Connect with us
christmas song 2020
Courtesy of Apple

Cultura Lists

10 Rilisan Lagu Natal Terbaik 2020

Mariah Carey kembali merilis single untuk Christmas dengan menggandeng Ariana Grande dan Jennifer Hudson.

Setiap tahunnya, sederet lagu-lagu bertema Christmas dirilis. Meski tidak bisa disangkal, tradisi dari perayaan ini salah satunya memutar lagu Christmas klasik yang legendaris “All I Want For Christmas Is You” dari Mariah Carey yang masih setia dimainkan setiap tahunnya.

Untuk perayaan Christmas tahun ini, sederet musisi dan artis juga kembali merilis lagu-lagu baru. Berikut 10 best Christmas song di tahun 2020 untuk menemani perayaan natal dan hari libur.

1. Twenty One Pilots, “Christmas Saves The Year”

Duo Tyler Joseph dan Josh Dun kembali dengan single baru. Tidak terduga, rilisan dari band alternative rock ini mengusung tema natal. “Christmas Saves The Year” berbeda dengan lagu khas Christmas lain yang biasanya membicarakan mengenai kehangatan menghabiskan waktu di hari bahagia bersama keluarga. Twenty One Pilots justru mengartikan hari Natal sebagai superhero yang menyelamatkan orang-orang dari penderitaan.

Tema lirik yang cukup unik ini sayangnya tidak didukung dengan musik ala Twenty One Pilots. Vokal Tyler masih mendominasi untuk lagu pop-rock bertempo nyaris lambat ini. Sayangnya permainan instrumen drum dari Josh yang sangat khas justru banyak dibungkam untuk rilisan kali ini. Meski “Christmas Saves The Year” tetap berhasil menjadi lagu Christmas yang cukup tidak biasa.

2. Mariah Carey, Ariana Grande, Jennifer Hudson, “Oh Santa!”

The Queen of Christmas Song mengajak Ariana Grande dan Jennifer Hudson untuk memugar kembali hits dari tahun 2010. “Oh Santa!” bukan hanya dirilis dengan harapan menambah panjang daftar lagu-lagu hits Mariah yang akan diputar di bulan Desember setiap tahunnya. Lagu ini juga menjadi leading single untuk Apple TV+ Christmas special dari Mariah, “Mariah Carey’s Magical Christmas Special.”

Ketika dirilis pertama kali di tahun 2010, “Oh Santa!” sudah sangat sempurna sebagai lagu Christmas. Siapa sangka hadirnya vokal soulful dari Ariana dan Jennifer akan mampu menambah kesempurnaan lagu ini? Warna suara keduanya juga berbaur dengan manis dengan vokal Mariah, yang teknik vokalisasinya sudah tidak perlu diragukan.

“Oh Santa!” memang masih jauh bila harus menggantikan the ultimate Christmas song, “All I Want For Christmas Is You”. Namun lagu ini menjadi tambahan seru dan tidak membosankan dalam Christmas playlist bahkan untuk tahun-tahun berikutnya.

3. Finneas, “Another Year”

Sosok dibalik mega hits dari Billie Eilish ini semakin memantapkan karir bermusiknya di tahun ini. Untuk menyambut datangnya bulan Desember dan perayaan hari Natal Finneas merilis lagu sendu “Another Year”.

“Another Year” terdengar sebagai lagu pop melankolis dengan iringan piano minimalis. Permainan vokal dari Finneas menjadi kekuatan utama lagu ini. Selain itu, kemampuan menulis lirik sang produser musik juga dipertontonkan dengan sangat cemerlang: “I don’t believe Jesus Christ was born to save me / That’s an awful lot of pressure for a baby.”

4. Honne, “Warm on Christmas Night”

Honne juga turut menghadirkan kehangatan di hari Natal melalui “Warm on Christmas Night”. Pop ballad yang diperkaya dengan instrumen piano dan string ini menjadi lagu sempurna untuk didengarkan di malam hari Natal.

“Warm on Christmas Night” menghadirkan kehangatan tersendiri melalui kesederhanaan musikalitas yang dihadirkan. Tidak banyak liukan vokal atau permainan string yang disertakan dalam single ini. Lagu cantik yang sempurna sebagai Christmas song.

5. Carly Rae Jepsen, “It’s Not Christmas Till Somebody Cries”

Irama disco pop terdengar begitu manis ketika dipadukan dengan lirik mengenai perayaan hari Natal. Carly Rae Jepsen menyanyikan upbeat pop disco song dengan sentuhan 80s synths yang menjadikan lagu ini memiliki irama riang dan ceria. Lirik “My boyfriend is a vegan, so they fed him fish,” juga seakan sangat cocok dalam mewakili bagaimana heboh dan meriahnya, dan kadang kacaunya, sebuah perayaan di hari Natal.

“My uncle made it worse by talking politics” juga menjadi bagian lain dari lirik di lagu ini yang seolah menjadikannya pilihan terbaik untuk didengarkan saat Christmas besok.

