Connect with us
keanu reeves
Cr. Gareth Cattermole via Getty Images

Cultura Lists

10 Film Terikonik Keanu Reeves

Mulai dari “John Wick” series, “The Devil’s Advocate”, hingga “The Matrix”.

Keanu Reeves merupakan salah satu aktor Hollywood terpopuler saat ini. Tak hanya dikagumi melalui berbagai karakter keren dalam film, aktor karismatik ini juga dicintai karena kepribadiannya setiap kali kemunculannya di publik.

Sejak debut akting pada era 1980an, karir Keanu Reeves terus menanjak dengan berbagai peran-peran ikonik. Mulai dari film laga, drama keluarga, komedi, bahkan film percintaan.

“John Wick: Chapter 4” sedang tayang di bioskop dan kembali membuat Keanu Reeves kembali ke spotlight. Menjadi sekuel film laga yang telah dinanti-nanti oleh penggemarnya, film arahan Chad Stahelski ini ternyata telah berhasil juga memuaskan penonton dengan kualitasnya. Dia adalah pembunuh profesional, pengacara, agen FBI, pengusir iblis, hingga seorang ronin, berikut sederet film terikonik Keanu Reeves.

Youngblood (1986)

Sebelum membahas sederet film terikonik Keanu Reeves yang populer, “Youngblood” merupakan film debutnya pada usia 22 tahun. Ia berperan sebagai Heaver, sementara aktor Rob Lowe menjadi bintang utama sebagai Dean Youngblood.

“Youngblood” merupakan drama olahraga, bercerita tentang Dean Youngblood, seorang remaja pemain ice hockey berbakat yang berusaha tampil unggul di Canadian Junior Hockey, hingga akhirnya menarik perhatian pencari pemain untuk National Hockey League.

Bill & Ted’s Excellent Adventure (1989)

“Bill & Ted’s Excellent Adventure” merupakan film fiksi ilmiah komedi dimana Keanu Reeves beradu akting dengan Alex Winter sebagai sahabat. Bill dan Ted adalah kawan SMA yang memulai band. Mereka terancam gagal dalam kelas sejarah, dimana jika gagal Tes akan dikirim ke sekolah militer.

Mereka pun bertemu Rufus (George Carlin), seorang penjelajah waktu dari peradaban dimana band musik adalah hal yang fundamental. Dengan bantuan Rufus, Bill dan Ted berpetualang melintasi waktu untuk mewujudkan mimpi dan menuntaskan ujian sejarah mereka.

Point Break (1991)

Dalam “Point Break”, Keanu Reeves berperan sebagai Johnny Utah, seorang agen FBI. menyusup dalam kelompok perampok bank. Namun, misinya menjadi kompleks ketika ia malah berteman dengan pemimpin gang, Bodhi (Patrick Swayze).

“Point Break” merupakan film laga kriminal yang memposisikan Reeves sebagai agen FBI dengan dilema pribadi ketika emosi mempengaruhi sentimennya pada kriminal yang seharusnya menjadi kasus untuk dituntaskan, yaitu dengan menangkap Bodhi.

Speed (1994)

“Speed” juga menjadi film terikonik Keanu Reeves bergenre laga. Dalam film ini ia berperan sebagai polisi bernama Jack Traven, beradu akting dengan Sandra Bullock sebagai Annie Porter. Seorang teroris gagal dalam melakukan pengeboman di elevator. Kemudian berpindah target pada bus umum dengan sekelompok penumpang tak berdaya.

“Speed” menjadi film action thriller dengan plot yang sudah sempurna sebagai wahana aksi menegangkan, Reeves tampil sebagai sosok polisi yang heroik dan memiliki chemistry dadakan dengan Sandra Bullock sebagai salah satu penumpang bus.

The Devil’s Advocate (1997)

Dalam “The Devil’s Advocate”, Keanu Reeves bermain peran sebagai pengacara handal, Kevin Lomax. Ia beradu akting dengan aktor kondang Al Pacino sebagai John Milton dan Charlize Theron sebagai istrinya, Mary Ann Lomax. Kevin Lomax ahli dalam memenangkan kasus yang ia bela. Ia pun mendapatkan tawaran untuk bekerja di firma yang lebih besar di New York oleh John Milton yang berkarisma.

