Connect with us
PlayerUnknown’s Battlegrounds (2017)

Cultura Lists

Game Online Multiplayer Terpopuler Saat Ini

Perkembangan teknologi yang terus maju pasti membuka potensi genre baru yang akan mengguncang industri game online di masa mendatang.

Game online memang memiliki posisi tersendiri di hati para gamers. Perkembangan internet sepertinya menjadi salah satu faktor penting dari kepopuleran jenis game yang satu ini. Para pemain tidak perlu repot-repot meluangkan waktu untuk berkumpul bersama di satu ruangan tetapi dapat bermain dari kamar pribadi masing-masing. Jenis game yang ditawarkan juga sangat beragam; Ada yang bersifat kompetitif tetapi ada juga yang membutuhkan kerjasama para pemain. Melihat popularitas game online yang sepertinya tidak akan menurun; Berikut adalah daftar game online multiplayer paling populer saat ini.

CS GO

Counter Strike: Global Offensive – Metascore: 83

Counter Strike: Global Offensive (2012)

Bagi para gamer terutama yang tumbuh diawal tahun 2000 pasti tidak asing dengan franchise game first person shooter (FPS) yang satu ini. Pertama kali keluar di tahun 1999, Counter Strike terbukti menjadi sebuah fenomena global yang memicu popularitas game kompetitif. Kala itu warnet (warung internet) sering dipenuhi dengan pemain CS. Besarnya komunitas fans loyal dar Counter Strike menjadi alasan pembuatan versi game berikutnya seperti Counter Strike: Condition Zero, Counter Strike: Source dan Counter Strike: Global Offensive.

Counter Strike: Global Offensive atau lebih dikenal dengan sebutan CS:GO pertama kali keluar di tahun 2012 terbukti menjadi sebuah era baru lewat peningkatan kualitas grafis dan berbagai fitur yang ditawarkan. Dengan mekanisme permainan yang sederhana, tidak heran pemain baru dapat mudah terjun dan hanyut pada game yang satu ini. Namun jangan salah sangka, tidak semudah itu pemain dapat langsung beradaptasi pada lingkungan kompetitif CS:GO. Butuh waktu dan dedikasi lebih dalam mengasah kemampuan untuk bersaing di dunia kompetitif CS:GO. Sudah tujuh tahun rilis, popularitas CS:GO sepertinya tidak akan menurun dalam waktu dekat. Menarik lebih dari 500 ribu pemain aktif setiap bulannya membuat CS:GO masih memegang gelar sebagai salah satu game online multiplayer di tahun 2019.

League of Legends

League of Legends – Metascore: 78

League of Legends (2009)

League of Legends merupakan game Multiplayer Online Battle Arena(MOBA) yang keluar pada tahun 2009 dari game developer Riot Games. Dengan kombinasi strategi serta koordinasi, dua buah tim akan salaing berhadapan 5 lawan 5 demi mengalahkan satu sama lain. League of Legends memiliki berbagai pilihan karakter yang dapat dimainkan sehingga menciptakan berbagai kemungkinan serta variasi strategi yang berbeda-beda. Mekanisme permainan dari League of Legends sebetulnya bukanlah ide original tetapi terinspirasi dari salah satu mods di game Warcraft 3: The Frozen Thrones yang bernama Defense of The Ancient (DOTA). Meskipun begitu Riot Games berhasil menyempurnakan genre MOBA sehingga League of Legends menyamai bahkan melebihi kesuksesan game DOTA 2 yang merupakan sequel resmi dari game DOTA. Setiap harinya League of Legends memiliki lebih dari 27 juta pemain aktif sedangkan DOTA 2 hanya mampu menarik 11 juta pemain setiap bulannya.

Overwatch

Overwatch – Metascore: 91

Overwatch (2016)

Overwatch adalah game first person shooter dari game developer Blizzard yang sukses mengguncang industri game ketika pertama kali rilis di tahun 2016. Overwatch berhasil membawa sebuah twist dalam game FPS dengan mekanisme baru yang tidak pernah ada di game online FPS sebelumnya. Dideskripsikan sebagai ‘Hero Shooter’ pemain dibagi menjadi dua buah tim yang terdiri dari 6 orang dengan objektif menguasai bagian tertentu dalam peta dalam kurun waktu yang dibatasi. Hero di game ini dibagi menjadi tiga kelas yang memiliki tugas serta kelebihan tersendiri. Mekanisme permainan setiap karakter terbilang unik karena setiap hero membawa skill yang berbeda. Dengan mekanisme baru yaitu penggunaan skill layaknya game MOBA, Overwatch secara cepat mendominasi industri game terutama di game competitive online multiplayer. Kesuksesan game Overwatch bahkan membuatnya menjadi salah satu game paling populer di ajang eSport. Melihat penjualannya yang luar biasa serta minimnya pesaing dari genre ‘Hero Shooter’ membuat Overwatch tetap kokoh menjadi salah satu game online multiplayer paling sukses hingga saat ini.

