Connect with us
Rekomendasi Film & Serial Bertema Survival Death Game

Cultura Lists

Rekomendasi Film & Serial Bertema Survival Death Game

Sederet film dan serial bertema permainan mematikan seperti “Squid Game”.

Survival death game atau permainan mematikan telah menjadi salah satu tema film maupun serial yang populer. Film franchise seperti “The Hunger Games”, “Saw”, hingga “The Purge” menjadi beberapa judul yang mengawali tren genre survival death game dalam budaya pop modern.

Pada 2021, popularitas “Squid Game” kembali meningkatkan minat pada genre dengan niche spesifik ini. Ada banyak serial, film, hingga anime bertema survival death game yang mungkin belum kita semua ketahui, berikut rekomendasi dari Cultura.

Alice in Borderland

Diangkat dari manga berjudul serupa karya Haro Aso, “Alice in Borderland” sempat kembali ke Top 10 Netflix Indonesia mengikuti kepopuleran “Squid Game”. Melalui sudut pandang Arisu Ryohei, dan kedua sahabatnya, kita akan masuk dalam dimensi lain yang mengharuskan kita untuk mengikuti serangkaian game dengan tujuan bertahan hidup. Mulai dari game yang mengasa otak, hingga yang mengandalkan ketangkasan fisik.

“Alice in Borderland” memiliki berbagai permainan yang lebih kompleks dan kental dengan nuansa suspense yang suram.

Alice in Borderland Review

Alice in Borderland (Netflix)

The I-Land

“The I-Land” merupakan serial survival thriller yang bisa ditonton di Netflix. Bercerita tentang sepuluh orang terdampar di sebuah pulau tropis. Tak hanya terjebak di pulau tanpa akses, semua orang mengalami amnesia dan tidak mengingat apapun. Perbedaan karakter dan motivasi akhirnya menciptakan suasana yang mengancam bagi setiap orang yang hanya ingin mencoba untuk bertahan hidup. “The I-Land” memiliki plot twist dengan sentuhan fiksi ilmiah yang cukup tidak terduga.

3%

Satu lagi serial survival yang bisa ditonton di Netflix adalah “3%”. Tak hanya mengadaptasi konsep death game, serial ini juga berlatar di dunia distopia. Inland merupakan daerah tempat tinggal para masyarakat miskin di masa depan. Untuk mengubah nasib dan mendapatkan kehidupan yang lebih baik ke area elit bernama Offshore, pemuda pemudi Inland mendapatkan kesempatan yang sama untuk mengikuti serangkaian tes ketika menginjak usia 20 tahun. Namun, persentase sejauh ini bagi penduduk Inland yang lolos menuju Offshore hanya sebesar 3%.

Darwin’s Game

Bicara tentang tema survival death game, anime menjadi cabang budaya pop yang sudah tidak asing lagi genre ini. Salah satu serial anime yang bisa kita tonton adalah “Darwin’s Game”.

Diangkat dari manga karya FLIPFLOPs, anime thriller survival satu ini melibatkan sebuah aplikasi smartphone misterius yang akan menjebak penggunanya dalam sebuah permainan mematikan. Kaname Sudo adalah seorang murid SMA yang tidak sengaja menerima undangan permainan setelah salah satu teman sekolahnya menghilang. Setelah mengetahui bahwa dirinya tak memiliki pilihan untuk kabur, Kaname berambisi untuk menyelesaikan setiap game yang diberikan dan menemukan Game Master dari aplikasi terkutuk tersebut.

Death Parade

“Death Parade” merupakan serial anime yang diproduksi Madhouse, studio yang sebelumnya menuai kesuksesan besar melalui serial anime legendaris, “Death Note”. “Death Parade” mengusung tema survival death game di alam baka dalam rupa bar minuman yang elegan. Permainan yang disuguhkan lebih bernuansa gambling atau bar game seperti darth, bowling, billiard, dan masih banyak lagi. Namun dimodifikasi dengan sentuhan supernatural.