Namun, pekerjaan dengan upah dan kemenangan yang besar ternyata memiliki konsekuensi serta pengorbanan yang besar uga dari kehidupan Kevin Lomax.

The Matrix (1999)

Keanu Reeves sebagai Neo bisa jadi peran terikonik tiga teratas sepanjang karirnya di Hollywood. Thomas Anderson adalah seorang programmer. Kehidupan dan realitanya pun mengalami perubahan drastis ketika ia bertemu dengan sosok pria misterius yang menawarinya pil merah dan pil biru. Tak hanya Neo saja yang ikonik, “The Matrix” sendiri telah menjadi film fiksi ilmiah terikonik yang masih merilis banyak sekuel.

Yang paling terbaru adalah “The Matrix Resurrection” pada 2021 lalu. Keanu Reeves juga masih bintang utama yang meng-carry kepopuleran film ini. Masih awet juga dengan dua aktor lainnya, Carrie-Anne Moss sebagai Trinity dan Laurence Fishburne sebagai Morpheus.

Constantine (2005)

Satu lagi film terikonik Keanu Reeves adalah “Constantine”. Dalam film yang diangkat dari komik DC ini, Reeves berperan sebagai John Constantine, pengusir iblis yang memiliki kekuatan supranatural. Berkomunikasi dengan malaikat dan iblis, hingga menjadi jembatan antara surga dan neraka.

Dalam film pertama ini, Reeves beradu akting dengan Rachel Weisz sebagai Angela Dodson. Ia seorang detektif yang membutuhkan bantuan Constantine untuk menguak misteri dibalik kematian tak wajar saudari kembarnya. “Constantine” sedang dalam proses diskusi untuk mendapatkan sekuel.

The Lake House (2006)

Tak selalu film laga saja, Keanu Reeves juga bermain dalam film drama percintaan “The Lake House”. Dalam film ini, Reeves kembali beradu akting dengan Sandra Bullock, kali ini murni dalam skenario drama yang tenang dan romantis.

“The Lake House” sebetulnya merupakan film adaptasi dari versi Korea Selatan, “Il Mare” (2000), namun dengan sedikit modifikasi. Bercerita tentang seorang arsitek dan dokter, keduanya berbagi kisah hidup melalui kotak surat ajaib yang mampu melintas waktu.

47 Ronin (2013)

Sebelum di “John Wick: Chapter 4”, Keanu Reeves sudah pernah satu film dengan aktor Jepang, Hiroyuki Sanada (yang berperan sebagai Shimazu) dalam “47 Ronin”. Dalam film Hollywood estetika Jepang ini, Reeves berperan sebagai ronin berdarah campuran bernama Kai.

Dikisahkan Asano adalah pemimpin Ako yang bunuh diri setelah dituduh sebagai pembunuh oleh rivalnya, Kira. Setelah Asano meninggal dengan seppuku, para pengikutnya menemukan kebenaran bahwa pemimpinnya bukan orang bersalah. Dipimpin oleh Oishi Yoshio, Kai bersama samurai lainnya hendak membalaskan dendam akan kematian Asano.

John Wick (2014)

Pertama kali rilis pada 2014, “John Wick” merupakan salah satu film tersukses yang dibintangi oleh Keanu Reeves. Dimana lagi-lagi ia menjadi aktor utama yang meng-carry popularitas judul yang telah sampai pada film keempatnya ini. Sulit memang memikirkan sosok John Wick jatuh di tangan aktor lain.

Keanu Reeves sebagai John Wick sudah seperti Tom Cruise sebagai Ethan Hunt atau Robert Downey Jr. sebagai Iron Man; tidak tergantikan. John Wick telah menjadi salah satu karakter antihero terikonik dan terpopuler dalam semesta neo-noir yang memikat.

Locke Locke

Locke Review: Satu Malam Untuk Selamanya

Film

Mass Mass

Mass Review: Kekuatan Komunikasi Dalam Usaha Penyembuhan Pasca Tragedi

Film

Jatuh Cinta Seperti di Film-film Jatuh Cinta Seperti di Film-film

Jatuh Cinta Seperti di Film-film Review: Leburan Realita dan Fiksi Penulis

Film

Family Switch Family Switch

Family Switch Review: Jennifer Garner Kembali Perankan Remaja Di Tubuh Dewasa

Film

Connect