Cultura Lists

7 Rekomendasi Serial Durasi Pendek Terbaik di Streaming Platform

Tontonan serial durasi pendek per episode buat kita yang sibuk.

Tontonan di streaming platform kini semakin banyak. Pada titik dimana beberapa dari kita tidak bisa mengikuti semua tren serial yang sedang hype. Tak sedikit pula serial memiliki durasi yang cukup panjang per episodenya. Durasi 50 menit hingga satu jam menjadi standar yang cukup normal. Namun jika masuk ke skena kdrama, satu episode durasinya bisa setara dengan satu feature film. Padahal terkadang kita hanya butuh hiburan di tengah-tengah hari yang suntuk.

Untungnya, masih ada beberapa serial durasi pendek per episode di beberapa streaming platform. Kebanyakan sitkom dan serial komedi. Alternatif ini bisa menjadi tontonan hiburan sempurna buat kita yang sibuk dan tidak bisa menginvestasikan terlalu banyak waktu untuk binge.

Lebih dari sekadar sitkom komedi yang bikin tertawa, ada beberapa serial dalam daftar ini yang memiliki elemen sampingan sentimental. Bisa menjadi tontonan bermakna, hingga memiliki plot yang tak kalah seru dengan serial franchise besar mainstream. Berikut beberapa rekomendasi serial durasi pendek yang bisa kita streaming.

After Life

Ditulis dan dibintangi oleh komedian Ricky Gervais, “After Life” merupakan salah satu serial Inggris komedi terbaik di Netflix. Buat penggemar komedi sarkas Inggris, dijamin akan sangat terhibur melihat komentar Tony dalam mengkritisi setiap orang di Tambury. Bukan tanpa alasan Tony menjadi orang yang keras hati dan selalu negative thinking. Ia baru saja kehilangan istri yang Ia sayangi karena kanker.

“After Life” tak hanya menyuguhkan berbagai sketsa komedi yang lucu. Kita juga akan memahami masa berkabung dan filosofi kehidupan dan kematian dari perspektif Tony sebagai protagonis.

Durasi per episode: 25-31 menit

Derek

Sebelum “After Life”, Ricky Gervais juga memiliki sitkom Inggris di Netflix yang underrated yaitu “Derek”. Buat yang baru saja menjadi penggemar Gervais melalui “After Life” dan berbagai stand-up show-nya di Netflix, “Derek” juga bisa jadi komedi yang lucu. Bedanya, judul ini formatnya sitkom seperti “The Office”, namun tentang orang-orang yang bekerja di panti jompo.

Gervais berperan sebagai Derek, pria autis dengan hati yang baik dan polos, seperti anak kecil. Ricky Gervais sendiri menyatakan bahwa Derek merupakan karakter terbaik dan paling bermoral yang pernah Ia tulis dan mainkan.

Durasi per episode: 24 menit

The Good Place

Satu lagi stikom Netflix Original yang beneran lucu dan bagus ceritanya adalah “The Good Place”. Dibintangi oleh Kristen Bell sebagai Eleanor, setelah meninggal, Ia masuk ‘tempat baik’ (good place), yang kita yakini sebagai ‘surga’. Setelah bertemu dengan Sang Arsitek dan diperkenalkan oleh ‘belahan jiwanya’, Eleanor mengungkapkan bahwa Ia tidak seharusnya masuk ‘tempat baik’ karena Ia bukan orang yang baik selama hidupnya.

Selain memiliki komedi yang sangat mengocok perut, “The Good Place” merupakan sitkom filosofis. Mengandung berbagai pemahaman seputar etika, moral, hingga esensi sesungguhnya sebagai manusia yang menjalani kehidupan.

Durasi per episode: 22 menit

Derry Girls

Bosan dengan serial remaja modern yang galau dan edgy? “Derry Girls” bisa menjadi stikom dengan sajian segar. Berlatar pada tahun 1990-an, kita akan mengikuti satu kelompok anak remaja di Derry, Irlandia Utara. Tumbuh di lingkungan yang religius dan konservatif, tak menghalangi Erin, Orla, Michelle, Clare, dan James membuat ulah dan bersenang-senang.

“Derry Girls” memiliki gaya komedi yang Eropa banget dengan sedikit unsur black comedy. Selain menghibur dengan humornya, episode terakhir setiap season dari serial ini selalu menyajikan cerita yang emosional dan menyentuh penonton. Kaya akan makna persahabatan di tengah situasi konflik dan kekalutan pada masanya. “Derry Girls” Season 1 dan 2 sudah bisa di-streaming di Netflix.

Durasi per episode: 22-45 menit

Only Murders in the Building

“Only Murders in the Building” merupakan serial yang masih trending di Disney+ Hotstar belakangan ini. Telah memasuki season keduanya, serial misteri komedi ini memiliki plot yang seru untuk diikuti.

Kita tak akan dibuat bosan dengan bersahabat unik antara dua pria lansia dengan wanita di akhir usia 20-annya. Ketiganya mulai berinteraksi dan membangun persahabatan karena sama-sama menyukai podcast kriminal. Mabel, Oliver, dan Charles pun membuat podcast investigasi kriminal sendiri, mengungkap berbagai misteri di Arconia.

Durasi per episode: 26-36 menit

Abbott Elementary

“Abbott Elementary” merupakan salah satu sitkom yang masuk nominasi Emmy Awards 2022, bisa di-streaming di Disney+ Hotstar. Konsepnya juga serupa dengan “The Office”, dimana  setiap karakter melakukan monologue dan menyadari keberadaan kamera, seperti mockumentary.

Kali ini kita akan melihat suka duka guru di Abbott Elementary, sekolah dasar negeri dengan krisis finansial dan kepala sekolah yang licik. Sitkom dengan tema profesi guru SD bisa jadi sangat jarang. Oleh karena itu sitkom ini bisa jadi sajian baru buat kita penggemar sitkom yang ingin variasi latar.

Durasi per episode: 22 menit

What We Do in the Shadows

Penasaran dengan kehidupan vampir yang berusaha berbaur dengan dunia modern? “What We Do in the Shadows” merupakan sitkom mockumentary satir yang bisa ditonton di Disney+ Hotstar.

Jika dibandingkan dengan filmnya pada 2014, mungkin sedikit kalah materi komedinya. Namun sudah cukup mengisi asupan bagi para penggemar yang menyukai drama satir vampir. “What We Do in the Shadows’ juga masuk nominasi Emmy Awards 2022 mendatang.

Durasi per episode: 22-30 menit

Bernadetta Yucki

Writer, hardcore movie enthusiast who believes in pop culture.

Share
Published by
Bernadetta Yucki