Connect with us
Kakegurui Twin
Netflix

TV

Kakegurui Twin Review: Waktunya Mary Saotome Bersinar

Tidak segila ‘Kakeguri’ dengan Yumeko Jabami. 

★ ★ ★ ★ ★
★ ★ ★ ★ ★

“Kakegurui” merupakan anime psychological thriller berlatar kehidupan sekolah dengan tema gambling yang populer semenjak season pertamanya rilis pada 2017 silam. Anime ini sudah memiliki dua season yang bisa ditonton di Netflix.

Sambil menunggu season ketiga yang belum ada kabarnya, kita bisa mengobati rindu dengan menonton “Kakegurui Twin” yang juga tersedia di Netflix. Hanya terdiri dari 6 episode, “Kakegurui Twin” merupakan project prekuel, masih berlatar di Akademi Swasta Hyakkaou dengan sistem gambling-nya.

Namun, kali ini kita akan mengikuti cerita Mary Saotome sebagai protagonis. Ia adalah siswa pindahan tahun pertama yang memiliki ambisi untuk menjadi murid unggulan dengan memenangkan banyak game judi. Dominasinya yang cukup cepat akhirnya menarik perhatian organisasi siswa.

Ada yang ingin menjadi sekutunya, namun ada juga yang ingin melihat Mary Saotome jatuh. Sayangnya, Yukemo Jabami absen dulu dari judul prekuel ini. Apakah “Kakegurui Twin” akan tetap seru, gila, dan menegangkan tanpa Yumeko?

Kakegurui Twin

Giliran Mary Saotome yang Bersinar sebagai Protagonis

Mary Saotome memiliki traits sebagai protagonis anime yang sebetulnya lebih generik jika dibandingkan dengan Yumeko Jabami. Berbakat, ambisius, dan memiliki kharisma alami, Saotome juga memiliki objektif yang dimiliki oleh kebanyakan protagonis dalam anime; untuk menjadi terbaik di sekolahnya.

Tidak sendirian, Ia memiliki dua teman perempuan, Hanatemari Tsuzura yang manis dan si kutu buku, Togakushi Yukimi. Trio perempuan gambling dalam prekuel ini juga termasuk generik, layaknya kelompok pertemanan pada anime kehidupan sekolah pada umumnya. Tidak ada ketegangan di antara ketiganya, kita akan merasa lebih nyaman karena ketiga terlihat kompak dan saling percaya meski belum berteman terlalu lama. Padahal ketegangan akan pengkhianatan dan konflik sejenisnya menjadi salah satu bumbu pedas pada “Kakegurui”.

Namun, setidaknya “Kakegurui Twin” telah menjadi panggung yang memberikan penggemar kesempatan untuk lebih mengapresiasi Mary Saotome. Meski memiliki penokohan protagonis yang generik, namun petualangan gambling Saotome juga tetap seru dengan standarnya sendiri. Tidak sekadar murid pindahan yang menarik perhatian secara instan, ada banyak kelihaian yang dibuktikan oleh Saotome hingga menarik perhatian para murid elit yang memiliki jabatan di sekolah.

Sekuen Gambling Seru Namun Tidak Segila ‘Original’ Kakegurui

Menjadi prekuel dari “Kakegurui”, “Kakegurui Twin” pastinya akan dibanding-bandingkan dengan versi ‘original’ yang terkenal lebih dulu. Sayangnya, buat penggemar garis keras yang menyukai “Kakegurui” karena kegilaannya, project prekuel ini bisa digolongkan sebagai anime gambling yang lebih ‘jinak’.

Mary Saotome telah memenuhi segala syarat standar sebagai protagonis anime yang baik. Namun, Yumeko Jabami adalah protagonis dengan traits yang tidak biasa dan menjadi salah satu kunci kesuksesan anime gambling yang menegangkan ini. Kegilaan dan setiap sesi gambling terasa lebih menegangkan karena Yumeko Jabami adalah pemain yang tidak mudah ditebak. Ia senang memberi kejutan dalam kemenangan maupun kekalahan. Ia tak butuh objektif, itu yang membuatnya misterius dan lebih memikat.

Tak hanya dalam segi naskah di setiap episodenya, keseruan secara visual juga kurang mantap. Sebagai anime produksi Mappa, secara general kualitas animasi yang ditampilkan sudah bagus. Opening dan ending credit-nya juga menjadi suguhan ekstra yang sangat menstimulasi visual penonton. Namun, ekspresi karakter yang berlebihan yang khas dari “Kakegurui” sangat minim dalam anime prekuel ini. Meski ada beberapa adegan yang terasa menyenangkan, masih kalah dengan ketegangan dari versi ‘original’-nya.

Mungkin bisa diterima oleh penonton yang belum pernah menonton “Kakegurui”, namun buat penggemar anime ini pasti tidak terlalu berkesan. Karena “Kakegurui” kurang lebih memiliki ketegangan seperti genre survival death game yang sedang populer.

Lebih Terasa sebagai Spin Off Ketimbang Prekuel

Meski secara resmi diklaim sebagai prekuel, “Kakegurui Twin” lebih terasa seperti project spin off. Sejauh mana jarak antara Mary Saotome sebagai murid pindahan di tahun pertama dengan Jabami Yumeko yang juga akan menjadi murid pindahan? Belum terlalu kelihatan kejelasan timeline yang dipresentasikan dalam anime ini. Karena kita bisa melihat Saotome memiliki teman-teman yang berbeda. Begitu juga jajaran murid elit yang jelas berbeda dengan yang sudah kita lihat dalam “Kakegurui”. Ada anggota-anggota yang sepertinya dihadirkan khusus untuk “Kakegurui Twin” dengan Mary Saotome sebagai protagonisnya.

Daripada event yang terjadi sebelum Yumeko Jabami masuk Hyakkaou, plot yang disajikan lebih terlihat seperti plot alternative. Karena dinamika dan intensitas gambling dan persaingan di sekolah juga benar-benar terasa berbeda. Ibarat hanya meminjam semesta Akademi Swasta Hyakkaou dengan sistem gambling-nya, namun eksekusi suasana dan logika cerita yang berbeda.

Pada akhirnya, bagi penonton baru, “Kakegurui Twin” bisa menjadi perkenalan yang ‘jinak’ pada anime psychological thriller ini Bagi yang suka, langsung saja tonton kedua season “Kakegurui” pertama. Bagi kita yang sudah menjadi penggemar, “Kakegurui Twin” hanya terasa seperti ‘cemilan’ buat kita yang merindukan “Kakegurui” season terbaru.

House of the Dragon (Episode 6) House of the Dragon (Episode 6)

House of the Dragon (Episode 6) Review: The Princess and the Queen

TV

Cyberpunk: Edgerunners Cyberpunk: Edgerunners

Cyberpunk: Edgerunners Review – Kebrutalan Menawan Petualangan David Martinez di Night City

TV

House of the Dragon (Episode 5) Review House of the Dragon (Episode 5) Review

House of the Dragon (Episode 5) Review: We Light the Way

TV

Do Revenge Do Revenge

Do Revenge Review: Balas Dendam Remaja Ala Mean Girls Versi GenZ

Film

Connect