Connect with us
Goo Goo Dolls Miracle Pill Album Review
Goo Goo Dolls | Grammys

Music

Goo Goo Dolls: Miracle Pill Album Review

Sebarkan energi positif melalui lirik dengan aransemen musik yang lebih segar.

★ ★ ★ ★ ★
★ ★ ★ ★ ★

Goo Goo Dolls merupakan salah satu band tahun 80-an yang masih tetap aktif hingga saat ini. Tanpa hiatus, tanpa kontroversi, dan tetap memproduksi album dalam jangkah waktu yang tidak terlalu jauh. September ini mereka akhirnya merilis studio album yang ke-12 bertajuk “Miracle Pill”. Warna musik dari album-album Goo Goo Dolls cukup berubah setiap tahunnya.

Terlihat usaha dari band dengan genre core mereka yang cenderung rock mengadaptasi beberapa subgenre. Dari album Magnetic (2013) yang mulai memasukan unsur pop yang fresh hingga album “Made To Be Broken” yang mengadaptasi genre rock n’ roll dan grunge yang terdengar sangat raw.

Goo Goo Dolls Miracle Pill Album Review

Goo Goo Dolls – Miracle Pill

Dalam album “Miracle Pill”, Goo Goo Dolls menyajikan album dengan warna musik pop yang lebih disesuaikan dengan zaman. Dibuka dengan track pertama berjudul “Indestructible” dengan aransemen rock pop yang jernih dengan instrumen piano dan full band. Terdengar pula sentuhan gitar solo yang memberikan unsur rock dengan nuansa yang tetap fresh.

Sementara track kedua “Fearless” terdengar sangat pop dengan aransemen yang didominasi dengan instrumen electro. Nuansa musik pop alternatif yang segar mengiringi lirik yang positif dan penuh semangat tentang menjadi orang yang tidak takut dan berani tampil menjadi diri sendiri tanpa rasa ragu.

Tak hanya aransemen musiknya yang terdengar lebih berwarna dan “bright”, lagu-lagu dalam album ini memiliki lirik yang powerful dan menyebarkan energi positif. Kita mungkin masih ingat dengan salah satu lagu terpopuler dari The Goo Goo Dolls, “Iris” dari album “Dizzy up the Girl” dengan liriknya yang emosional dan melankolis, “And I don’t want the world to see me, ‘cause I don’t think they’ll understand”. Dalam album “Miracle Pill”, Goo Goo Dolls menunjukan keterbukaan dan kedewasaan dalam menulis lirik yang lebih positif mengikuti trend millenial yang lebih ceria jika dibandingkan dengan gaya hidup remaja Amerika pada tahun 1998.

Kemantapan semakin terdengar pada track ketiga sekaligus single dari album ini dengan judul yang menjadi tajuk album, “Miracle Pill”. Lagu ini memiliki lirik tentang perjuangan melawan diri lama yang tidak memberikan efek negatif dan mencoba untuk memulai hidup yang lebih optimis dan bersinar. Dengan aransemen piano dan drum yang mendominasi, single ini terdengar sangat pop dan cukup jauh dengan ciri khas lagu-lagu The Goo Goo Dolls sebelumnya.

Adapun lagu-lagu dengan lirik dan nada optimisme tentang kehidupan dalam album ini yang akan memberikan kita semangat baru. Mulai dari “Step in Line” dan “Life’s A Message” dengan lirik seputar meninggalkan masa lalu yang suram menuju kehidupan baru yang lebih bermakna. Diiringi dengan aransemen pop alternatif yang modern. Begitu pula dengan track “Autumn Leaves” dengan aransemen musik yang lebih lembut dan menenangkan. Lagu ini memiliki lirik bagaimana kehidupan selalu berubah dan kita harus bisa move on dan menyesuaikan diri. Ritme lagu yang naik turun dan atmospheric terdengar cukup eksperimental untuk band rock seperti Goo Goo Dolls.

“Miracle Pill” juga dibumbui dengan lagu cinta yang merupakan salah satu ciri khas dari band ini. Seperti track “Over You” dan “Lights” yang memiliki lirik tentang merindukan dan mengenang kekasih lama yang telah pergi. Dengan lirik yang yang terdengar sedih, lagu-lagu ini diiringi aransemen musik yang powerfull dengan dentum drum yang powerful dan instrumen gitar yang jernih ala musik pop rock.

Album ini ditutup dengan track “Think It Over”. Terdengar kedewasaan dan kebijakan dalam penulisan lirik lagu ini. Tentang laki-laki yang lebih lapang dada menjalani hidupnya tanpa beban dan tekanan yang terkadang dibuat sendiri. Dengan aransemen musik yang masih bertema pop rock.

“Miracle Pill” mungkin tidak akan mengobati kerinduan penggemar lama namun cukup untuk membuat band angkatan lama ini bertahan di industri musik yang telah berubah. Album ini boleh datang dari band lama, namun terdengar sangat fresh. Kita akan mendengarkan nuansa pop rock dan rock alternatif ala The Script, One Republic, dan band-band modern sejenis lainnya. The Goo Goo Dolls mungkin telah melalui banyak hal yang membuat John Rzeznik dan member band lainnya lebih dewasa dan positif dalam menghadapi kehidupan. Pelajaran hidup tersebut telah dituangkan dalam album “Miracle Pill” secara maksimal.

Click to comment
Advertisement
Cultura Podcast
Connect