6. Shawn Mendes, Camila Cabello, “The Christmas Song”

Shawn Mendes rupanya tidak sepenuhnya menyisihkan Camila Cabello dari album terbarunya. Album ‘Wonder Deluxe’ menyertakan cover Christmas song yang dinyanyikan keduanya, “The Christmas Song”.

Camila dan Shawn sebenarnya tidak membawa banyak perbedaan untuk “The Christmas Song”. Walau chemistry yang dihadirkan keduanya, dengan warna suara yang berpadu cantik satu sama lain, menjadikan “The Christmas Song” terdengar begitu manis. Satu lagi lagu sempurna untuk didengarkan di malam hari Natal.

Oh satu lagi, “The Christmas Song” dirilis bersama video klip bergaya home video yang direkam oleh sang pasangan sendiri. Mesranya Camila dan Shawn, bersama anjing peliharaan mereka sepertinya menambah poin tersendiri untuk lagi ini.

7. Sabrina Claudio, The Weeknd, “Christmas Blues”

Untuk merayakan hari Natal, Sabrina Claudio merilis Christmas album dengan tema yang cukup seksi. Beberapa musisi digandeng untuk album ini, salah satunya The Weeknd. Irama R&B untuk lagu ini semakin terdengar menggoda dengan vokalisasi Sabrina yang memang terdengar sultry.

“If I had one wish / I’d take you down by the tree,” nyanyi The Weeknd. Perpaduan suara keduanya memang cukup tidak terduga bisa terdengar cocok dan berpadu dengan apik. Selain itu, setelah sederet musik pop sepertinya tidak ada salahnya menyisipkan R&B dalam playlist Christmas kita.

8. Sam Smith, “The Lighthouse Keeper”

Sam Smith untungnya tidak ketinggalan merilis Christmas song untuk tahun ini. Karena setelah rilisan album sebelumnya, kita sangat merindukan kekuatan vokal dari sang musisi.

“The Lighthouse Keeper” mengingatkan kembali ke Sam Smith di circa 2017-18, dengan rilisan hits demi hits yang mendayu, menggantungkan pada kekuatan vokal. Meski hanya difasilitasi dengan instrumen musik minimalis di latar belakang.

Lagu ini hanya satu kali saja menyinggung “Christmastime” sebagai penanda bahwa memang ditujukan untuk hari Natal. Sebaliknya, “The Lighthouse Keeper” justru mengangkat tema mengenai pancaran cahaya cinta yang menuntun untuk kembali pulang.

Kurang terasa festive untuk sebuah Christmas song, “The Lighthouse Keeper” tetap menjadi salah satu rilisan terbaik dari Sam Smith tahun ini.

9. Liam Payne feat. Dixie D’Amelio, “Naughty List”

Lagu Christmas bertema sedikit nakal dirilis oleh member boy group One Direction. Liam Payne mengajak Dixie D’Amelio berduet untuk lagu pop R&B, “Naughty List” yang menceritakan tentang pasangan di hari Natal.

“Naughty List” memiliki irama upbeat yang tepat sekali diputar di pagi hari di hari Natal. Warna suara dari Dixie D’Amelio juga cukup mengejutkan karena sangat cocok ketika dipadukan dengan vokal Liam. Hanya saja lirik untuk lagu ini cukup dipertanyakan. Seperti “Next thing you know it we were drying our clothes” yang sepertinya tidak cocok dengan spirit Christmas.

10. Jonas Brothers, “I Need You Christmas”

Setelah Liam Payne membuat kita cukup bertanya-tanya mengenai makna natal dengan lirik di lagunya. Jonas Brother kembali mengingatkan bahwa Christmas sebenarnya mengenai kebersamaan dengan keluarga. “I Need You Christmas” tidak jauh berbeda dengan lagu Natal lain, yang diiringi dengan instrumen piano dan dominasi vokal. Hanya saja group bersaudara ini tetap mampu menggambarkan kehangatan di hari Natal melalui “I Need You Christmas”.

Selamat menikmati kebersamaan bersama keluarga dan semoga lagu-lagu pilihan di atas membuat perayaan Natal semakin berwarna. Have yourself a Merry Christmas dengan rilisan-rilisan terbaik di tahun ini!

Click to comment

Rekomendasi Film Bertema Mafia Rekomendasi Film Bertema Mafia

10 Rekomendasi Film Bertema Mafia

Cultura Lists

Marion Jola, Danilla, Ramengvrl Marion Jola, Danilla, Ramengvrl

Marion Jola, Danilla, Ramengvrl: Don’t Touch Me Single Review

Music

Lana Del Rey Lana Del Rey

Lana Del Rey: Blue Banisters, Text Book & Wildflower Wildfire

Music

Rag’n’Bone Man: Life in Misadventure Album Review

Music

Advertisement
Cultura Live Session
Connect