsung juga memancarkan inner beauty dari Pocahontas dengan pemahamannya akan alam beserta isinya.

Drive It Like You Stole It

By. Jordan Cole Lawson, Don Derby, & Jonathan Blaine Lawson
From: Sing Street (2016)

Memiliki presentasi yang serupa dengan ‘Shallow’, ‘Drive It Like You Stole It’ merupakan lagu yang menandai penampilan pertama band Sing Street saat pensi sekolah. “Sing Street” merupakan film drama tentang sekelompok remaja laki-laki yang membentuk band rock. Semua lagu original dalam film ini memiliki aransemen rock dan new wave yang kental. Satu album original soundtrack “Sing Street” juga patut didengarkan. Namun, ‘Drive It Like You Stole It’ menjadi lagu paling monumental ketika ditampilkan dalam film ini.

My Heart Will Go On

By. James Horner & Will Jennings
From: Titanic (1997)

‘My Heart Will Go On’ merupakan lagu original film terpopuler yang dinyanyikan oleh diva, Celine Dion untuk film romansa legendaris, “Titanic”. Lagu original ini memiliki komposisi yang tak jauh berbeda dari musik latar yang tak kalah populer juga, ‘Hymn of the Sea’ yang juga dikomposisi oleh James Horner. Oleh karena itu, “Titanic” merupakan film dengan musik tema yang berkarakter kuat. Setiap mendengarkan alunan musik dari film ini, kita akan langsung mengingat kisah cina ajaib antara Rose dan Jack dalam film yang juga dinobatkan sebagai Best Picture pada Oscar 1998 silam.

Beauty and the Beast

By. Alan Menken & Howard Ashman
From: Beauty and the Beast (1991)

Memiliki judul yang sama dengan judul filmnya, ‘Beauty and the Beast’ merupakan lagu original yang sempurna dalam merangkum kisah cinta Belle dengan Beast. Lagu ballad yang romantis ini juga menjadi pengiring sempurna untuk adegan paling monumental dalam film animasi ini, yaitu ketika keduanya berdansa dan akhirnya saling jatuh cinta. Perpaduan antara sinematografi, alunan musik, hingga narasi dalam adegan tersebut merupakan salah satu yang paling ikonik dalam sejarah animasi Disney.

Let It Go

By. Kristen Anderson-Lopez & Robert Lopez
From: Frozen (2013)

Lebih dari sekadar lagu Disney paling populer beberapa tahun belakangan, ‘Let It Go’ merupakan lagu dengan lirik dan narasi yang merangkum perkembangan karakter Elsa dengan sempurna. Ketika ‘Let It Go’ dikumandangkan, adegan tersebut merupakan momen yang monumental dalam “Frozen”. Bait demi bait, kita bisa mendengarkan ungkapan hati Elsa. Dari yang merasakan kegundahan karena kini semua orang mengetahui kekuatannya, hingga akhirnya Ia mampu memeluk dan mengekspresikan kekuatan yang Ia sembunyikan selama ini.

Skyfall

By. Adele & Paul Epworth
From: Skyfall (2012)

Banyak lagu original film terbaik James Bond dari masa ke masa. Tim produksi franchise besar ini telah memiliki standarnya sendiri ketika mengajak musisi populer untuk bergabung dengan proyek musik mereka. Salah satu yang terbaik adalah “Skyfall” yang diciptakan dan dibawakan oleh diva asal Inggris, Adele. ‘Skyfall’ juga diakui sebagai Best Original Song dalam Oscar 2013 silam.

Click to comment

top gun maverick top gun maverick

Top Gun: Maverick Review – Sajian Nostalgia Yang Mendebarkan

Film

Chip ‘n Dale: Rescue Rangers Chip ‘n Dale: Rescue Rangers

Chip n’ Dale: Rescue Rangers Review

Film

Little Big Women Little Big Women

Little Big Women: Cerita Para Perempuan dan Cara Menyembuhkan Diri dengan Memaafkan

Film

Coda review Coda review

CODA Review: Antara Mimpi dan Menjadi Telinga Bagi Orang Lain

Film

Advertisement
Connect