Connect with us
Film klasik tontonan liburan
Home Alone

Cultura Lists

10 Rekomendasi Film Klasik Paling Cocok jadi Tontonan Liburan

Tontonan yang khas pada liburan akhir tahun dari berbagai genre.

Liburan akhir tahun terasa semakin dekat, waktunya mengumpulkan film apa saja yang ingin ditonton. Mungkin ini bisa jadi waktu yang tepat untuk bernostalgia dengan film klasik terfavorit, atau menonton film terbaik yang tak kunjung terus tertunda. Menonton film klasik bertema liburan juga bisa menaikan mood meski kita hanya liburan di rumah saja.

Meski ada banyak film bertema liburan terbaru setiap tahunnya, tak sedikit dari kita tetap merasa nyaman kembali pada film-film liburan klasik atau franchise epic yang populer. Berikut sederet rekomendasi film series klasik terbaik yang biasa ditonton pada musim liburan, serta informasi streaming platform dimana kita bisa mengakses film-film ini.

Harry Potter Series

Harry Potter Series

“Harry Potter” menjadi salah satu film series yang sering diputar di kanal televisi menjelang musim liburan. Bagi para millennial yang mengandalkan jadwal film dari kanal televisi lokal, pasti sering menemukan momen dimana film-film Harry Potter yang sudah lama rilis dan sudah lewat di bioskop, akhirnya bisa juga ditonton di televisi.

Meski sama sekali bukan film bertema Natal, setiap film Harry Potter, terutama yang awal-awal, dimulai pada tahun ajaran baru dan berakhir dengan mereka kembali ke rumah di saat liburan akhir tahun. Jadi kerap muncul momen panorama salju, hingga dekorasi Natal di aula utama Hogwarts.

Pada momen ini, Harry Potter sudah menjadi tontonan klasik yang mengundang nostalgia. Semua seri film Harry Potter bisa tonton di HBO GO.

Home Alone Series

Home Alone Series

Tidak pernah ada bosannya menonton Home Alone setiap memasuki bulan Desember! Baik koleksi Home Alone 90an, era milenium, hingga seri-seri terbarunya. Tapi memang yang paling OG dan memiliki plot presentable adalah series yang dibintangi oleh Macaulay Culkin.

“Home Alone 3” (1997)  juga termasuk yang terbaik dan menghibur. Sayangnya koleksi dari era modern berangsur-angsur makin kehilangan gregetnya. Semua seri film Home Alone bisa ditonton di Disney+ Hotstar.

Die Hard Series

Die Hard Series

Buat kita yang lebih suka ledakan dan keramaian di ruang televisi saat liburan, binge franchise besar film action juga bisa jadi hiburan seru. Kalau di Amerika Serikat, menonton Die Hard saat Natalan menjadi ‘kebudayaan’ yang unik.

Berlatar pada malam Natal, Detektif John McClane (Bruce Willis) hendak memperbaiki hubungan istrinya dengan mengunjungi Los Angeles. Namun, malam Natal yang harusnya tenang berubah menjadi kepanikan ketika terjadi penyanderaan di suatu gedung. Apalagi ketika istri McClane juga menjadi salah satu korban penyanderaan tersebut.

Setidaknya itu sinopsis untuk seri pertamanya pada 1988. Total ada lima film dalam seri “Die Hard” yang bisa kita binge.

Mission: Impossible Series

Satu lagi franchise action besar yang bisa jadi tontonan liburan seru adalah “Mission: Impossible”. Melihat aksi Tom Cruise sebagai Ethan Hunt dalam seri film action agen rahasia ini kayaknya tidak pernah bikin bosan. Mulai dari “Mission: Impossible 2” (2000) hingga “Mission: Impossible – Fallout” (2018), semuanya sudah bisa ditemukan di berbagai streaming platform, baik di Vidio maupun Netflix.

Last Holiday (2006)

“Last Holiday” merupakan film komedi romantis bertema liburan akhir tahun yang dibintangi oleh Queen Latifah. Ia berperan sebagai Georgia Byrd, wanita lajang yang bekerja sebagai pegawai department store. Sepanjang hidupnya ia tidak berani mengambil resiko dan hanya menyimpan mimpi-mimpi indahnya dalam angan. Hingga suatu hari ia divonis mengidap penyakit mematikan. Merasa tak punya banyak waktu lagi, Georgia akhirnya nekad menggunakan semua uangnya untuk liburan mewah di Eropa dan mengubah jalan hidupnya.

