Connect with us
Steven Spielberg & John Williams
Steven Spielberg & John Williams (Photo: Buckner/Variety/REX/Shutterstock)

Cultura Lists

Kolaborasi Sutradara & Komposer Film Terikonik

Sederet sutradara dan komposer yang berjodoh dalam menciptakan film.

Keindahan film tak bisa lepas dari komposisi scoring atau musik latar yang diracik sesuai kesepakatan sutradara dan komposer. Baik film romansa, drama, thriller, hingga horror, kehadiran musik latar yang tepat mampu membangkitkan emosi tertentu, membuat kita ketakutan, tergugah, maupun terharu.

Oleh karena itu, kerja sama yang terjalin baik antara sutradara dan komposer sangat mempengaruhi objektif ini dalam menciptakan sebuah film. Tak sekedar enak didengar dan mengandung komposisi yang jenius, sebuah musik latar harus mampu mendukung sebuah adegan yang diarahkan oleh sutradara.

Ada banyak sutradara terbaik di industri film dunia yang telah menemukan “jodoh” mereka ketika memilih komposer untuk film mereka. Berikut sutradara dan komposer musik yang seringkali terlibat dalam sebuah produksi film terbaik.

Hayao Miyazaki & Joe Hisaishi

Keajaiban yang tercipta dalam berbagai film animasi Ghibli tak lepas dari kolaborasi sempurna antara sutradara Hayao Miyazaki dan komposer Joe Hisaishi. Sebagai seniman yang terkenal ambisius dan berkepribadian keras, Miyazaki sepertinya sudah sangat cocok dengan komposisi yang diciptakan Hisaishi untuk berbagai masterpiece-nya.

Musik latar yang diracik oleh Joe Hisaishi selalu berhasil membangkitkan nuansa yang megah dan menggugah untuk adegan-adegan krusial dalam film Ghibli seperti “Princess Mononoke”, “My Neighbor Totoro”, “Spirited Away”, “Howl’s Moving Castle”, “Kiki’s Delivery Service”, “The Tale of Princess Kaguya”, dan masih banyak lagi.

Tim Burton & Danny Elfman

Tim Burton merupakan salah satu sutradara Hollywood yang terkenal melalui film-film eksentrik bernuansa horor dan gothic, baik film live action hingga film animasi bernuansa suram.

Tak sedikit film-film Tim Burton merupakan film musikal, dimana Ia tampaknya sudah sangat cocok dengan racikan musik dari Danny Elfman, baik untuk musik latar maupun lagu-lagu yang krusial dalam plot film.

Hampir semua filmografi Tim Burton diiringi oleh lagu-lagu komposisi Danny Elfman. Mulai dari “The Night Before Christmas”, “Corpse Bride”, Alice in Wonderland”, “Edward Scissorhands”, “Charlie and the Chocolate Factory”, dan film-film Burton lainnya yang bergenre fantasi gothic.

Wes Anderson & Alexandre Desplat

Terkenal dengan arahan sinematografinya yang tegak lurus serta naskah bernuansa quirky, Wes Anderson juga memiliki hubungan kolaborasi spesial dengan komposer Alexandre Desplat.

Kebanyakan film Anderson sangat mengandalkan estetika produksi ketimbang naskah yang terlalu padat, oleh karena itu musik latar juga sangat dibutuhkan untuk membangun emosi yang diharapkan. Tampak serasi dan telah memahami gaya artistik dan quirky sutradara satu ini, Desplat sampai saat ini merupakan komposer yang paling sering mengisi musik dalam film Anderson, bahkan yang terbaru, “The French Dispatch”.

Beberapa film ikonik Wes Anderson lain yang diberi nyawa musik oleh Alexandre Desplat diantaranya; “The Grand Budapest Hotel”, “Moonrise Kingdom”, “Fantastic Mr. Fox”, dan “Isle of Dogs”.

Damien Chazelle & Justin Hurwitz

Lebih dari sekadar kolaborator, Damien Chazelle dan Justin Hurwitz sudah bersahabat dan berkarya bersama sejak duduk di bangku kuliah. Keduanya pertama kali bertemu saat mengemban pendidikan di Harvard University. Mereka bergabung dalam band pop yang sama, hingga mengerjakan tugas akhir bersama yang merupakan draft dari “La La Land”.

Memiliki selera yang sama dalam bermusik ditambah chemistry natural ketika dengan bertukar pikiran, tampaknya Chazelle tidak bisa pindah hati ke komposer lain ketika hendak membuat film.

Sejauh ini, semua film Chazelle telah diisi oleh komposisi dari Hurwitz. Mulai dari film debutnya, “Whiplash”, kemudian “La La Land”, dan film fiksi ilmiah pertama Chazelle, “First Man”. Adapun film terbaru yang mereka masih akan terus bekerja sama adalah “Babylon”.

Christopher Nolan & Hans Zimmer

Kesuksesan Christopher Nolan dalam menciptakan semesta mind-bending dalam setiap filmnya, tak lepas dari musik-musik yang diciptakan oleh Hans Zimmer. Tak kalah jeniusnya dengan Nolan, Zimmer kerap memperdengarkan musik latar yang original. Sama originalnya dengan setiap film Christopher Nolan.

Ada berbagai ciri khas yang bisa muncul dari seorang sutradara maupun komposer, Zimmer sendiri sepertinya sudah sangat khas dengan alunan musik yang bernuansa suspense, cocok dengan genre yang menjadi keahlian Nolan.

Beberapa film terbaik Christopher Nolan yang diisi musiknya oleh Hans Zimmer diantaranya; “Inception”, “Interstellar”, dan film komersial adaptasi seperti “The Dark Knight”, “Dunkirk”, dan masih beberapa judul lainnya.

Steven Spielberg & John Williams

Steven Spielberg dan John Williams merupakan combo sempurna untuk menciptakan sebuah film cult classic. Mulai dari “Jaws”, “Jurassic Park”, “Indiana Jones”, “E.T. the Extra-Terrestrial”, judul-judul tersebut merupakan beberapa film sukses yang menjadi hasil kolaborasi mereka.

Spielberg terkenal sebagai sutradara yang mampu menciptakan semesta baru dari adaptasi fenomena yang dekat dengan kehidupan kita. Sementara John Williams merupakan salah satu komposer musik film terbaik dengan cita rasa universal. Tidak bersemayam dalam satu genre, kedua seniman ini mampu berkarya di berbagai genre yang membuktikan seberapa luas kapasitas kreatifitas mereka.

The Outsider Review The Outsider Review

10 Film Hollywood dengan Estetika Jepang

Cultura Lists

Happiest Season Happiest Season

Rekomendasi Film Chick Flick 2020an

Cultura Lists

Kilas Balik Trilogi Baru Star Wars: Kehancuran Sebuah Franchise

Entertainment

Rina Sawayama: Hold The Girl Rina Sawayama: Hold The Girl

Rina Sawayama: Hold The Girl Album Review

Music

Connect