Connect with us
Derek
Netflix

Cultura Lists

10 Rekomendasi Sitkom Terbaik

Mulai dari panti jompo hingga supermarket, sitkom terbaik dengan latar tematik.

Sitkom atau komedi situasi identik dengan latar tematik yang sangat spesifik. Memadukan lineup karakter yang unik, loveable, bahkan provokatif, tidak akan membuat penonton bosan meski harus “terjebak” dalam situasi yang repetitif.

Materi dan gaya komedi yang lucu dan benar-benar menghibur juga akan membuat penonton ketagihan untuk menonton semua episode sitkom terbaik. Bahkan tak jarang dari penggemar kerap menonton ulang stikom terbaik favoritnya.

Ada banyak sitkom terbaik yang bisa kita temukan. Mulai dari yang paling ikonik, “Friends”, hingga sitkom era modern seperti “New Girl”, “Modern Family”, dan masih banyak lagi. Kali ini Cultura hendak memberikan rekomendasi sitkom terbaik dengan latar bertema spesifik. Mulai dari institusi publik hingga lingkungan kehidupan dengan stereotip tertentu, berikut rekomendasi selengkapnya!

The Office (2005 – 2013)

“The Office” merupakan sitkom terbaik dan terikonik. Adaptasi Amerika Serikat sitkom ini yang dibintangi oleh Steve Carell menjadi yang paling populer dan viral. Greg Daniels sebagai kreator mengadaptasi dari sitkom Inggris yang pertama kali diciptakan oleh Ricky Gervais dan Stephen Merchant. Bisa di-binge juga jika selesai menonton semua season “The Office” dan masih ingin lebih.

“The Office” merupakan mockumentary rutinitas harian pegawai yang bekerja di Dunder Mifflin Paper Company, cabang Scranton, Pennsylvania. Latar kantornya bisa dibilang sangat monoton dan membosankan, karena kreator memilih latar belakang kantor paling membosankan yang bisa kita bayangkan; kantor dari perusahaan produksi kertas dan supplier kantor. Namun setiap episode sitkom ini selalu menarik dan lucu dengan berbagai jenis pegawai yang unik, terutama Michael Scott, manajer regional.

Brooklyn Nine-Nine (2013 – 2021)

Satu lagi sitkom terbaik dari Amerika adalah “Brooklyn Nine-Nine” oleh Dan Goor dan Michael Schur. Dibintangi oleh Andy Samberg, Stephanie Beatriz, Terry Crews, Melissa Fumero, Joe Lo Truglio, dan Andre Braugher. Sitkom dengan total 8 season yang sudah tamat ini berlatar di kantor kepolisian kota New York (NYPD), fokus pada tujuh detektif yang berusaha menyesuaikan diri di bawah pimpinan baru yang serius, Raymond Holt.

Salah satu klip paling viral dari sitkom ini adalah adegan interogasi dengan para terduga yang menyanyikan ‘I Want It That Way’ oleh Backstreet Boys.

Community (2009 – 2015)

“Community” merupakan sitkom ciptaan Dan Harmon, dibintangi oleh Joel McHale, Gillian Jacobs, Danny Pudi, Yvette Nicole Brown, Alison Brie, Donald Glover, Chevy Chase, dan Ken Jeong. Berlatar di Greendale Community College, tujuh siswa dari berbagai usia, latar belakang, dan minat tak sengaja menjalin persahabatan di tengah studi mereka.

“Community” merupakan sitkom yang menerapkan meta-humor, referensi budaya pop, dan aplikasi konsep surreal pada beberapa episode spesialnya.

Superstore (2015 – 2021)

“Superstore” merupakan sitkom yang juga berlatar di lokasi kerja membosankan yang bisa kita bayangkan, seperti department store. Serial ini diciptakan oleh Justin Spitzer, dibintangi oleh America Ferrera, Ben Feldman, Lauren Ash, Colton Dunn, Nico Santos, Nichole Sakura, Mark Mckinney, dan Kaliko Kauahi. Sitkom ini mengikuti rutinitas para pegawai department store Cloud 9 di St. Louis, Missouri.

Vibes-nya cukup serupa dengan “The Office”, yaitu komedi di lingkungan kerja. Dengan pegawai seperti Amy yang sarkastik, Jonah yang merasa cultured, hingga Glenn, manajer yang selalu positif dan mencintai pekerjaannya. Masih banyak lagi karakter pegawai yang menambah keseruan dalam “Superstore”.

Derek (2012 – 2014)

“Derek” merupakan sitkom terbaik Ricky Gervais yang cukup underrated, dimana ia menjadi kreator sekaligus bintang utama. Sitkom Inggris ini dieksekusi sebagai mockumentary, mengajak kita untuk mengikuti rutinitas Derek, pegawai panti jompo dengan autisme. Terkenal sebagai komedian yang dengan persona kasar dan sombong, Derek diakui Gervais sebagai karakter dengan paling baik yang pernah diciptakan dan perankan.