Film seperti “Last Holiday” menjadi film liburan yang tak pernah bikin bosan. Karena plot secara keseluruhan menyajikan cerita yang ringan, lucu, namun juga ada pelajaran kehidupan yang bisa kita ambil. Sangat cocok untuk menyambut akhir tahun dengan hiburan yang positif.

The Holiday (2006)

“The Holiday” juga film komedi romantis yang berlatar pada liburan akhir tahun. Kalau yang satu ini lebih kental lagi genre drama percintaannya. Dibintangi oleh Kate Winslet, Cameron Diaz, Jude Law, dan Jack Black. Bercerita tentang dua wanita yang sedang patah hati dan ingin refreshing dengan liburan ke luar negeri. Iris, seorang penulis dari London dan Amanda, produser trailer film dari Los Angeles pun bertukar hunian.

Plot “The Holiday” secara keseluruhan memang terbilang klise dan diisi dengan sekuen yang terlalu indah untuk menjadi nyata. Namun justru poin tersebut membuat film ini sangat nyaman untuk ditonton karena minim konflik dramatis. Tak lantas membuat ceritanya jadi ‘kosong’, setiap karakter memiliki penokohan dan dialog yang kaya materi.

The Polar Express (2004)

“The Polar Express” baru saja masuk dalam katalog Netflix! Film animasi fantasi ini menyajikan kisah petualangan Natal yang menakjubkan. Meski premis dan objektifnya sangat sederhana, film arahan Robert Zemeckis ini bisa jadi pengingat bagi kita yang mulai kehilangan semangat Natal. Yang biasa kita sambut dengan kebahagiaan dan kenaifan saat kita masih kecil.

Seorang bocah laki-laki tidak percaya dengan Sinterklas. Suatu malam Natal, ia melihat kereta misterius berhenti di depan rumahnya, untuk membawanya ke perjalanan yang akan mengubah perspektinya dalam memaknai Natal.

The Nightmare Before Christmas (1993)

“The Nightmare Before Christmas” merupakan film liburan yang unik. Menjadi jembatan sempurna antara Halloween dan Natal, dikemas dalam sajian drama musikal yang ajaib. Meski kita sudah membahas bahwa secara teknis film Tim Burton ini adalah film Halloween, tak ada salahnya juga menonton film animasi ini untuk memeriahkan malam Natal kita.

Jack Skellington mulai jenuh merayakan Halloween dan ingin melakukan sesuatu yang baru. Ia pun menculik Sinterklas untuk menggantikan tugasnya di malam Natal. Hal terburuk apa yang bisa terjadi?

It’s a Wonderful Life (1946)

Netflix baru saja menambahkan banyak film klasik ikonik di katalognya. Salah satu yang bisa jadi tontonan liburan keluarga adalah “It’s a Wonderful Life”. Film hitam-putih ini masuk dalam Golden Era Hollywood, disutradarai oleh Frank Capra. Film ini menjadi tontonan klasik yang biasanya dinikmati oleh keluarga-keluarga di Amerika pada liburan akhir tahun.

Bercerita tentang seorang pebisnis yang depresi dan diujung usaha untuk mengakhiri hidup. Seorang malaikat pun hadir dalam kehidupannya dengan misi mengubah hati pria tersebut. Bagaimana kehidupan akan berlanjut tanpa kehadiran pria tersebut.

The Sound of Music (1965)

Satu lagi film klasik yang cocok ditonton bersama keluarga saat liburan adalah “The Sound of Music” di Disney+ Hotstar. Menjadi salah satu yang ikonik, bercerita tentang seorang biarawati eksentrik, Maria, yang dikirim untuk merawat anak-anak yatim dari seorang kapten angkatan laut negara.

Meski ketujuh anaknya tampak nakal dan sulit diatur, sebetulnya mereka hanya kurang perhatian dan kasih sayang. Tampaknya hanya Maria yang mampu memahami hal tersebut. Film drama musikal ini bisa menjadi tontonan ringan yang menghibur dan menghangatkan suasana bersama keluarga.

Honourable Mention:

  • Jingle All the Way (1996)
  • Rocky Series
  • Baby’s Day Out (1994)
  • Back to the Future Series

10 Film Nominasi Best Picture Oscar 2023 10 Film Nominasi Best Picture Oscar 2023

10 Film Nominasi Best Picture Oscar 2023

Cultura Lists

Balada Si Roy Balada Si Roy

Balada Si Roy Review: Lika-liku Perusuh Tatanan

Film

Elvis Elvis

Elvis Review: Kisah Jatuh Bangun King of Rock and Roll 

Film

Spirited Away Spirited Away

Spirited Away: Animasi Legendaris Studio Ghibli yang Filosofis dan Penuh Makna

Film

Connect