Connect with us
rekomendasi film drama musikal
West Side Story (20th Century Studios)

Cultura Lists

10 Rekomendasi Film Drama Musikal Terbaik

Sederet film drama musikal klasik hingga modern terbaik.

Film drama musikal kembali populer di skena perfilman Hollywood. Mulai dari proyek remake, adaptasi Broadway, hingga naskah original. Selain film animasi Disney, film musikal live-action sudah menjadi salah satu genre yang ikonik dari perfilman barat. Kerap menjadi media sempurna untuk membuat film drama kehidupan hingga drama percintaan terasa lebih menggugah dan dramatis.

Film musikal dewasa ini merupakan ajang eksplorasi seni perfilman yang lebih teknikal. Mulai dari eksekusi sinematografi, desain produksi yang maksimal dan detail, hingga komposisi musik yang mengiringi koreografi semarak. Berikut sederet rekomendasi film drama musikal terbaik yang bisa kita temukan di Netflix atau Disney+ Hotstar.

The Sound of Music (1965)

“The Sound of Music” merupakan film drama musikal paling ikonik di Hollywood hingga saat ini. Film ini meraup kesuksesan besar saat rilis pada 1965 berkat konten positif yang terkandung di skenarionya. Mulai dari tema keluarga yang heartwarming, kasih sayang, cinta, dan kebebasan. Segala elemen positif tersebut kemudian dikemas dengan nyanyian yang riang.

Dibintangi oleh Julie Andrews sebagai biarawati bernama Maria, ia ditugaskan untuk merawat tujuh anak yang baru saja kehilangan ibunya. “The Sound of Music” bisa ditonton di Disney+ Hotstar.

Mary Poppins (1964)

Satu lagi penampilan Julie Andrews sebagai protagonis di film musikal terbaik adalah “Mary Poppins”. Dimana Ia berperan sebagai Mary Poppins, seorang pengasuh anak dengan keterampilan ajaib. Ia hadir untuk membantu keluarga Banks dengan dua anaknya yang diklaim sangat nakal. Film musikal ini tak hanya memikat secara visual, dengan penampilan Mary Poppins yang ikonik, didukung dengan sederet penampilan musikal yang ceria.

Selain menyebarkan kisah yang positif, “Mary Poppins” juga memberikan pemahaman tentang hubungan anak dengan orang dewasa. “Mary Poppins” juga tersedia di Disney+ untuk kita streaming.

Funny Girl (1968)

“Funny Girl” merupakan film biografi dari Fanny Brice, komedian dan entertainer yang terkenal di Amerika pada awal 1900-an. Eksekusi film biopik dengan konsep drama musikal merupakan sesuatu yang jarang kita temukan. Namun tema ini sangat sesuai untuk sosok Fanny Brice dengan latar belakang karir dan kehidupan cintanya dengan Nicky Arnstein. “Funny Girl” sudah tersedia di Netflix untuk kita tonton.

Moulin Rouge! (2001)

“Moulin Rouge!” merupakn drama musikal pertama bagi Nicole Kidman sebagai bintang utama. Ia berperan sebagai Satine, aktris kabaret dan wanita simpanan di Moulin Rouge. Drama musikal ini menampilkan semarak panggung hiburan kabaret dengan kisah cinta antara Satine dan seorang penyair Inggris, Christian, yangdatang ke Paris untuk bergabung dengan revolusi Bohemian. “Moulin Rouge!” bisa kita tonton di Disney+ Hotstar.

Into the Woods (2014)

“Into the Woods” merupakan film drama musikal fantasi yang diadaptasi dari berbagai dongeng populer. Mulai dari “Cinderella”, “Little Red Riding Hood”, “Rapunzel”, dan “Jack and the Beanstalk”. Jajaran cast-nya pun tak kalah meriah dengan sederet aktor populer Hollywood. Mulai dari Meryl Streep, Emily Blunt, James Corden, Johnny Depp, Anna Kendrick, dan masih banyak lagi.

Menceritakan pasangan yang tidak memiliki anak karena kutukan penyihir jahat. Mereka pun harus melakukan petualangan untuk mematahkan kutukan tersebut. “Into the Woods” merupakan film produksi studio Walt Disney, yang bisa di-streaming di Disney+.

La La Land (2016)

“La La Land” merupakan salah satu film terbaik pada 2016 silam. Dibintangi oleh Emma Stone dan Ryan Gosling, seniman yang menjalin cinta sembari mengejar impian masing-masing. Film ini mendominasi Academy Awards 2017 di berbagai nominasi, dan hampir memenangkan Best Picture. Emma Stone akhirnya mendapatkan piala Oscar pertamanya sebagai Best Actress melalui perannya dalam film karya Damien Chazelle tersebut.

The Greatest Showman (2017)

Satu lagi drama musikal yang merupakan biopik dari seorang yang berpengaruh dalam dunia hiburan dunia adalah “The Greatest Showman”. Tampil memukau dalam “Les Miserables”, Hugh Jackman kembali tampil dalam film musikal sebagai P.T. Barnum dalam film yang disutradarai oleh Michael Gracey tersebut. P.T. Barnum merupakan sosok yang berpengaruh dalam industri hiburan dengan sirkusnya. Alami kemeriahan sirkus Barnum dengan sederet penampilan aktor papan atas dalam “The Greatest Showman” di Disney+.

Tick, tick… BOOM! (2021)

Jonathan Larson adalah seorang komposer panggung musikal berbakat yang meninggalkan kita terlalu cepat. Ia bahkan tidak sempat menonton pertunjukan perdananya di Broadway, “Rent”, yang sukses pada 1996. “Tick, tick… BOOM!” merupakan film drama musikal yang diangkat dari autobiografi Larson dengan judul serupa.

Andrew Garfield menampilkan akting dan kemampuan bernyanyi yang memukau dalam film ini sebagai Jonathan Larson. “Tick, tick… BOOM!” merupakan salah satu Netflix Original terbaik pada 2021 kemarin.

West Side Story (2021)

“West Side Story” merupakan film musikal remake yang dipresentasikan dengan sempurna oleh Steven Spielberg. Meski tak ada sesuatu yang baru dari ceritanya, peningkatan kualitas pada desain produksi film ini sangat maksimal. Berbeda dengan versi 1961 yang menggunakan lipsync, setiap aktor dalam “West Side Story” remake kali ini benar-benar menyanyi. Setiap adegan memiliki sinematografi dan koreografi yang memikat sesuai visi Spielberg.

Anna and the Apocalypse (2017)

“Anna and the Apocalypse” merupakan film musikal yang cukup underrated, lepas dari konsepnya yang menarik. Bukan film musikal biasa, film karya John McPhail tersebut merupakan film zombie musikal dengan genre komedi dalam balutan tema Natal. Ikuti petualangan Anna dan teman-temannya, terjebak di sekolah di tengah perayaan Natal yang berubah menjadi usaha bertahan hidup dari serangan zombie.

Click to comment

top gun maverick top gun maverick

Top Gun: Maverick Review – Sajian Nostalgia Yang Mendebarkan

Film

Chip ‘n Dale: Rescue Rangers Chip ‘n Dale: Rescue Rangers

Chip n’ Dale: Rescue Rangers Review

Film

Little Big Women Little Big Women

Little Big Women: Cerita Para Perempuan dan Cara Menyembuhkan Diri dengan Memaafkan

Film

Coda review Coda review

CODA Review: Antara Mimpi dan Menjadi Telinga Bagi Orang Lain

Film

Advertisement
Connect