PlayerUnknown’s Battlegrounds

PlayerUnknown’s Battlegrounds – Metascore: 86

PlayerUnknown’s Battlegrounds (2017)

Jika pada tahun 2016 industri game diguncang dengan genre ‘hero shooter’, tahun 2017 bisa dibilang genre Battle Royale menjadi raja dan menguasai pasar dari game online. Salah satu game yang mempopulerkan genre ini adalah PlayerUnknown’s Battleground dari game developer PUBG Corporation. Terinspirasi dari salah satu film jepang berjudul Battle Royale, Brendan atau yang lebih dikenal dengan sebutan ‘PlayerUnknown’ membuat game populer PlayerUnknown’s Battlegrounds. Konsep dari battle royale sebetulnya begitu sederhana yaitu 100 pemain secara bersamaan turun pada sebuah pulau atau peta dan bersaing menjadi petarung terbaik. Game Battle Royale memberikan sebuah tensi baru yang terasa istimewa; setiap kemenangan memberikan sebuah euforia luar biasa sedangkan setiap kekalahan tidak menghentikan rasa penasaran pemain untuk kembali terjun pada sesi permainan baru. Tidak hanya populer di PC atau Console, PUBG bahkan telah menguasai industri game online di smart phone. Meskipun memiliki beberapa pesaing dengan genre yang sama, PUBG masih terus bertahan sebagai salah satu game online multiplayer terbaik saat ini.

Fortnite: Battle Royale (2017)

Fortnite merupakan game online yang dikembangkan oleh game developer Epic Games di tahun 2017. Bermula sebagai game PvE (Player vs Environment) yaitu ‘Fortnite: Save The World’, Fortnite dengan cepat mengikuti trend dan mengadaptasi genre battle royale lewat Fortnite: Battle Royale. Kesuksesan Fortnite: Battle Royale tidak bisa dibilang hanya menunganggi trend dari genre battle royale saja. Mekanisme membangun platform untuk berlindung menjadi daya tarik tersendiri yang tidak dimiliki oleh game lain. Dengan tempo yang lebih cepat Fortnite: Battle Royale memberikan pengalaman bermain yang spesial dan berbeda. Fortnite juga memberikan berbagai update serta perubahan yang membuat permainan terus berkembang dan tidak monoton. Fortnite bisa dibilang menjadi saingan terberat dari PlayerUnknown’s Battlegorunds. Berbeda dengan PUBG yang mengincar konsep realistis, Fortnite lebih memilih konsep yang sedikit imajinatif atau fantasi. Kesuksesan Fortnite: Battle Royale terbilang fenomenal bahkan pada Maret 2019 tercatat ada 250 juta pemain terdaftar di game Battle Royale yang satu ini.

Popularitas game online multiplayer sepertinya tidak akan pernah mati. Setelah kesuksesan MOBA, Hero Shooter dan Battle Royale, tentunya menarik melihat kemana arah industri game online berikutnya. Perkembangan teknologi yang terus maju pasti membuka potensi genre baru yang akan mengguncang industri game online di masa mendatang. Membangun sebuah komunitas raksasa yang loyal, tidak heran kelima game online diatas masuk kedalam daftar game online paling populer saat ini.

Click to comment

Leave a Comment

stranger things 3 the game review stranger things 3 the game review

Stranger Things 3: The Game Review

Games

Nintendo Switch Lite review Nintendo Switch Lite review

Nintendo Switch Lite Console Handheld Terbaru dari Nintendo

Games

auto battler game auto battler game

Auto Battler, Genre Game Terbaru dan Paling Populer Tahun 2019

Games

Super Mario Maker 2 Review Super Mario Maker 2 Review

Super Mario Maker 2 Review

Games

Advertisement
Connect