Tak hanya menegangkan, setiap permainan dalam “Death Parade” dirancang untuk bersinggungan dengan hal personal dari masing-masing pemainnya.

The Future Diary

“The Future Diary” kini tersedia di katalog Netflix untuk kita tonton. Yukiteru Amano adalah seorang siswa SMA penyendiri. Ia lebih suka menghabiskan waktu dengan menulis jurnal di handphone-nya.

Terlalu lama tenggelam dalam dunia sendiri, imajinasi Yukiteru pun berubah menjadi nyata, ketika Ia menyadari bahwa jurnal handphone-nya mampu memberikan berbagai informasi akan masa depan. Semuanya tampak menguntungkan dan menyenangkan, sampai akhirnya muncul sebelas orang lain dengan jurnal masa depan masing-masing, bertarung dalam sebuah battle royale yang menghalalkan segala cara untuk menang.

Circle Review

Circle (2015)

Circle

“Circle” merupakan film survival dengan genre fiksi ilmiah, diklaim oleh penulis naskahnya terinspirasi oleh “12 Angry Men”. Berlatar di sebuah ruangan gelap berbentuk lingkaran, lima puluh orang dari berbagai latar belakang, gender, dan usia dipaksa untuk menentukan siapa yang harus dieksekusi melalui voting dengan durasi.

Meski tidak secerdas “12 Angry Men”, film dengan konsep yang sederhana ini cukup menghibur bagi kita yang sedang mencari tontonan bertema survival dengan adu argumen.

The Platform

Merupakan salah satu Netflix Original Movie yang underrated, “The Platform” merupakan film thriller Spanyol yang patut ditonton. Berlatar di masa depan, tercipta sebuah penjara semacam tabung vertikal dengan ‘platform’ di bagian tengah penjara, digunakan untuk mendistribusikan makanan setiap hari.

Setiap jangka waktu tertentu, setiap tahanan akan dipindahkan ke level yang berbeda. Semakin rendah level, semakin sedikit makanan yang akan diperoleh. Lebih dari sekadar film survival thriller yang brutal, “The Platform” sebetulnya menyimpan pesan moral sosial yang sangat brilian.

The Game

“The Game” merupakan film drama suspense dari sutradara David Fincher, dibintangi oleh Michael Douglas. Nicholas van Orton adalah seorang banker investasi yang sukses. Ia mendapatkan hadiah misterius dari saudaranya, untuk berpartisipasi dalam sebuah permainan yang secara mengejutkan berhubungan dengan kehidupan pribadinya.

Memang berbeda dengan survival thriller lain dalam daftar rekomendasi ini, namun “The Game” merupakan salah satu koleksi klasik yang patut kita ketahui dari salah satu sutradara terkenal ini.

The Belko Experiment

Ingin survival death game yang brutal lagi? “The Belko Experiment” merupakan rekomendasi berikutnya. Film ini berlatar di sebuah perusahan besar dengan jumlah pekerja masal. Suatu hari, semua pegawai mendapatkan pengumuman untuk membunuh kolega mereka atau pegawai secara acak akan dibunuh oleh sniper yang berada di luar gedung perusahaan.

Tak bisa kabur dari kantor yang sudah dikunci, tak lupa memutus semua akses komunikasi, semua pegawai berusaha untuk bertahan hidup; baik dengan akal sehat maupun brutal dan tak pikir dua kali untuk saling membunuh.

The Outsider Review The Outsider Review

10 Film Hollywood dengan Estetika Jepang

Cultura Lists

Happiest Season Happiest Season

Rekomendasi Film Chick Flick 2020an

Cultura Lists

Kilas Balik Trilogi Baru Star Wars: Kehancuran Sebuah Franchise

Entertainment

My Missing Valentine My Missing Valentine

My Missing Valentine: Menyusuri Ingatan Satu Hari yang Hilang

Film

Connect