Connect with us
lagu korea k-pop terbaik 2020
Blackpink (Photo via rollingstone.com)

Cultura Lists

Tracks of the Week: Single K-pop Terbaik 2020

Sederet track K-Pop terbaik sepanjang tahun pilihan Cultura.

Tahun 2020 menjadi tahun kembalinya banyak musisi K-pop yang telah dinanti-nanti. Mulai dari BTS yang masih menjadi ikon dunia mewakili industri K-Pop, hingga kembalinya BLACKPINK yang akhirnya merilis album pertama mereka.

Beberapa genre tertentu juga cukup mendominasi track-track K-pop tahun ini. Masih dengan dance pop yang tak ada matinya, Pop R&B yang groovy dan elegan, hingga music disco yang juga sedang trend dalam industri musik barat.

Dari banyaknya rilisan track K-pop tahun ini, berikut sederet track K-pop terbaik versi Cultura dari berbagai genre.

Wannabe – Itzy

Itzy merilis mini album pertamanya pada awal tahun ini. ‘It’z Me’ dengan single utama ‘Wannabe’. Melanjutkan kesuksesan pada single-single debut pada tahun sebelumnya, single terbaru ini semakin memancarkan energi percaya diri dan self-love dari kelima member Itzy.

‘Wannabe’ memiliki aransemen musik yang kental dengan genre EDM, namun dengan vokal pop yang masih lyrical. Selain lagunya yang asik dan catchy, koreografi dari lagu ini bisa dibilang merupakan salah satu yang paling ikonik dari tahun 2020.

Ice Cream – Blackpink

Setelah penantian yang cukup lama, 2020 menjadi tahun dimana BLACKPINK memanjakan penggemarnya dengan perilisan tiga single dan full album pertama mereka, ‘The Album’. Setiap single memberikan vibe dan aransemen yang berbeda satu sama lain, namun ‘Ice Cream’ merupakan single paling manis dan fresh dari BLACKPINK tahun ini.

Memiliki aransemen yang sangat minimalis dan simple, ‘Ice Cream’ merupakan lagu pop yang catchy dan ceria. Lagu ini menyajikan konsep ‘pink’ yang telah dinanti-nanti oleh para BLINK.

Dynamite – BTS

‘Dynamite’ dari BTS pastinya tidak bisa dilupakan ketika kita bicara tentang track K-Pop terbaik tahun ini. Dibandingkan dengan single lainnya seperti ‘ON’ maupun ‘Life Goes On’, ‘Dynamite’ is a pure big catchy pop song. Lagu ini berhasil membuat BTS berjaya dalam berbagai acara penghargaan musik bergengsi tahun ini. Mulai dari American Music Awards hingga prestasi yang masih fresh dari Mnet Asian Music Awards.

I Can’t Stop Me – TWICE

TWICE merilis full album tahun ini bertajuk ‘Eyes Wide Open’ dengan single ‘I Can’t Stop Me’. Setelah bermain dengan konsep tropical pop pada single ‘More & More’, ‘I Can’t Stop Me’ menyajikan aransemen musik disco pop. Sangat sesuai dengan konsep TWICE yang semakin tampil dengan konsep dewasa dan elegan.

Soul Lady – Yukika

Di tengah-tengah trend musik dance dan hip-hop pop yang masih mendominasi industri musik K-Pop tahun ini, Yukika menjadi soloist yang percaya diri merilis album debut dengan konsep city pop.

Soul Lady’ menjadi tajuk album sekaligus salah satu single promosional untuk album ini. ‘Soul Lady’ disajikan dalam aransemen city pop yang lebih up beat dibandingkan single-single Yukika sebelumnya. Berhasil menyajikan potret wanita dengan jiwa retro modern yang enerjik.

Porappippam – Sunmi

Satu lagi soloist K-Pop yang menyukai musik bernuansa retro adalah Sunmi. ‘Porappippam’ menjadi single bernuansa disco pop, city pop, yang ceria dari penyanyi JYP Entertainment satu ini. Lagu ini memiliki aransemen yang unik dan otentik khas Sunmi yang selalu merilis single adiktif dan tak pernah gagal membuat pendengarnya berdendang.

