Connect with us
Squid Game Review Indonesia
Netflix

TV

Squid Game Review: K-drama Survival Thriller dengan Plot yang Fokus

Satu lagi serial bertema survival thriller dengan sedikit elemen baru.

★ ★ ★ ★ ★
★ ★ ★ ★ ★

Terbelit dalam hutang dan tidak bisa menjadi sosok ayah yang sempurna, Seong Gi-hun (Lee Jung-jae) mendapat kesempatan untuk memenangkan uang jutaan won dalam rangkaian permainan tradisional. Tak hanya dirinya, sekitar empat ratus orang lainnya mendapatkan kesempatan yang sama. Namun, nyawa mereka menjadi taruhan untuk keluar sebagai pemenang.

“Squid Game” merupakan drama Korea terbaru di Netflix yang sedang trending. Bukan genre yang asing lagi, namun cukup langkah dalam katalog drama Korea pada umumnya.

“Squid Game” merupakan serial bertema ‘survival death game’ karya sutradara Hwang Dong-hyuk. Bagi penggemar “Alice in Borderland”, “Hunger Games”, “Battle Royale”, dan judul-judul lain serupa, serial ini bisa menjadi tontonan yang seru.

Squid Game Netflix

Netflix

Ubah Permainan Tradisional Korea menjadi Permainan Mematikan

Meski memiliki rumus yang cukup serupa dengan banyak tema ‘survival death game’ yang sudah pernah ada, “Squid Game” memiliki ide spesifik dan desain produksi serial yang memiliki ciri khasnya sendiri.

Konsep dasarnya adalah usaha bertahan hidup melalui serangkaian permainan tradisional anak di Korea. Dimana latar lokasi memiliki desain yang didominasi warna-warna cerah, hingga seragam para pemain yang serupa dengan seragam olahraga anak sekolah.

Pilihan warna vibrant yang mendominasi adegan, khususnya di arena bermain menciptakan nuansa distopia yang kontras dengan kehidupan di luar arena. Ada perasaan tidak nyaman yang ditimbulkan ketika dua unsur yang bertolak belakang bertemu, yaitu permainan anak-anak dengan materi sadis.

Produksi “Squid Game” yang totalitas menjadi modal bagi sutradara untuk menciptakan sinematografi yang memikat. Meski merupakan sebuah komoditi yang sudah banyak pendahulunya, serial ini tetap memberikan materi yang terasa fresh. Konsepnya juga tidak terlalu claustrophobic, membuat latar cerita terasa lebih luas. Kemudian didukung juga dengan musik tema maupun musik latar yang menambah karakteristik dari serial ini.

Squid Game Review

Karakter dengan Kisah Latar Belakang yang Dekat dengan Masalah Kehidupan

Seong Gi-hun sebagai karakter utama dalam kisah ini memiliki penokohan ala protagonis film neo-noir. Begitu juga dengan karakter pendukung lainnya, dimana kehidupan tidak berpihak pada mereka. Mulai dari seorang pebisnis yang gagal (Park Hae Soo), imigran dari Korea Utara (Ho Yeon Jung), dan masih banyak lagi karakter pendukung dengan kemalangan masing-masing.

Berbeda dengan tema ‘survival game’ lain yang claustrophobic dan di bawah tekanan, “Squid Game” memiliki konsep yang lebih dekat dengan realita. Dimana setiap karakter memiliki motivasi yang lebih rasional dan lebih dari sekadar bertahan hidup atau takut mati. Episode demi episode, kita akan menemukan karakter lain dengan motivasi yang berbeda dan variatif.

Kalau soal penampilan akting, drama Korea tidak pernah mengecewakan. Setiap aktor berhasil memberikan penampilan yang memikat dan tidak terlupakan. Serial ini merupakan debut akting dari model Ho Yeon Jung, dan Ia berhasil memberikan penampilan perdana yang berkualitas.

Squid Game

K-drama dengan Durasi Ideal Serta Plot yang Fokus

“Squid Game” memiliki format serial Netflix yang serupa dengan format serial barat dalam platform ini. Terdiri dari 9 episode yang dirilis secara bersamaan, “Squid Game” juga memiliki durasi yang “normal” untuk sebuah serial, sekitar 50 menit hingga 60 menit per episode.

Plot yang disuguhkan juga lebih fokus, dengan ketegangan dan nuansa horor yang tepat. Ada sedikit sentuhan drama yang emosional, namun komposisinya pas untuk mempermainkan perasaan penonton.

Pada serial drama Korea pada umumnya, selalu ada cerita pendamping yang kerap memakan durasi dan tidak terlalu signifikan dengan kisah protagonis. Namun tidak dengan serial yang dibintangi oleh Lee Jung-jae ini. Mulai dari awal hingga akhir, cerita fokus berkutat di sekitar Seong Gi-hun sebagai karakter utama.

Setiap babak permainan yang dihadirkan juga sangat seru untuk disimak, salah satu permainan dengan directing terbaik ada pada episode 4, kemudian berlanjut ke episode 5. Hanya saja, episode terakhir mulai kehilangan elemen yang membuat serial ini memikat. Ada beberapa keputusan yang dibuat oleh protagonis terasa tidak melegakan dan antiklimaks.

“Squid Game” merupakan serial dengan konsep ‘survival death game’ yang sudah tidak asing lagi, namun merupakan hal baru dan membawa drama Korea ke level berikutnya. Dengan penulisan naskah yang lebih fokus dan keberanian untuk mengeksekusi genre yang ekstrem.

Click to comment

A World Without Review A World Without Review

A World Without Review: Dystopia Futuristik Bertema Pemberdayaan Wanita

Film

Diana The Musical Diana The Musical

Diana The Musical Review: Broadway Comedy Show yang Tak Pantas untuk Putri Diana

Film

There’s Someone Inside Your HouseThere’s Someone Inside Your House There’s Someone Inside Your HouseThere’s Someone Inside Your House

There’s Someone Inside Your House Review

Film

Midnight Mass Review Midnight Mass Review

Midnight Mass Review: Ketika Seorang Radikal Salah Persepsi Tentang Ajaran Agama

TV

Advertisement
https://www.cultura.id?_dnembed=true
Connect