“Derek” tak hanya sajikan episode-episode yang lucu, namun banyak juga plot emosional seputar kehidupan, terutama tentang berbuat baik dan peduli dengan orang di sekitar kita.

The Good Place (2016 – 2020)

Sitkom terbaik dengan konsep dan naskah berkualitas adalah “The Good Place”. Sitkom ciptaaan Michael Schur ini memiliki ide yang original, yaitu tentang kehidupan di alam baka. Ketika manusia baik selama hidupnya, ia akan masuk ‘Good Place’ setelah meninggal, sementara orang dengan perilaku buruk akan berakhir di ‘Bad Place’. Setelah meninggal karena kecelakaan, Eleanor disambut di ‘Good Place’. Namun ia merasa ada yang salah dengan fakta tersebut.

“The Good Place” menuai popularitas dan dicintai oleh para penggemarnya karena topiknya seputar kehidupan, kematian, dan mempertanyakan sistem moral yang paling benar. “The Good Place” dibintangi oleh Ted Danson, Kristen Bell, D’Arcy Carden, William Jackson, Manny Jacinto, dan Jameela Jamil.

Derry Girls (2018 – 2022)

“Derry Girls” merupakan sitkom terbaik Inggris oleh Lisa McGee yang telah merilis season finale-nya pada 2022 kemarin. Serial bertema kehidupan remaja ini dibintangi oleh Saoirse-Monica Jackson, Louisa Harland, Jamie-Lee O’Donnell, Nicola Coughlan, dan Dylan Llewellyn.

Berlatar pada 1900an di Derry, Irlandia Utara, sesuai judulnya, sitkom ini menceritakan masa-masa muda sekelompok remaja dari sekolah Katolik di kota tersebut. Meski sedang hidup di tengah perang saudara, tak menghentikan Erin Quinn dan kawan-kawannya untuk melanggar peraturan, dan melakukan hal-hal bodoh untuk bersenang-senang.

Mulai dari visual, momen bersejarah, dan lagu-lagu latar dalam “Derry Girls” akan membawa kita kembali pada era 90an.

Abbott Elementary (2021 – Sekarang)

Menjadi sitkom yang baru-baru ini populer, “Abbott Elementary” yang sukses dengan season perdananya pada 2021 lalu. Berhasil masuk dalam 7 nominasi Primetime Emmy Awards, dan memenangkan 3 penghargaan. Membuat sitkom ini lanjut hingga season 2, season 3 juga telah dikonfirmasi.

Sitkom Amerika diciptakan oleh Quinta Brunson yang juga menjadi bintang utama. Dibintangi juga oleh Tyler James Williams, Janelle James, Lisa Ann Walter, Chris Perfetti dan Sheryl Lee Ralph.

“Abbott Elementary” merupakan sitcom mockumentary tentang sekelompok guru di Philadelphia’s Willard R. Abbott Elementary School, sekolah dasar negeri di kawasan masyarakat kulit hitam. Sitkom ini mengajak kita melihat suka duka menjadi guru di sekolah negeri dengan segala keterbatasannya.

What We Do in the Shadows (2019 – Sekarang)

“What We Do in the Shadows” merupakan sitkom mockumentary yang diadaptasi dari film komedi sutradara Taika Waititi dan Jemaine Clement pada 2014. Jika filmnya meliput kehidupan vampir di New Zealand, sitkomnya menghadirkan sederet karakter dan latar lokasi yang baru.

Kita akan mengikuti tiga vampir, Nandor (Kayvan Novak), Laszlo (Matt Berry), dan Nadja (Natasia Demetriou) yang berusaha membaur dengan peradaban modern di Staten Island, New York.

Inside Job (2021 – 2022)

“Inside Job” bercerita tentang Reagan Ridley, ilmuwan cerdas namun anti-sosial dan memiliki sindrom asperger. Mengikuti jejak sang ayah, Ia bekerja di Cognito, Inc, sebuah institusi rahasia yang menjaga teori konspirasi tetap menjadi teori di kalangan masyarakat awam. Mulai dari sekte manusia reptil para selebritis dan figur publik, kebenaran illuminati, hingga fakta dari misi pendaratan di Bulan.

Sitkom animasi dewasa ini diciptakan oleh Shion Takeuchi dan Alex Hirsch yang sebelumnya menciptakan “Gravity Falls”. Meski bagus dan memiliki penggemar, sayangnya sitkom Netflix Original ini telah mengumumkan cancellation. Setidaknya kita bisa menonton satu setengah seasonnya di streaming platform tersebut.

Hazbin Hotel Hazbin Hotel

Hazbin Hotel Review: Balada Hotel di Neraka

TV

Monkey Man Monkey Man

Film & Serial Terbaru April 2024

Cultura Lists

King Richard Review King Richard Review

10 Film Biopik Inspiratif & Memotivasi

Cultura Lists

The Last Duel The Last Duel

10 Film Sutradara Hollywood Terbaik yang Flop

Cultura Lists

Connect