Connect with us
Memories of Murder Review
Memories of Murder

Cultura Lists

Rekomendasi Film Bertema Fiksi Kriminal

Semakin sulit menemukan film kriminal masa kini yang tidak diangkat dari kisah nyata.

Film bergenre kriminal belakangan ini lebih banyak diadaptasi dari kejadian nyata. Tidakkah terasa salah menyebut kriminal seperti Ted Bundy, Anna Delvey, dan yang sedang populer belakangan Jeffrey Dahmer, sebagai ‘karakter’ yang ikonik? ‘Ikonik’ tidak seharusnya disandang oleh seseorang dengan tindakan kriminal yang nyata.

Ikonik patut disandang oleh karakter fiksi seperti Hannibal Lecter dari “The Silence of the Lambs”, atau James Moriarty yang terkenal sebagai musuh bebuyutan detektif Sherlock Holmes. Menyandang gelar criminal mastermind dan memang terdengar keren.

Orang berkata, drama true crime terasa lebih immersive dan nyata. Padahal effort lebih besar lebih patut diapresiasi ketika seorang penulis naskah mampu menulis kasus fiksi kriminal yang tetap berhasil membuat penonton tegang dan terpikat. Berikut sederet rekomendasi film bertema fiksi kriminal yang patut ditonton.

Prisoners (2013)

“Prisoners” merupakan film kriminal yang dibintangi oleh Jake Gyllenhaal, Hugh Jackman, dan Paul Dano. Tiga bintang utama memberikan penampilan akting yang berkualitas, begitu pula beberapa karakter pendukungnya.

Bercerita tentang seorang detektif yang menangani kasus penculik dua anak perempuan di saat Thanksgiving. Ketika ayah dari salah satu anak yang hilang merasa polisi tidak melakukan tugas dengan benar, Ia pun memutuskan untuk main hakim sendiri.

“Prisoners” merupakan jenis film fiksi kriminal dengan naskah yang terasa nyata. Plot fokus pada investigasi dan pencarian kedua anak yang hilang.

Se7en (1995)

“Seven” menjadi film horor kriminal klasik yang juga dibintangi oleh a-lister. Mulai dari Brad Pitt, Morgan Freeman, dan Kevin Spacey. Bercerita tentang seorang detektif muda, David Mills dan detektif senior yang sudah mau pensiun, William Somerset. Keduanya sedang menjalankan investigasi kasus pembunuhan berantai oleh seorang maniak yang mengadaptasi 7 deadly sins dalam metodenya.

“Seven” memiliki konten visual yang cukup gore pada setiap TKP. Sosok pembunuh berdarah dingin John Doe juga menjadi salah satu karakter psikopat ikonik dalam budaya pop. Misterius dan tidak bisa ditebak, John Doe akan membuat kita was-was dengan nasib kedua detektif kita sepanjang film.

Mystic River (2003)

“Mystic River” merupakan film kriminal Clint Eastwood yang diadaptasi dari novel bertajuk serupa karya Dennis Lehane. Film ini masuk 6 kategori nominasi Academy Awards ke-76 termasuk Best Picture.

Film ini dibintangi oleh Sean Penn, Tim Robbins, dan Kevin Bacon. Ketika putri Jimmy menjadi korban pembunuhan, Sean sebagai detektif ditugaskan untuk melakukan investigasi. Penelusurannya mengarah pada Dave dan kasus kriminal yang telah terjadi 25 tahun lalu. Menariknya, Jimmy, Dave, dan Sean adalah tiga bersahabat. Interaksi dan hubungan tiap karakter inilah yang menjadi daya tarik dari “Mystic River” sebagai sajian neo-noir yang suram.

Searching (2018)

“Searching” merupakan film fiksi kriminal dengan konsep cyber cinema yang unik. Biasanya konsep seperti ini lebih banyak ditemukan dalam film horor kelas B, membuat “Searching” sempat menjadi film yang menarik perhatian penikmat film dan media.

Film ini dibintangi oleh John Cho sebagai David Kim. Seorang ayah tunggal dari putri remajanya, Margot (Michelle La). Suatu hari Margot menghilang, David pun meminta bantuan polisi sekaligus melakukan investigasi sendiri melalui laptop dan informasi yang bisa Ia temukan di internet. Meski tanpa konsep sinematik dunia maya pun, “Searching” memiliki naskah dengan plot fiksi kriminal yang menarik untuk disimak.