Alien – Lee Suhyun

Lee Suhyun akhirnya debut dalam solo project tahun ini dengan single ‘Alien’. Such a simple title for a rich concept. ‘Alien’ memiliki aransemen disco pop yang up beat, menunjukan sisi unik lain dari Lee Suhyun baik secara musikal maupun kepribadian. Cukup kontras dari warna musik pop folk atau pop indie ketika Ia menyanyi untuk duo AKMU. Kita bisa melihat Lee Suhyun mengeksekusi konsep ini sebagai trademarknya jika ingin lebih produktif melalui project solo di masa depan.

Good Guy – SF9

Sudah debut sejak tahun 2016, SF9 akhirnya mendapatkan first-win mereka dengan single ‘Good Guy’. Selain berkat usaha menaikan popularitas grup ini melalui alternatif hiburan lain, ‘Good Guy’ bisa jadi merupakan single terbaik yang pernah dirilis oleh SF9. Lagu ini memiliki aransemen deep house dan pop yang fresh untuk boyband ini. Single ini berhasil memancarkan kharisma setiap member dengan konsep elegan dan maskulin yang sangat pantas diapresiasi dan menerima hype.

I’m in Trouble – Nu’est

Nu’est merupakan salah satu boyband yang selalu menyajikan materi musik konsisten dengan sentuhan genre R&B atau deep house yang kalem sekaligus powerful. ‘I’m in Trouble’ menjadi single pilihan dari serangkaian project comeback Nu’est tahun ini. Berbeda dengan track K-Pop pada umumnya yang dinamis dan memiliki banyak unsur suara, ‘I’m in Trouble’ memiliki komposisi musik yang cukup minimalis namun tetap catchy.

NUNU NANA – Jessi

Jessi merupakan salah satu soloist terpopuler di industri K-Pop tahun ini. Kali ini Jessi menggemparkan internet melalui single ‘NUNU NANA’ melalui lagunya yang catchy dan koreografinya yang viral. Jessi juga berhasil memenangkan penghargaan Favorite Dance Performance Solo pada Mnet Asian Music Awards 2020. Membuktikan bahwa banyak penikmat musik yang sangat menyukai lagu dan penampilan Jessi membawakan single-nya tersebut.

Make A Wish (Birthday Song) – NCT U

NCT selalu menjadi unit paling produktif dari SM Entertainment setiap tahunnya. Di antara banyaknya single NCT, ‘Make A Wish (Birthday Song)’ yang dibawakan oleh NCT U menjadi track pilihan dalam playlist ini. We can listen to this song all day!

Lagu ini memiliki aransemen hip-hop, pop, dan dance yang sangat playful dan variatif. Setiap verse maupun bridge memiliki pola yang seru untuk didengarkan hingga akhir lagu, ditambah dengan suara siulan yang menjadi statement. Selain catchy dan adiktif, track ini juga dikomposisi untuk mengiringi koreografi yang tak kalah playful dan selalu menyenangkan untuk disaksikan.

Who Dis? – Secret Number

Salah satu grup K-Pop yang debut pada tahun ini adalah Secret Number dengan single utama ‘Who Dis?’. Debut girlband ini sempat trending di berbagai media lokal karena salah satu membernya yang berasal dari Indonesia yaitu Dita Karang. Lepas dari fakta tersebut, ‘Who Dis?’ merupakan track K-Pop yang catchy dengan sentuhan aransemen brass yang cukup sering diadaptasi dalam track pop.

Click to comment

Kebangkitan Semangat Pop Punk 2000an pada Musisi Perempuan Terkini

Entertainment

Hivi Hivi

Hubungan Istimewa HIVI! Bersama Penggemarnya Melalui Musik

Music

Black Country, New Road Black Country, New Road

Black Country, New Road: Concorde Single Review

Music

Rekomendasi Film Western Drama di Netflix Rekomendasi Film Western Drama di Netflix

10 Rekomendasi Film Western Drama di Netflix

Cultura Lists

Advertisement
Connect