Gone Baby Gone (2007)

“Gone Baby Gone” merupakan salah satu film bergenre kriminal terbaik era 2000-an. Dibintangi oleh Casey Affleck, Morgan Freeman, Amy Ryan, Ed Harris, dan Michelle Monaghan. Patrick dan pasangan Angie menjalankan agensi detektif private. Suatu hari Ia dipanggil untuk memecahkan kasus hilangnya seorang anak perempuan berusia 4 tahun.

Dalam penulisannya, Patrick berhadapan dengan geng, sindikat obat terlarang, hingga lingkaran pedofilia. “Gone Baby Gone” merupakan salah satu film dimana Casey Affleck memberikan penampilan terbaiknya, sebelum “Manchester by the Sea”.

The Guilty (2021)

“The Guilty” merupakan film yang memberikan panggung sepenuhnya pada aktor Jake Gyllenhaal sebagai operator 911. Belum terbiasa dengan pekerjaannya, Ia merasa harus melakukan lebih dari jobdesk-nya untuk menyelamatkan seorang wanita dengan klaim penculikan di suatu malam yang sibuk. Karena sebelumnya Ia bekerja di lapangan.

Meski hanya berlatar di kantor polisi sepanjang film, dan kita harus memiliki imajinasi tentang apa yang sedang terjadi di balik telepon, “The Guilty” berhasil memikat dan jauh dari kata membosankan.

The Pledge (2001)

Dalam “The Pledge” kita akan melihat aksi Jack Nicholson sebagai detektif Jerry Black. Jerry Black adalah detektif yang berpengalaman dalam memecahkan kasus pembunuhan. Ia sedang dalam proses mempersiapkan masa pensiunnya. Namun, ketika seorang gadis kecil terbunuh, Ia kembali merasakan tanggung jawab untuk menggunakan kemampuannya untuk memecahkan kasus ini sebagai kasus terakhirnya.

“The Pledge” disutradarai oleh Sean Penn yang membintangi film kriminal “Mystic River”.

Mother (2009)

Bong Joon-ho memiliki beberapa film fiksi kriminal dalam koleksinya yang patut ditonton. Salah satu yang terbaik adalah “Mother”. Dibintangi oleh Won Bin dan Kim Hye-ja. Ketika seorang ibu merasa anaknya dituduh melakukan pembunuhan yang tidak dilakukan, Ia tidak bisa tinggal diam karena anaknya memiliki kebutuhan khusus. Untuk membuktikan bahwa anaknya tidak bersalah, Ia pun berusaha melakukan investigasi sendiri.

Memories of Murder (2003)

Kalau sudah familiar dengan filmografi Bong Joon-ho, “Memories of Murder” pastinya sudah tidak asing lagi. Untuk memecahkan kasus pembunuhan berantai yang tidak biasa, dua detektif dengan latar belakang berbeda harus bekerja sama dalam memecahkan kasus. Menariknya, satu detektif berasal dari kota, sementara satunya hanya polisi kota kecil yang tidak terbiasa dengan kasus-kasus unik.

Interaksi keduanya dalam menginterpretasi bukti yang mereka temukan dan pendekatan masing-masing dalam memecahkan kasus menjadi narasi yang menarik untuk disimak.

The Devil All the Time (2020)

Semua kasus pembunuhan keji bisa kita temukan dalam film fiksi kriminal semi-anthology, “The Devil All the Time”. Netflix Original ini juga diramaikan oleh deretan aktor dan aktris populer. Mulai dari Tom Holland, Robert Pattinson, Bill Skarsgard, Harry Melling, Sebastian Stan, Haley Bennett, dan masih banyak lagi.

Kisah berlatar pada tahun 1950-an hingga 1960-an, di suatu pemukiman di Amerika, dimana banyak orang menyimpan rahasia gelap dan dosa-dosa mereka. Tak hanya menyajikan berbagai sekuen kriminal klasik yang menarik, setiap aktor dalam setiap kisah memberikan penampilan terbaik yang membuat kita sulit untuk melupakan semuanya. Terutama Tom Holland, Robert Pattinson, dan Harry Melling.

The Wonder The Wonder

The Wonder Review: Premis Sederhana yang Melebihi Ekspektasi

Film

avatar 2 avatar 2

Film & Serial Terbaru Desember 2022

Cultura Lists

The Guardians of the Galaxy Holiday Special The Guardians of the Galaxy Holiday Special

The Guardians of the Galaxy Holiday Special Review

Film

Unicorn Store Review Unicorn Store Review

Unicorn Store Review: Sulitnya Jadi Orang Dewasa dengan Optimisme

Film

Connect